Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkuat Proses Risk Scoring untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis Anda

Cara Memperkuat Proses Risk Scoring - Apa yang dimaksud dengan risk scoring? Bagaimana cara memperkuat risk scoring untuk kemajuan bisnis Anda?

Risk Scoring merupakan sebuah proses penghitungan angka atau skor untuk membantu menentukan tingkat risiko pengguna, perangkat atau sebuah entitas. Pendekatan menggunakan risk scoring membantu perusahaan memperoleh lebih banyak informasi mengenai pengguna dari pada dengan menggunakan metode KYC tradisional.

Cara Memperkuat Proses Risk Scoring

Risk scoring umumnya memiliki dua komponen, yakni karakterisasi kerentanan dan pengaruhnya terhadap kegiatan operasional bisnis. Hal tersebut memungkinkan bisnis untuk terus meninjau dan memantau aktivitas konsumen, guna menetapkan skor risiko baru ketika terjadi perubahan perilaku pada konsumen yang memang sifatnya dinamis.

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat risk scoring. Simak penjelasan berikut ini!

Lakukan Identifikasi dan Penilaian Risiko

Jenis risiko yang dihadapi setiap perusahaan sangat berbeda. Proses risk scoring yang dilakukan harus bisa menghubungkan risiko dengan proses dan hasil bisnis aktual Anda. Ini akan membantu Anda membuat keputusan yang strategis.

Ketahui Angkanya

Mengumpulkan dan melacak data seperti perhitungan risiko kuantitatif dan kualitatif, penilaian risiko berbasis skenario, dan indikator risiko utama akan memberikan pandangan yang lebih lengkap dan terpadu tentang paparan risiko perusahaan.

Baca Juga :

Buat Koneksi

Mengidentifikasi, mengukur serta mengelola risiko memerlukan pemahaman tentang bagaimana risiko berkorelasi dan berinteraksi di berbagai bagian dalam perusahaan. Misalnya risiko kredit berpengaruh pada harga pasar dan risiko operasional seperti penipuan bisa menimbulkan masalah hukum dan reputasi. Mengetahui interaksi risiko antara aktivitas bisnis merupakan dasar untuk proses risk scoring yang lebih efektif.

Gunakan Sumber Daya Sebanyak Mungkin

Risk scoring yang efektif juga membutuhkan banyak keahlian dan sumber daya mulai dari pengendalian risiko dasar, aktivitas kepatuhan dan tata kelola sampai analisis risiko kuantitatif tingkat lanjut.

Salah satu cara untuk menambah sumber daya dalam risk scoring Anda adalah dengan menggunakan dukungan teknologi yang mumpuni. MSIGHT atau Mobile Consumer Insight by Telkomsel adalah jawaban untuk kebutuhan Anda. MSIGHT Telkom akan membantu Anda memperkuat proses risk scoring sehingga data yang Anda miliki bisa dimanfaatkan secara akurat demi mendukung kemajuan bisnis Anda.


Posting Komentar untuk "Cara Memperkuat Proses Risk Scoring untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis Anda"