Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Kebiasaan Bayi Gemar Menggigit

5 Penyebab Kebiasaan Bayi Gemar Menggigit
Onmaibana.com- Penyebab Kebiasaan Bayi Menggigit, Kebanyakan kita sebagai orangtua sibayi, bahkan orang dewasa sekalipun mungkin sangat gemas dengan bayi yang tertawa penuh kebahagiaan sambil memeluk orang dewasa di sekitarnya.

Selain tertawa, ada juga beberapa kebiasaan lainnya yang sering dilakukan oleh sang bayi kita, seperti merengek, menangis, bahkan menggigit sekalipun.

Sebelum terburu-buru mengawasi si buah hati kita, ada baiknya untuk memahami terlebih dulu mengapa sang bayi senangnya menggigit.

Namun, kita sebagai orangtuanya harus memahami  bahwa kebiasaan menggigit pada usia bayi adalah hal wajar, akan tetapi anak-anak punya berbagai alasan mengapa mereka menggigit.

Nah berikut ini beberapa penyebab kenapa anak - anak suka dan mempunyia kebiasaan menggigit :

5 Penyebab Kebiasaan Bayi Gemar Menggigit

1. Tumbuh Gigi

Disaat sang buah hati kita menggigit apa saja yang bergerak dan berbicara, cobalah cek adakah ada giginya yang tumbuh.Ketika merasakan sakit karena gigi tumbuh, bayi juga akan menggigit untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak yang dirasakannya.

2. Kesal dan Marah

Bayi mengalami banyak pengalaman emosi setiap harinya dan tidak selalu mampu mengungkapkannya. Bayangkan kamu tidak memiliki perbendaharaan kata yang cukup untuk mengekspresikan perasaan. Kebanyakan bayi menggigit karena frustrasi dan marah karena mereka tidak mampu mengungkapkan perasaannya.

Baca Juga : 

3. Mencari Perhatian

Lagi-lagi, karena si bayi belum memiliki kemampuan bahasa yang cukup untuk mengekspresikan perasaan dia, mereka mungkin saja menggigit lengannmu untuk mendapatkan perhatian dari kita.

4. Bereksplorasi

Bagi bayi, tidak ada jalan lain yang lebih baik untuk cara memahami dan bereksplorasi dengan segala hal selain memasukan tangannya ke dalam mulut. Seiring bertumbuhnya gigi mereka, bayi akan semakin penasaran dengan dunia di sampingnya. Di saat itulahpula mereka mulai menggigit segala sesuatu di sekitarnya.

5. Sangat Senang

Dunia di sekitarnya yang berubah secara sangat cepat bagi para bayi dan mereka bisa dengan mudah sangat gembira dengan hal-hal baru yang di sekitarnya. Terkadang, mereka bahkan tidak bisa menangani luapan kegembiraan yang mereka rasakan dengan cara yang lebih baik dan berakhir dengan menggigit orang terdekat mereka.

Dapatkan informasi seputar dunia islam dan berbagai informasi lainnya DISINI

Namun kita tidak perlu khawatir karena ini hanyalah sebuah cara sibayi untuk mengekspresikan bahwa mereka sangat senang dan tidak tahu apa yang harus sikecil dilakukan.

Kita sebagai orangtua memiliki peran yang penting dan sangat berarti dalam pertumbuhan sang buah hati kita, jadi oleh karenanya kita harus memerhatikan setiap gerak gerik sang buah hati kita.

Apakah sibayi anda pernah menggigit jari ???

Silahkan share dan berikan tanggapan kalian dikolom komentar tentang pengalaman kalian ketika si kecil sudah mulai mempunyai kebiasaan menggigit.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Kebiasaan Bayi Gemar Menggigit"