Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Modal Usaha Perorangan

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Modal Usaha Perorangan

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Modal Usaha Perorangan – Jika kamu mempunyai sebuah usaha perorangan dan sedang memerlukan modal usaha tambahan untuk membangun usaha tersebut agar tetap berjalan dan berkembang kearah yang lebih baik.

Maka tidak ada salahnya kamu mencoba untuk membuat proposal permohonan bantuan modal usaha  perorangan kepada pihak – pihak terkait dalam pemerintahan. Karena pemerintah saat ini mempunyai beberapa program untuk memberikan bantuan kepada masyarakat salah satunya termasuk Bantuan dana usaha kecil perorangan.

Apalagi kamu mempunyai relasi dan hubungan baik dengan pihak – pihak terkait dalam penyaluran bantuan tersebut, mungkin mereka akan bisa membantu usaha kamu dengan memberikan bantuan tambahan modal usaha

Pengertian Propsal

Proposal merupakan susunan rencana kegiatan yang telah disusun dengan sistematis dan terperinci dengan tujuan tertentu. Proposal biasanya dibuat bertujuan untuk mendapatkan persetujuan dari pihak terkait atau untuk permohonan bantuan untuk kegiatan maupun usaha tertentu. 

Unsur – Unsur Penting Dalam Proposal

Ketika kamu membuat proposal kamu harus memperhatikan beberapa unsur penting dalam sebuah proposal, agar proposal yang kamu buat tidak terlihat asal – asalan dan tidak professional. Untuk pastikan kamu melampirkan beberapa unsur penting berikut ini dalam proposal yang kamu buat 

  • Nama Kegiatan
  • Dasar Pemikiran atau Pendahuluan
  • Bentuk atau Tema Kegiatan
  • Tujuan Kegiatan
  • Ruang Lingkup Kegiatan
  • Pelaksanaan Kegiatan
  • Susunan Kepanitiaan
  • Anggaran Biaya
  • Jadwal Acara Kegiatan
  • Penutup

Kamu tinggal menyesusaikan dengan kegiatan dan untuk tujuan apa  proposal tersebut kamu buat, kalau memang tidak memungkinkan semua unsur untuk dimasukkan kedalam proposal setidaknya perhatikan beberapa unsur penting yang tentunya harus dan wajib kamu buat dalam proposal tersebut.

Baca Juga :

Berikut ini contoh proposal permohonan bantuan modal usaha perorangan yang bisa kamu jadikan sebagai perbandingan ketika membuat proposal untuk permohonan bantuan modal usaha perorangan :

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Modal Usaha Perorangan

SAMPUL PROPOSAL


PROPOSAL PERMOHONAN 
BANTUAN MODAL USAHA
PERORANGAN  


DIAJUKAN 


O
L
E
H

………………………

LOKASI USAHA :

DESA ………………

KEC…. ……………..

KAB. ……………………..

PROV. …………………….

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT. Karena berkat rahmat dan karuniaya kita diberi kesehatan dan kekuatan sehingga dapat menyelesaikan dan menyusunan proposal ini. 

Proposal ini saya buat untuk memberi informasi dan gambaran tentang segala sesuatau yang berkenan dengan usaha saya ini, yang berlokasi di Desa …………….. Kecamatan …………….. Kabupaten ……………………. Provinsi …………………., Saya menyadari akan segala kekurangan saya dalam menyusun proposal ini. Oleh sebab itu, segala bentuk saran dan masukan yang baik akan saya terima dengan senang hati demi perbaikan untuk kedepannya.

Harapan saya, Semoga dengan adanya proposal ini seluruh pihak yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dapat bekerja sama dalam bentuk dukungan moril dan material guna pemberdayaan ekonomi masyarakat di tingkat bawah dapat berkembang sebagaimana harapan kita bersama, Amin.


PENGANTAR PROPOSAL


                                                                                                    Kepada Yth,
Perihal : Permohonan Bantuan                                     Bapak Kepala Kantor Kementerian
              Modal Usaha Perorangan                             Kabupaten Padang Lawas

    Di _ T empat 

Dengan hormat,
Saya merupakan seorang bergelut di bidang usaha……………………….yang berlokasi di Desa ………… Kecamatan …………… Kabupaten ………………, dengan ini saya mengajukan bantuan modal usaha …………………., sehubungan dengan hal tersebut, saya berharap Bapak/Ibu …………………………………….. berkenan untuk mengabulkan permohonan saya berupa Bantuan Modal Usaha .

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya sertakan proposal permohanan bantuan modal usaha, demikian atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya mengucapkan terimakasih. 


                                                                 ……………………, ………….. 2023
                                                                  Pemohon




…………………………………………...

PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN MODAL USAHA PERORANGAN

1. Latar belakang 

Didalam perekonomian sekarang banyak usaha kecil mengalami kegagalan dalam mengembangkan usahanya. dikarenakan modal yang dimiliki tidak memadai sehingga membutuhkan bantuan tambahan modal.

Maka dengan itu untuk mengembangkan usaha saya ini, saya sangat membutuhkan bantuan modal usaha, agar saya bisa menjalankan dan mengembangkan usaha saya. Kekurangan modal usaha yang saya rasakan ini membuat saya tidak biasa mengembangkan usaha saya dengan baik. sehingga hasil pendapatan yang saya dapatkan tidak mencukupi kebutuhan rumah tangga saya. 

Saya sangat mengharapkan bantuan modal usaha ini agar saya bisa mengembangkan usaha saya dengan baik untuk kedepannya, sehingga saya bisa meningkatkan hasil pendapatan yang lebih memuaskan. 

2. Maksud dan Tujuan 

Meningkatkan hasil produktifitas usaha. Meningkatkan pendapatan. Mendapatkan hasil yang baik untuk pelanggan. Bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan mengajarkan kepada masyarakat agar bisa membuka usahanya sendiri.

3. Lokasi Usaha

Adapun rencana lokasi tempat usaha menjahit saya ini berada di Desa …………….., Kecamatan……………… Kabupaten……………….., Provinsi …………………….

4. Rencana Anggaran Biaya

Adapun rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam usaha saya ini adalah sebagai berikut :
Silahkan masukkan Sesuai dengan anggaran biaya yang kamu butuhkan dan sesuai dengan jenis usaha yang kamu jalankan.

5. Dokumentasi Kegiatan Usaha Menjahit 

Silahkan masukkan foto – foto kegiatan yang dilakukan dalam usaha anda, usahakan menampilkan foto dengan baik sehingga dengan melihat foto – foto tersebut bisa menceritakan kondisi dan jenis usaha yang kamu jalankan

6. Penutup 

Demikian proposal permohonan bantuan ini, besar harapan saya proposal ini dapat terkabul  atas kepercayaan, dukungan dan terkabulnya permohonan ini. saya ucapkan terima kasih. 

                                                                            ……………………., ……………….. 2023
                                                                            Pemohon




            …………………………………………..

Nah itulah contoh propsal permohonan bantuan modal usaha perorangan, jadi kamu tinggal menyesusaikan dengan jenis usaha yang kamu jalankan. Dan jika menurut teman - teman masih ada kekurangan tidak ada salahnya dilengkapi biar proposalnya semakin mantap dan terlihat profesional. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu buat teman - teman yang sedang mencari contoh proposal permohonan bantuan perseorangan, dan jangan lupa ikuti terus update artikel - artikel terbaru dari blog ini.


Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Permohonan Bantuan Modal Usaha Perorangan"