google.com, pub-5388171159716165, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Ciri – Ciri Madu Asli Penting Diketahui Untuk Membedakan Madu Asli atau Palsu - Onmaibana.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri – Ciri Madu Asli Penting Diketahui Untuk Membedakan Madu Asli atau Palsu

ciri ciri madu asli

Ciri – ciri madu asli – Madu merupakan cairan kental yang di hasilkan oleh lebah madu yang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya, mulai dari manfaat kesehatan, daya tahan tubuh hingga masalah kencantikan.

Sehingga kita tidak heran kalau madu sangat banyak dicari dan diminati oleh orang hal karena banyaknya manfaat dari madu, namun satu hal yang sangat kita sayangkan dengan tingginya permintaan terhadap madu asli dan harga jualnya yang juga cukup lumayan sehingga banyak orang – orang yang tidak bertanggung jawab dengan secara sengaja memperjual belikan madu palsu atau madu olahan.

Sudah sering kita mendengar nasehat kalau yang namanya beli madu harus hati – hati, karena kalau nantinya madu yang kita konsumsi adalah madu palsu atau olahan jangankan mendapat khasiat dan manfaat untuk kesehatan malahan nantinya yang kita dapatkan adalah penyakit, karena kita tidak tau bahan – bahan apa saja yang sudah di campurkan oleh si penjual madu paslu tersebut sehingga cairannya sama persis seperti bentuk cairan madu biasanya.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri ciri madu asli agar kita bisa membedakan mana madu yang asli dan mana madu yang palsu.

Nah berikut ini merupakan beberapa ciri ciri madu asli yang umum dan cukup mudah untuk kita perhatikan.

1. Madu Asli Itu Kental

Jika kamu ingin membeli madu pastikan madu tersebut mempunyai tekstur yang kental, cara melihat tekstur madu kental atau tidak bisa dengan cara menggoyangkan botolnya jika madu bergerak dengan sangat lambat karena teksturnya kental itu merupakan madu asli. Namun bila sebaliknya madu bisa bergerak dengan cepat atau terlihat ringan maka besar kemungkinan madu tersebut merupakan madu palsu atau sudah mempunyai campuran.

2. Jika di Kulkas Madu Asli Tidak Mudah Membeku

Ciri – ciri madu asli juga bisa kamu lihat dengan cara memasukkan madu tersebut kedalam kulkas atau freezer jika madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama dimasukkan, maka madu tersebut merupakan madu asli. Namun jika madu tersebut membeku maka madu tersebut adalah madu palsu atau sudah mempunyai campuran.

3. Jika di Panaskan Tidak Berbuih

Kamu juga bisa membedakan madu asli atau palsu dengan cara memanaskannya, jika madu kamu panaskan merupakan madu asli maka madu tersebut akan berkaramelisasi dengan cepat dan tidak akan membuatnya berbuih atau berbusa. Namun ketika madu tersebut menimbulkan buih maka madu tersebut merupakan madu palsu, karena buih atau busa hanya akan timbul pada madu yang sudah tercampur dengan bahan – bahan tambahan lainnya.

4. Jika di Tuangkan ke Kertas, Kertas Tidak Mudah Robek

Madu asli juga bisa kamu bedakan dengan cara meneteskan atau menuangkannya ke kertas, setelah di tuangkan kemudian cobalah untuk merobek kertas tersebut tidak mudah di robek maka madu tersebut merupakan madu asli. Namun jika sebaliknya kertas menjadi mudah di robek maka madu tersebut sudah mempunyai campuran seperti air dan campuran – campuran lainnya.

5. Madu Asli Tidak Mudah Terbakar

Ciri – ciri madu asli selanjutnya adalah tidak mudah terbakar, kamu bisa mecobanya dengan menyiapkan sebatang korek api kemudian celupkan ke dalam madu tersebut,. selanjutnya coba nyalakan batang korek tersebut, jika batang korek tersebut mudah terbakar seperti biasanya maka madu tersebut merupakan madu paslu atau campuran, namun kalau korek api tersebut tidak mudah terbakar bisa di pastikan kalau madu yang kamu beli tersebut adalah madu asli.

