Adsense

15 Cara Memilih Pasangan Hidup Yang Baik dan Tepat Sebelum Menikah

15 Cara Memilih Pasangan Hidup Yang Baik
Onmaibana.com- Memilih pasangan hidup memang bukanlah perkara mudah dan harus mempertimbangkan banyak hal. Apalagi pasangan kita nantinya merupakan seseorang yang akan mendampingi hidup kita disaat suka maupun duka hingga maut memisahkan.

Sekarang banyak orang yang keliru dan salah dalam memilih pasangan, hingga akhirnya pernikahannya tidak bertahan lama dan berujung pada perceraian dan perpisahan. Oleh karena itu tentu diperlukan berbagai tips dan cara yang benar dalam proses pemilihan pasangan hidup kita dan harus dilakukan dengan hati – hati. 

Memang betul yang namanya Jodoh atau pasangan hidup adalah rahasia Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi kita dituntut untuk selalu berusaha dan tetap mengupayakan untuk memilih pasangan hidup yang baik dan tepat. Jadi sebelum anda memutuskan untuk menikah, anda harus mengetahui beberapa cara memilih pasangan yang baik dan tepat, agar nantinya jangan salah pilih.

Langsung saja berikut ini beberapa cara memilih pasangan yang baik dan tepat sebelum menikah, agar tidak salah memilih pasangan hidup :

1. Kenali Terlebih Dahulu Diri Anda Sendiri
Dalam proses memilih pasangan hidup anda dianjurkan terlebih dahulu untuk lebih mengenal diri anda sendiri lebih dalam lagi, setelah anda mengetahui siapa dan seperti apa anda sebenarnya. Maka dengan begitu anda sudah tahu untuk menentukan dan memilih pasangan hidup yang cocok untuk anda sesuai dengan karakter dan sifatnya, yang bisa menerima kelebihan dan menutupi kekurangan yang ada dalam diri anda. Begitu juga dengan anda harus bisa menutupi kekurangan pasangan anda, sehingga terjadi saling melengkapi.

2. Keseriusan
Anda bisa menilai keseriusan pasangan anda, dengan berbagai hal misalnya ketika membuat janji, apakah sidia menepati janjinya. Atau kalau memang dia serius biasanya dia akan meminta kepada anda agar dikenalkan dengan kedua orang tua anda. Satu lagi biasanya orang yang serius dalam memilih pasangan hidup memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk kedepannya. Kalau anda melihat sidia tidak serius, berarti dia bukan pasangan hidup yang baik untuk anda. jadi tidak ada alasan bagi anda untuk mempertahankannya.

3. Kecocokan
Dalam menjalin sebuah hubungan kecocokan merupakan salah satu kunci utama. Apalagi nantinya hubungan yang anda jalin adalah hubungan pernikahan dimana orang yang anda pilih tersebut akan menjadi pendamping anda seumur hidup. Jadi anda jangan mudah untuk mengatakan sudah cocok, hanya karena wajah cantik dan tampan serta harta yang berlimpah. Sebelum anda mengenal seseorang tersebut lebih dalam, jangan buru – buru mengatakan sudah cocok. Karena kecocokan merupakan hal yang bisa menjadikan hubungan anda awet dan bahagia.

4. Carilah Yang Seiman
Poin ke empat ini menurut saya merupakan hal yang sangat penting dalam memilih pasangan, memang sudah semestinya kita mencari pasangan hidup yang seiman sesuai dengan ajaran dan kepercayaan kita. karena ketika mendapatkan pasangan yang beda iman hal tersebut bisa memicu awal pertengkaran hingga menuju perpisahan karena tidak sepaham. Pasangan yang seiman juga dianjurkan baik di ajaran agama maupun undang – undang perkawinan yaitu perkawinan yang sah perkawinan yang dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya.

5. Mempunyai Akhlak dan Sifat Yang Baik
Salah satu kunci kebahagian dalam membangun sebuah hubungan adalah akhlak dan sifat yang baik, oleh karena itu sudah semestinya baik istri maupun suami harus memiliki akhlak dan sifat yang baik dalam membina sebuah rumah tangga kelak. Hal tersebut sangat berperan penting lebih – lebih ketika kelak kita memliki keturunan. Bayangkan saja ketika salah satu dari suami atau istri mempunyai akhlak dan sifat buruk maka secara tidak langsung akan berimbas pada pasangannya, dan juga kelak kepada anak-anak.

Baca Juga :
Terbaru Paket INTERNET Murah 17 GB + 300 Menit Tlpon + 400 SMS Telkomsel. Ini Caranya 

6. Cerdas Dan Terampil Dalam Berkomunikasi
Dalam memilih pasangan kita harus memilih seseorang yang cerdas dan memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Karena komunikasi yang baik merupakan  alat kita dalam membangun sebuah keluarga yang harmonis. Dalam komunikasi yang baik bisa meredam dan menutupi perbedaan dan kekurangan pasangan. Sebesar apapun masalah yang datang menerpa mahligai keluarga anda kelak, kalau di sampaikan dan di komunikasikan dengan baik maka masalah tersebut bisa diselesaikan.

7. Bertanggung Jawab
Bagi anda yang sedang mencari pasangan hidup, khususnya perempuan, pasangan yang bertanggung jawab merupakan syarat yang harus ada pada pasangan anda. Karena tanggung jawab mutlak adalah laki – laki atau pasangan anda kelak, hal tersebut bisa anda lihat melalui kemandiriannya. Dengan mandiri berarti dia memperjuangkan kehidupannya, begitu juga kelak ketika membina rumah tangga, dia akan bertanggung jawab dengan kebahagian anda dan keluarga anda.

