Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Backlink dan Fungsinya Untuk Sebuah Blog

Pengertian Backlink dan Fungsinya Untuk Sebuah Blog
Onmaibana.com- Pengertian Backlink dan Fungsinya Untuk Sebuah Blog. Bagi anda yang bergelut di dunia blog pasti tidak asing lagi sama yang nama Backlink, karena baclink merupakan satu  hal yang sangat penting dalam perkembangan sebuah blog. Semakin banyak anda mendapatkan backlink maka semakin bagus juga untuk perkembangan dan kemajuan blog anda. 

Namun backlink yang saya maksud tidak sembarang backlink, melainkan backlink yang berkualitas sehingga berdampak bagus untuk blog anda. Sebaliknya jika backlink yang anda dapatkan merupakan backlink sembarangan dan buruk  bukan kebaikan yang anda dapatkan untuk blog anda melainkan dampak buruk.

Backlink juga sangat berpengaruh terhadap SEO blog anda, sehingga artikel anda direkomendasikan oleh google dengan menempati halaman pertama googele. Akan tetapi untuk mendapatkan backlink  yang berkualitas tinggi sangat sulit untuk kita dapatkan.  Sehingga tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya untuk membeli  backlink berkualitas. Dan bagi  anda yang ingin mendapatkan backlink berkualitas tinggi tanpa repot dan pusing memikirnya, anda bisa langsung  menuju kesini. Blog trafik tinggi menerima artikel Content Placement atau Backlink

Apa Itu  Backlink..? 

Backlink adalah sebuah tautan link  dari sebuah blog yang mengarah ke blog anda baik link aktif maupun tidak aktif. Baclink berasal dari dua kata yaitu Back yang berarti kembali dan link yang berarti berupa alamat atau biasa juga disebut URL sebuah artikel maupun blog. 

Contoh  : Dalam blog onmaibana.com ini saya mempunyai artikel yang berjudul cara submit artikel terbaru ke Bing, yang kemudian ada orang lain mempunyai artikel atau pembahasan yang sama kemudian dia menjadikan artikel saya sebagai reperensi dan memasukkan judul artikel saya tersebut didalam artikelnya yaitu dengan berupa link. Maka ketika ada orang membaca artikel orang tersebut dan dia klik link yang berupa judul artikel saya tadi maka dengan otomatis dia di arahkan langsung ke blog saya.  nah itu yang dinamakan backlink, dari penjelasan singkat diatas sepertinya sudah bisa dimengerti apa itu Backlink.

Setelah anda mengetahui apa itu itu Backlink, selanjutnya anda juga harus tahu kalau backlink tersebut juga terbagi dua yaitu :
1. Backlink Dofollow dan
2. Backlink Nofollow

Backlink Dofollow 

Baclink Dofollow adalah baclink yang aktif atau dapat di klik, dan pada saat di klik maka dengan otomatis akan mengarah ke blog yang dimaksud. Sama seperti contoh diatas dan itu adalah merupakan pengertian dan contoh Baclink Dofollow. 

Manfaat Baclink Dofollow

1. Menjadikan link yang dibuat cepat terindeks oleh robot mesin pencari, karena backlink jenis ini ikut dirayapai robot search engine ketika mereka mengcrawl isi situs tempat link tertanam. Sehingga efeknya akan lebih cepat terasa. Dan berfungsi untuk menurunkan rank alexa dengan cepat.

Backlink Nofollow

Backlink Nofollow  adalah kebalikan dari backlink Dofollow. Kalau dalam pengertian Dofollow tersebut di atas dapat diklik, maka berbeda dengan backlink Nofollow tidak bisa diklik dan sama saja dengan tulisan biasa.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perbedaannya pada contoh berikut ini :
1. Onmaibana.com merupakan Backlink Dofollow karena bisa di klik dan mengarah langsung ke blog saya.
2. Onmaibana.com merupakan Backlink Nofollow karena merupakan link tidak aktif sehinga tidak bisa di klik. 

Manfaat Backlink Nofollow

1. Nofollow backlink berfungsi sebagai penyeimbang, walaupun jenis backlink ini dampaknya tidak begitu besar terhadap popularitas blog tapi dengan adanya backlink ini blog lebih aman dari anggapan spam dari mbah google.
2. Walaupun tidak begitu berpengaruh dan proses indeksnya lebih lama dari dofollow, nofollow backlink juga berfungsi sebagai salah satu faktor penentu tinggi rendahnya pagerank dari alexa.

Kalau anda sudah mengetahui pengertian dan manfaat dari Backlink Dofollow dan Nofollow sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu pengertian dan perbedaan  Internal Link  dan Link Eksternal.

