Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips dan Cara Menjawab Soal Ujian CPNS Tahun 2019 | Nomor 2 Paling Sering Diabaikan

5 Tips dan Cara Menjawab Soal Ujian CPNS Tahun 2019
Onmaibana.com- 5 Tips dan Cara Menjawab Soal Ujian CPNS Tahun 2019, Pelamaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 ini sudah resmi ditutup sebagian instansi sejak tanggal 25 Nopember kemarin namun ada juga yang pendaftarannya ditutup pada tanggal 26 sampai tanggal 28 Nopember tahun 2019. Setelah kita berhasil mendaftar di SSCN kita masih menunggu hasil dari seleksi berkas atau adminstrasi yang kita unggah di laman resmi pendaftaran CPNS 2019.  

Kemudian setelah administrasi kita lulus dan memenuhi persyaratan, selanjutnya kita akan mengikuti dua tahap seleksi tes lagi yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kemudian kalau kita lulus dalam ujian SKD tersebut, kita akan mengikuti seleksi tes kedua yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jadi sambil menunggu hasil seleksi administrasi ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian pada dua tahap seleksi tersebut. 

Nah untuk mendukung kesiapan kita dalam mengikuti dua seleksi CPNS 2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah memberikan kisi-kisi soal ujian untuk penerimaan CPNS 2019. Sialahkan dibaca mengenai kisi – kisi soal ujian CPNS 2019 di sini : Kisi - Kisi Soal Ujian SKD dan SKB CPNS Tahun 2019.

Setelah anda mengetahui kisi – kisi soalnya, sesuai dengan judul artikel ini selanjutnya kita akan membahas beberapa tips dan cara menjawab soal ujian CPNS tahun 2019 agar dalam menjawab soal kita lebih mudah dan lebih efisien dalam menggunakan waktu ujian dan semua soal ujian bisa anda jawab.

5 Tips dan Cara Menjawab Soal Ujian CPNS

Langsung saja berikut ini 5 tips dan cara menjawab soal ujian CPNS tahun 2019 yang sering sekali banyak di abaikkan oleh banyak pelamar CPNS.

1. Jangan Mengerjakan Soal Menurut Nomor

Kebanyakan orang biasanya dalam menjawab soal ujian akan tergantung pada nomor soal ujian, hal tersebut merupakan kesalahan yang sangat fatal karena bisa jadi soal – soal – soal di nomor terakhir merupakan soal yang mudah namun karena anda bergantung pada nomor soal anda tidak bisa lagi menjawab soal yang terakhir dengan teliti karena waktu ujian yang dibatasi.

2. Kerjakan Lebih Dulu Soal – Soal Yang Mudah

Nah nomor dua ini berkaitan erat pada tips nomor satu dimana anda tidak boleh mengerjakan soal menurut nomor soal akan tetapi cari dan kerjakanlah terlebih dahu soal – soal lebih mudah menurut anda. dan jangan tertuju pada soal yang membuat anda bingung sehingga menghabiskan waktu anda.

3. Carilah Soal Tes Keperibadian (TKP) Terlebih Dahulu

Tips ketiga ini juga erat kaitannya dengan tips kedua dimana anda harus mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dulu, nah silahkan anda cari soal – soal tentang Kepribadian (TKP) terlebih dulu karena biasa soal – soal TKP lebih muda dikerjakan yaitu dengan hanya menggunakan nalar dan perbandingan pada saat memilih jawaban.Dan biasanya soal – soal TKP ini berada di nomor 66 sampai 100.

Baca Juga : 

4. Telitilah Dalam Menganalisa Soal

Dalam menjawab soal ujian anda harus benar – benar teliti dalam menganalisa soalnya khususnya soal bahasa Indonesia yang terdiri dari sinonim, padanan kata,antonim dan juga untuk soal bahasa Indonesia yang mempunyai paragraph panjang diperlukan ketelitian dalam menganalisanya.

5. Jangan Mengosongkan Jawaban

Dalam menjawab soal ujian CPNS anda harus betul – betul menggunakan waktu yang telah di tentukan yaitu sekitar 90 menit. Dan sisakan waktu anda sekitar 10 -15 menit untuk mencek jawaban anda mulai dari soal nomor 1 sampai 100. Agar jawaban anda benar – benar sudah terjawab . jangan pernah mengosongkan jawaban walaupun sebenarnya anda tidak tahu sama sekali jawabannya. Jawab saja mana yang menurut anda yang paling benar karena kalau misalkan jawaban anda salah tidak akan mengurangi nilai anda.

Selain untuk mengitkuti beberapa tips diatas tentunya kita harus mempersiapkan diri dengan cara membahas dan mengulas kembali soal – soal ujian CPNS tahun 2018, karena mungkin saja soalnya tidak jauh berbeda dengan soal – soal ujian CPNS tahun ini. kita perlu latihan untuk mengasah dan melihat hasil kemampuan kita kira – kira kita sudah mendapatkan nilai berapa.

Dan untuk Latihan Simulasi Ujian CPNS silahkan klik link di bawah ini :
Itulah beberapa tips dan cara menjawab soal CPNS agar dalam pengerjaanya lebih mudah dan lebih efisien dalam menggunakan waktu anda. semoga bermanfaat dan bisa membantu ketika anda mengikuti ujian CPNS tahun 2019 ini. mudah – mudahan kalian mendapatkan hasil yang memuaskan dan bisa meraih tujuan masing – masing untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Posting Komentar untuk "5 Tips dan Cara Menjawab Soal Ujian CPNS Tahun 2019 | Nomor 2 Paling Sering Diabaikan "