Baca Juga :

6. Madu Asli Tidak Lengket

Madu asli juga mempnyai ciri- ciri yang cukup mudah untuk kamu ketahui yaitu madu asli tidak lengket. Hal ini bisa kamu coba dengan menggosok-gosokkan madu menggunakan dua jari, jika madu tersebut menyerap sendiri pada kulit maka madu tersebut adalah madu asli. Namun sebaliknya jika madu tersebut agak lengket dan kelihatan ada butiran – butiran yang tertinggal maka madu tersebut adalah madu palsu atau sudah mempunyai campuran.

7. Jika di Campur Dengan Sari Cuka Tidak Berbuih

Kamu juga bisa mengetahui ciri madu asli dengan mencampurkan  sedikit madu, air dan 2 atau 3 tetes sari cuka, perhatikan hasilnya jika berbusa maka besar kemungkinan madu tersebut adalah madu palsu atau sudah ada campuran. Namun jika tidak menimbulkan busa maka madu tersebut merupakan mada asli.

8. Tidak Mudah Larut Dalam Air

Ciri – ciri madu asli lainnya adalah tidak mudah larut di dalam air, hal ini bisa kamu perhatikan dengan menyiapkan segelas air kemudian tuangkan satu sendok madu ke dalam gelas tersebut. jika madu tersebut tidak mudah larut di dalam air dan mengendap di dasar gelas maka madu tersebut adalah madu asli, namun sebaliknya jika madu tersebut mudah dan cepat menyatu dengan air maka tersebut adalah madu palsu.

9. Madu Asli di Sukai Semut

Mungkin untuk ciri – ciri madu asli yang satu ini pasti akan banyak yang heran kalau pada ciri – ciri madu asli ini kami masukkan madu asli di sukai semut. Karena ada sebuah mitos yang menyebutkan kalau madu asli semut tidak mau dan tidak akan di kerubungi.

Namun disamping mitos tersebut banyak juga pakar yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut, akan tetapi justru semut akan menghindari makanan seperti madu yang mengandung pemanis buatan.

Hal ini juga sudah secara langsung kami lihat pada saat panen madu asli di hutan, kalau tetesan madu tersebut pada saat panen banyak di kerubungi semut.

10. Jika Madu Asli di Tuang ke Roti Akan Mengeras

Salah ciri- ciri madu asli lainnya yang dengan mudah bisa kamu ketahui adalah dengan cara menuangkan madu di atas roti, jika tekstur roti berubah menjadi keras maka madu yang kamu tuangkan tersebut adalah madu asli. Namun jika sebaliknya tekstur roti menjadi basah di karenakan madu tersebut menyerap ke dalam roti maka madu tersebut adalah madu palsu.

11. Jika Madu Asli di Tuang ke Kuning Telur Akan Tampak Matang

Ciri – ciri madu asli ini sudah sangat sering kita dengar dimana – mana dan tidak salah untuk di coba, kamu bisa mengetahui keaslian madu yang kamu beli dengan cara mencampurkan madu tersebut dengan kuning telur kemudian aduk kedua bahan tersebut.

Jika madu yang kamu tuangkan ke kuning telur tersebut madu asli maka kuning telur akan berubah menjadi tampak matang, namun jika kuning telur tidak ada perobahan sama sekali maka madu yang kamu tuangkan tersebut adalah madu palsu.

Itulah beberapa ciri- ciri madu asli yang sangat penting untuk kita ketahui, karena saat ini sudah sangat sering kita dengar pemalsuan madu di mana-mana. Jadi kita harus lebih berhati – hati dalam membeli madu asli. karena kalau sampai kita salah beli madu, khasiat dan manfaat madu asli yang kita harapkan tidak akan pernah kita dapatkan, bahkan bisa jadi malah penyakit yang kita dapatkan akibat dari bahan – bahan campuran yang di buat oleh para pelaku – pelaku pemalsuan madu yang tidak bertanggung jawab.


Posting Komentar untuk "Ciri – Ciri Madu Asli Penting Diketahui Untuk Membedakan Madu Asli atau Palsu"