Langsung saja berikut ini pengertian dan perbedaan Internal Link  dan Link Eksternal :

Perbedaan Internal Link dan Eksternal Link

1. Internal link 

Merupakan link atau tautan aktif yang mengarah keartikel atau halaman lain akan tetapi masih dalam satu blog atau website yang sama. Contoh ketika kita membaca sebuah artikel pada sela – sela artikel kita mendapatkan hal seperti ini berikut ini 

Cara Cek SEO Blog Dengan Mudah dan Cepat tersebut adalah merupakan contoh Internal Link, internal link ini juga sebenarnya berpengaruh untuk SEO blog anda. Juga sangat berguna untuk menambah Page View  yaitu selalu membuat internal link yang berkaitan dengan isi artikel anda. karena bisa membuat pembaca betah dan bertahan lama ketika membaca artikel anda.

2. Eksternal Link 

Merupakan link atau tautan aktif dalam artikel anda yang pada saat di klik akan mengarah ke halaman dan website lain. Nah kalau anda membuat eksternal link maka akan menjadi sebuah Baclink untuk yang mempunyai blog yang anda jadikan tujuan Eksternal link tersebut. Ekternal link juga berpengaruh dalam sebuah SEO blog anda. karna banyak para ahli SEO mnganjurkan untuk membuat Eksternal link. suatu metode yang sangat penting dalam membantu suatu website mendapatkan rangking google.

Manfaat Backling Untuk Sebuah Blog

Dari Segi SEO Backlink jelas sangat bermanfaat dan terlihat efeknya. Backlink juga memiliki peranan besar dan mempunyai nilai mahal dalam SEO, sehingga tidak heran kalau blog-blog terkenal meminta bayaran ketika kita mau menanam Backlink di blog tersebut. Mbah Google juga menyebut salah satu Aspek penilaian atau indicator terhadap populernya Sebua artikel dan blog salah satunya adalah Backlink. Apa Lagi backlinknya berkualitas dan sesuai dengan yang dianjurkan dan direkomendasikan oleh google.
Berikut ini beberapa manfaat Backlink untuk blog

Meningkatan Pagerank (Rangking) Blog

Dengan membuat sebuah backlink bisa juga meningkatkan Page Rank blog anda. Kalau anda seorang blogger pasti menginginkan blog anda mempunyai Page Rank yang bagus, karena semakin bagus Rank nya maka situs atau blog anda juga akan semakin popular.

Untuk Memperkuat Posisi Blog 

Blog yang mempunyai backlink yang berkualitas dan tentunya juga dengan artikel atau konten yang bagus dan berkualitas juga. Hal tersebut sangat membantu untuk memperkokoh posisi artikel blog kita pada hasil pencarian. Dan sulit untuk di geser oleh blog-blog lain yang membahas tema atau niche yang sama dengan artikel kita. akan tetapi meskipun backlink sangat dibutuhkan untuk memperkokoh artikel di hasil pencarian, bukan berarti kita harus memiliki banyak backlink untuk menempati halaman pertama. Karena tidak sedikit artikel yang berada di halaman pertama yang hanya memiliki satu buah backlink atau bahkan tanpa backlink sama sekali.

Meningkatkan DA dan PA

Backlink yang berkualitas juga sangat  bermanfaat bagi blog, untuk menaikkan nilai PA dan DA. Hal tersebut sangat jelas,  Karena dengan semakin banyaknya backlink merupakan salah satu tolak ukur kalau blog tersebut dapat dipercaya. Atau dengan kata  lain semakin banyak orang merekomendasikan blog anda maka dengan otomatis blog anda semakin dipercaya oleh para pembaca. Dan satu hal yang pasti ketika seseorang merekomendasikan sebuah blog atau artikel  kalau blog tersebut adalah berkualitas dan dapat dipercaya. Dan hal tersebut juga tidak jauh beda dengan  robot mesin pencari, sehingga bisa meningkatkan DA dan PA blog anda.

Baca Juga :

Meningkatkan Pengunjung Blog

Backlink juga sangat membantu untuk mendatangkan visitor atau pengunjung keblog anda, sama seperti hal diatas semakin banyak orang atau blog yang menanam backlink yang mengarah ke artikel atau blog kita, maka semakin besar peluang blog kita bisa mendatangkan pembaca.  Dan lebih bagus lagi kalau blog yang menanam backlink yang mengarah ke blog kita blog yang sudah terkenal dan sudah banyak pengunjungnya sehingga bisa meningkatkan pengunjung blog kita yang bersumber dari backlink tersebut.

Demikian artikel tentang Pengertian Backlink dan Fungsinya Untuk Sebuah Blog ini semoga bermanfaat dan bagi anda yang sedang mencari informasi seputar Pengertian Backlink dan Fungsinya Untuk Sebuah Blog. dan kalau menurut anda artikel ini menurut anda bermanfaat silahkan di share ke teman - teman lainnya, agar artikel ini lebih banyak lagi memberikan manfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Backlink dan Fungsinya Untuk Sebuah Blog "