Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa Untuk Pemula

Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa Untuk Pemula

Cara belajar naik motor agar cepat bisa untuk pemula – Mampu mengenderai sepeda motor sendiri merupakan suatu kebanggan karena akan memudahkan kamu dalam melakukan berbagai aktivitas sehari – hari. Namun hingga saat ini masih banyak diluar sana yang belum bisa mengenderai sepeda motor sendiri. 

Jika kamu merupakan salah satu orang yang belum bisa mengenderai sepeda motor, kamu sudah tepat untuk membaca artikel ini, karena kita akan membahas sampai tuntas bagaimana cara belajar naik motor untuk pemula. simak terus artikel ini sampai selesai hingga bisa kamu praktekkan dan semoga nantinya cepat bisa mengenderai sepeda motor sendiri.

Pernah kamu mendengar jika sudah bisa naik sepeda maka akan menjadi lebih mudah pada saat belajar naik motor. hal tersebut benar adanya karena ketika kamu sudah bisa naik sepeda itu artinya kamu sudah bisa menguasai keseimbangan pada saat berkendara. 

Namun jika kamu juga belum bisa naik sepeda akan tetap bisa kok belajar naik motor, akan tetapi dibutuhkan keinginan dan tekad yang lebih kuat agar cepat bisa naik  motor sendiri.

Disamping harus memahami dan menguasai keseimbangan dalam berkendara, kamu juga harus memahami komponen – komponen yang terdapat pada sepeda motor mulai dari gas, rem dan berbagai stater, gigi, kopling dan komponen lainnya.

Simak beberapa tips dan cara belajar naik motor agar cepat bisa untuk pemula berikut ini :

Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa Untuk Pemula

1. Kenali Karakter Motor Terlebih Dahulu

Ketika kamu ingin belajar naik motor ada baiknya kamu mengenali karakteristik dari sepeda motor yang akan kamu pelajari. Jadi kalau kamu masih tahap belajar dan masih pemula sekali ada baiknya kamu menggunakan sepeda motor kecil atau motor matic dulu.

Disamping bobotnya yang ringan kamu juga akan lebih muda dalam proses belajar naik motor, Motor jenis ini tak punya pedal kopling untuk mengurangi bahan pikiran saat belajar. Motor jenis matic juga tidak perlu repot gonta - ganti gigi

2. Pelajari Mekanisme Dasar Motor

Setelah mengenali karakter motor yang akan kamu pelajari, selajutnya kamu harus mengetahui mekanisme dasar pada motor tersebut misalnya seperti cara menggunakan gas, rem, lampu sen, klakson. kalau dia motor bebek cara memasukkan dan mengurangi gigi dan berbagai mekanisme dasar lainnya. Pastikan kamu telah mengetahui semuanya sebelum belajar naik motor.

3.  Dipandu Oleh Orang Berpengalaman

Dalam belajar naik motor kamu harus  dipandu dan diajari oleh orang yang sudah berpengalaman dalam mengenderai sepeda motor, karena dengan ada yang mengajari dan dipandu secara langsung kamu akan lebih cepat bisa dalam belajar naik motor dan agar terhindar dari yang namanya keceakaan pada saat belajar naik motor.

Baca Juga :

4. Belajar Menggunakan Gas dan Rem

Selanjutnya kamu coba belajar menggunakan gas dan rem dengan berkoordinasi dengan orang yang memandu tentang bagaimana cara menggunakan gas dan rem yang baik dan benar. Agar bisa mengatur kecepatan dan pengereman ketika mau mau berhenti.

Langkah pertama kamu nyalakan motor dengan cara menekan tombol stater, kemudian putar pedal gas secara pelan – pelan hingga motor berjalan sedikit demi sedikit. Kemudian tarik atau tekan tuas rem jika ingin berhenti. Kamu bisa melakukan latihan ini secara berulang – ulang sampai kamu benar – benar bisa mengatur kecepatan dan melakukan pegereman ketika mau berhenti.

5. Gunakan Teknik Satu Kaki

Ketika kamu sudah bisa mengatur keseimbangan pedal gas dan tuas rem, selanjutnya kamu masuk ke sesi teknik keseimbangan motor. Kamu bisa menggunakan teknik satu kaki untuk menjaga keseimbangan badan dan motor yang kamu kenderai.

Caranya, kamu hanya menaikkan kaki kanan di atas motor dan kaki  kiri tetap kamu tinggalkan berpijak ke tanah untuk berjaga-jaga menapak jalanan. Kemudian putar gas secara pelan – pelan sampai motor berjalan dan turunkan gas sedikit demi - sedikit untuk memperlambat jalannya motor kemudian tarik atau tekan tuas rem untuk berhenti.

6. Gunakan Tempat Belajar Yang Aman dan Luas

Jika  merasa sudah bisa menggunakan gas dan rem serta sudah bisa menyeimbangkan motor dan badan, maka selanjutkan kamu  harus sering – sering berlatih, dan carilah tempat yang aman dan luas untuk tempat kamu belajar naik motor seperti di lapangan, halaman yang luas maupun jalanan yang sepi untuk menghindari gangguan – gangguan pada saat kamu belajar naik motor.

7. Terus Belajar dan Harus Sabar

Terakhir kamu harus terus – terus belajar dengan menggunakan teknik –teknik dasar yang sudah kamu ketahui dan tentunya juga harus sabar agar kamu bisa mengenderai sepeda motor sendiri dan tidak tergantung lagi sama orang lain.

Nah itulah beberapa cara belajar naik  motor agar cepat bisa, buat pemula sekalipun bisa melakukan beberapa cara diatas agar cepat bisa naik motor sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu buat teman – teman. Dan jangan lupa ikuti terus update artikel –artikel terbaru dari blog ini. Terima kasih dan selamat berlajar naik motor.


Posting Komentar untuk "Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa Untuk Pemula"