8. Perhatian
Dalam memilih pasangan anda harus jeli dan hati – hati, anda harus cari pasangan yang benar – benar peduli pada pasangannya. Dengan peduli kepada anda maka dia akan selalu perhatian dan selalu memberikanmu kejutan dan kasih sayang yang tulus. Karena dengan peduli dan perhatianlah dia menunjukkan kalau dia benar – benar menyanyangi anda sebagai pasangannya.

9. Merasa Nyaman Ketika Bersamanya 
Dalam memilih pasangan hidup yang baik pastikan anda merasanya nyaman ketika bersamanya, dengan menjadi diri sendiri bukan dengan diri orang lain, sesuai dengan kemauan pasangan anda. Karena ketika anda sudah merasanya nyaman ketika bersamanya. maka hal ini adalah cara memilih pasangan hidup paling mudah dan tepat.

10. Mendukung Rencana Dan Tujuan Hidupmu 
Carilah pasangan yang benar – benar mengerti dan paham terhadap keinginan dan tujuan hidupmu. Jangan sampai kelak pasangan anda yang menjadi penghalang untuk mencapi rencana dan kebahagiaan dalam hidup anda. Pastikan kalau pasangan anda bisa menerima dan mendukung rencana dan tujuan hidupmu serta bersama – sama dalam mewujudkannya.


11. Status Sosial Yang Setara 
Sering kali kita dengar pertengkaran dalam hubungan rumah tangga, hanya karena perbedaan status sosial yang sangat jauh. Kalau hanya berbeda status sosial tipis tidak masalah, akan tetapi kalau perbedaannya sudah terlalu jauh hal tersebut nantinya akan memunculkan masalah dalam keluarga anda. Karena ketika masih status berpacaran anda masih bisa mengandalkan perasaan dan cinta terhadap pasangan. Akan tetapi ketika anda sudah menikah anda tidak hanya menjadi bagian dari pasangan anda, tetapi keluarganya juga akan menjadi bagian dari anda. 

Mungkin pasangan anda tidak permasalahkan perbedaan status sosial diantara anda lanta bagaimana dengan keluarganya.? Biasanya akan selalu ada yang tidak menyukai perbedaan tersebut. Oleh karena itu dalam memilih pasangan hidup hindari memilih pasangan hidup yang berbeda status sosial yang terlalu mencolok anda bisa memilih yang masih setara atau beda – beda tipis juga gak masalah.

12. Carilah Pasangan Yang Pekerja Keras 
Materi mungkin penting dalam membina rumah tangga, akan tetapi materi bukanlah segalanya. Carilah pasangan anda seorang yang pekerja keras, dengan begitu dia nantinya akan bekerja keras juga dalam memperjuangkan keluarga dan rumah tangga anda. sebagaimana dia memperjuangkan dirinya dengan cara bekerja keras.

13. Carilah Sidia Yang Sangat Menyayangi Ibunya 
Anda harus melihat dengan jeli pada diri seorang laki-laki yang sangat menyayangi ibunya, karena hal tersebut membuktikan kalau dia adalah seorang yang penyayang dan mempunyai sifat lemah lembut, dan biasanya juga dia menghormati wanita. Dan dia akan selalu berpikir untuk menjaga orang – orang yang dia sayangi seperti ibu dan juga keluarganya. Maka carilah pasangan anda seperti sidia yang mempunyai kasih sayang yang tulus terhadap ibu dan keluarganya.

14. Jangan Jadikan Usiamu Menjadi Beban
Dalam memilih pasangan hidup, anda tidak boleh menjadikan usia menjadi beban pikiran, hanya karena anda melihat orang – orang yang usianya masih dibawah anda sudah pada menemukan pasangan atau jodohnya. sehingga anda menjadi tergesa – gesa atau ingin cepat – cepat menemukan jodoh pasangan hiduo anda. Dalam memilih pasangan tidak boleh tergesah – gesah kalau anda tidak mau salah memilih pasangan. Tetaplah berusaha dan jangan lupa berdoa, karena jodohkan ditangan Tuhan. Jadi mintalah padaNYA.
15. Dengarkan Kata Hati Jangan Dengarkan Kata Orang Lain
Nah ketika anda sudah menemukan pasangan hidup, yang mungkin sudah mempunyai beberapa kriteria diatas. Anda sudah merasa cocok, hati selatu tenang dan nyaman ketika bersama pasangan anda. Maka dengarkanlah kata hatimu, segeralah menjalin hubungan kejenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Kalau menurut anda sudah cocok dan niat sudah mantap menikahlah, jangan dengarkan kata orang lain. Tanpa ada karena terpaksa atau desakan orangtua dan lingkungan.

Penutup 
Beberapa cara memilih pasangan diatas adalah bentuk usaha dan upaya kita untuk mendapatkan pasangan yang baik dan tepat , walaupun pada kenyataanya Jodoh itu ditangan Tuhan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu bagi anda yang sedang bingung dalam memilih pasangan hidup. Dan kalau menurut teman – teman artikel ini bermanfaat silahkan dishare ke teman – teman lainnya agar artikel ini semakin banyak lagi memberikan manfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "15 Cara Memilih Pasangan Hidup Yang Baik dan Tepat Sebelum Menikah"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel