Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Yang Wajib Anda Coba

Onmaibana.comCara Meningkatkan Pengunjung Blog – Bagi setiap orang yang mempunyai blog pasti ingin blognya mempunyai pengunjung yang tinggi dan terus bertambah banyak setiap harinya. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua blog yang mempunyai pengunjung yang ramai, khususnya blog – blog yang masih baru dan masih belum dikenal oleh banyak orang.

Karena tidak bisa kita pungkiri memang kalau kita ingin mendapatkan penghasilan dari blog, kita harus punya blog yang pengunjungnya tinggi, semakin banyak pengunjung blog kita maka semakin banyak pula nantinya uang yang akan kita dapatkan. Akan tetapi untuk mendapatkan pengunjung blog yang tinggi tidak semudah membalikkan telapak tangan, kita perlu kerja keras dan juga konsistensi dalam membuat konten – konten original dan berkualitas.  agar blog kita berkembang dan dikenal banyak orang hingga mendatangkan pengunjung blog yang banyak.

Maka tidak heran kalau kita sering mendngarkan pertanyaan – pertanyaan blogger pemula seperti saya dan juga kawan – kawan lainnya. 

Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog..?

Untuk itu saya merasa penting untuk membahas topik tentang cara meningkatkan pengunjung blog ini, akan tetapi saya membuat artikel ini bukan berarti saya sudah jago dan sudah mempunyai pengunjung blog yang sudah tinggi karena saya juga masih pemula. Jadi tujuan saya untuk membuat artikel ini agar kita bisa sama – sama belajar dan bisa kita terapkan diblog kita.

Jadi langusung saja berikut ini beberapa cara yang bisa kita lukukan untuk meningkatkan pengunjung blog kita semakin ramai dalam setiap harinya.

1. Search Engine Optimization (SEO)
Sudah sama – sama kita ketahui kalau melakukan optimasi SEO adalah cara yang paling banyak dipelajari oleh para blogger untuk meningkatkan pengunjung blognya. Karena memang tidak bisa kita lepas dari yang namanya melakukan optimasi mesin pencari.

Karena mesin pencari adalah sumber traffick atau pengunjung blog yang paling besar dari semua orang yang menggunakan internet. Makanya orang berlomba – lomba belajar SEO agar artikelnya lebih mudah dikenal dan diindex oleh mesin pencari, sehingga artikel blog tersebut muncul dihalaman pertama mesin pencari seperti google,bing, yandex dan juga mesin pencari lainnya.

Akan tetapi untuk belajar SEO memang tidaklah mudah karena SEO selalu berubah – ubah setiap tahunnya. Sehingga dibutuhkan pemahaman,ketekunan serta kesabaran dan juga harus selalu update tentang perkembangan SEO dan tentunya tidak boleh menyerah.

Namun sebagai blogger pemula tidak terlalu paham dan mengerti apa itu SEO, setidaknya kita harus tahu dan paham teknik SEO dasar karena hal tersebut mungkin sudah cukup dan bisa membantu blog kita mendapatkan pengunjung blog yang dari mesin pencari.

Berikut ini beberapa SEO dasar yang perlu kita lakukan :
  • Melakukan Riset Kata Kunci
  • Membuat Artikel Yang Berkualitas dan di Sukai Oleh Mesin Pencari
  • Hindari Kesalahan – Kesalahan SEO
  • Gunakan Gambar
  • Optimasi Meta Deskripsi
  • Masukkan Kata Kunci Link URL
  • Buat Judul Yang Mengundang Klik
  • Pakailah Template 
  • Dan berbagai teknik SEO lainnya.
2. Buat Artikel yang Sedang Viral atau Hot
Klau blog anda membahas satu niche saja, kemudian ada berita atau kejadian yang sedang hot atau viral yang sesuai dengan pembahasan blog anda. maka hal tersebut bisa kita jadikan sebagai bahan untuk membuat artikel karena akan banyak orang yang akan mencari berita seputar kejadian tersebut. kemudian artikel yang kita buat tersebut kita share keberbagai media sosial, maka pembaca yang ingin mencari informasi tersebut akan berdatangan menuju blog anda.

Namun biasanya kalau ada berita yang sedang hot maka akan bermunculan juga ribuan artikel bahkan jutaan dari berbagai macam website maupun blog, sehingga akan sulit untuk kita memenangkan persaingan di halaman mesin pencari. Maka sebagai solusi dan cara mengatasinya adalah jangan membuat berita lagi, akan tetapi buatlah analisa atau pendapat anda tentan berita tersebut atau bisa juga kita membuat sebuah artikel yang menjelaskan apa penyebab atau fenomena yang terjadi terhadap kejadian tersebut.

3. Buatlah konten kumpulan beberapa blog
Cara meningkatkan pengunjung blog lainnya adalah membuat beberapa konten yang isinya terdiri dari beberapa blog, karena hai ini nantinya berpotensi akan mendatangkan pengunjung keblog kita. bagaimana contoh artikel yang didalamnya berisi beberapa blog, silahkan lihat beberapa judul artikel dibawah ini :
  • 10 tempat belajar blog untuk blogger pemula
  • 10 blog kesehatan terbaik di Indonesia
  • 10 Blogger Sukses Di Indonesia
  • 10 Blog pendidikan Terbaik di Indonesia
  • 10 blog dengan penghasilan tertinggi di Indonesia
Kenapa artikel tersebut bisa mendatangkan traffick yang banyak ke blog kita, karena besar kemungkinan orang – orang yang anda buat blognya dalam artikel tersebut akan ikut mempromosikan artikel anda. nah bayangkan saja kalau artikel anda di share oleh seorang blogger yang sudah terkenal dan mempunyai banyak follower bisa anda bayangkan seberapa banyak visitor yang akan datang menuju blog anda. dan kalau memungkinkan bagikan juga link artikel tersebut kepada para pemilik blog biar mereka tau kalau blog mereka ada didalam artikel yang anda buat.

4. Buat judul Artikel Semenarik Mungkin
Kenapa kita harus membuat judul artikel yang menarik, karena judul artikel ini yang akan muncul ketika kita sharen dan juga posting sebuah artikel. Tidak hanya itu hal pertama yang akan dibaca oleh para pengunjung blog kita adalah judul, ketika mereka membaca judul yang menarik maka mereka penasaran dan ingin membaca lebih lanjut artikel tersebut. jadi apakah seseorang akan melakukan klik atau ingin membaca artikel kita tergantung judulnya.

Oleh karena itu ketika kita ingin membuat judul sebuah artikel kita harus membuat judul semenarik mungkin dan dibuat spesifik dan menjelaskan manfaat apa yang akan didapatkan untuk sipembaca.

5. Promosi melalui Media Sosial 
Media soaial juga sangat berpotensi untuk mendatangkan banyak pengunjung karena banyak sekali orang – orang yang menggunakan media sosial dan selalu aktif setiap harinya. Nah peluang ini harus kita manfaatkan dengan sebaik mungkin sebagai media promosi artikel atau blog kita, sehingga bisa mendatangkan traffick yang cukup besar ke blog kita.

Namun promosi di media sosial ini kita juga tidak bisa asal promosi dan menyebar link kemana – mana, akan tetapi perlu juga beberapa tips dan cara promosi yang baik dan benar untuk kita lakukan seperti beberapa hal berikut ini :

Fokuskan Promosi pada salah satu media sosial
Silahkan tentukan pilihan media sosial apa yang ingin kita gunakan untuk media promosi artikel atau blog kita. kemudian aktiflah dalam menggunakan media sosial tersebut, misalkan kita memilih Facebook sebagai media promosi, maka sering – seringlah buat status, like status orang dan berkomentar dengan orang lain di facebook.

Buat akun atau halaman fanspage dengan blog kita
Setelah kita aktif di Facebook kemudian kita bisa membuat grup atau halaman dengan nama yang sesuai dengan niche atau pembahasan blog kita. missal blog kita membahas resep masakan, maka buatlah nama grup atau halaman anda dengan tema masakan juga. agar nantinya orang – orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan masak  memasak akan melihat dan menemukan halaman kita.

Cari Pembaca Yang Mempunyai minat dengan Pembahasan blog kita
Setelah membuat grup atau halaman tentunya harus ada juga anggota dan pengikutnya, maka cari dan undanglah teman sebanyak – banyaknya untuk bergabung ke halaman atau grup kita. dan kalau bisa kita mencari orang – orang yang suka dan tertarik dengan apa yang kita bahas. Misal tadi kita buat halaman dengan tema masak maka undang dan carilah ibu – ibu atau perempuan karena merekalah nantinya yang suka dan tertarik untuk membaca tulisan anda.

Jalin kedekatan dengan anggota, baru lakukan promosi 
Nah setelah anggota atau pengikut sudah ada kita tinggal menjalin kedekatan dengan para pembaca dengan share dan bagikan info maupun tips – tips memasak di grup. Kemudian kalau ada yang komentar silahkan dibalas, kalau ada yang bertanya dan minta pendapat silahkan kita jawab dengan sebisa kita. intinya kita bangun dulu kedekatan kita dengan para calon pembaca kita. setelah merasa sudah mantap silahkan melakukan promosi dengan memasukkan link artikel blog ke grup dan kalau ada yang minta pembahasan tertentu buatlah artikel tentang apa yang mereka butuhkan kemudian share digrup.

Baca Juga : 
6. Bergabung dengan forum dan situs tanya jawab
Kita juga bisa memanfaatka forum – forum dan juga situs tanya jawab untuk mendatangkan pengunjung menuju blog kita, meskipun sebenarnya kita tidak bisa sembarang menyebar link blog. maka carilah forum – forum yang sesuai dengan pembahasan blog anda, kemudian aktiflah di dalamnya untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan dari anggota forum dan kalau memungkinkan ada jawabannya yang sesuai dengan artikel anda maka bisa anda share link artikel tersebut.

Sama halnya dengan forum, situs tanya jawab juga bisa kita gunakan untuk mendatangkan trafick karena di beberapa situs tanya jawab juga banyak orang yang mencari solusi dan jawaban atas pertanyaannya. Terlebih untuk anda yang mempunyai blog tutorial dan umum mungkin akan sangat bagus memanfaatkan situs tanya jawab seperti Quora,Yahoo Answer dan juga Answer.com dll.

7. Sering berkomunikasi dengan blogger-blogger lain
Kenapa kita harus sering berkomunikasi dengan blogger – blogger lain, ya disamping kita bisa bertukar pikiran kita juga bisa mendatangkan pengunjung yang banyak menuju blog kita.

Lah kok bisa bagaimana caranya…??

Misalkan kita membuat konten atau artikel yang berkaitan dengan blogger tersebut sehingga dia menyukainya dan artikel tersebut dia share ke akun media sosialnya katakana saja dengan follower sekitar 5 atau 10 ribu follower, bisa dibayangkan berapa visitor nantinya yang akan datang dari satu artikel tersebut.

Jadi mulai sekarang mulailh menjali hubungan baik dengan para blogger – blogger yang tentunya bisa kamu ajak bekerja sama atau paling tidak satu niche dengan blog anda.

Kamu bisa follow akun media sosialnya, menaruh link menuju blognya dan juga, namun kita juga perlu hati – hati dalam mencari blogger partner ini. karena terkadang kalau kita terlalu aktif kita dianggap ada maunya dan juga ingin memanfaatkannya, sehingga kita tidak mendapat respon dan juga hasil sama sekali.

8. Submit artikel di berbagai situs social bookmarking
Kita juga bisa memanfaatkan situs – situs social bookmarking untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita yaitu dengan cara membuat artikel kemudian kita submit ke berbagai situs social bookmarking tersebut. karena tidak sedikit orang yang hanya mengandalkan situs social bookmarking ini mereka mendapatkan ribuan pengunjung setiap harinya. 

Nah selain mendatangkan pengunjung, kita juga bisa mendapatkan backlink gratis dari situs social bookmarking ini yaitu dengan cara menyisipkan link menuju artikel blog kita pada artikel yang kita submit ke situs social bookmarking tersebut.

9. Menulis di blog orang lain (Guest Post)
Sekarang cara ini sudah banyak dilakukan oleh para blogger, karena memang cara ini cukup efektik untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. apalagi kalau kita menulis artikel di blog – blog yang sudah mempunyai puluhan ribu pengunjung setiap harinya. Namun biasanya kalau untuk blog dengan pengunjung yang sudah tinggi kita harus mengeluarkan sedikit rupiah untuk hal tersebut.

Nah dengan kita menulis di blog orang lain kita bisa menyisipkan link menuju blog kita sehingga para pembaca blog tersebut secara tidak sengaja akan masuk ke blog kita dan membaca beberapa artikel diblog kita. selain untuk mendatangkan pengunjung cara ini juga bisa menjadi backlink untuk blog kta.

10. Promosi Dunia Nyata
Kita bisa mendatangkan pengunjung ke blog dengan menggunakan promosi di dunia nyata, yaitu dengan cara memberitahukan kepada teman – teman keluarga maupun teman kerja. atau kita juga bisa membuat acsesoris seperti gantungan kunci,stiker, baju, topi, yang semuanya sudah terdapat tulisan nama blog kita. kemudian kita bagikan – bagikan kepada orang lain atau juga blogger lain. Sehingga ketika mereka memakai barang – barang tersebut semakin banyak orang yang melihat nama blog anda. orang – orang akan penasaran blog anda seperti apa, maka mereka akan mencarinya di internet yang otomatis mendatangkan traffick ke blog anda. 

Nah itulah 10 cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa ktia terapkan di blog kita, meskipun belum bisa menerapkan semua setidaknya kita bisa menerapkan beberapa hal terlebih dahulu. Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog kita, namun beberapa hal tersebut diatas pun bisa kita lakukan saya rasa sudah bisa mendatangkan banyak traffick menuju blog kita. 

Saya sendiri juga masih dalam tahapan menerapkan beberapa cara tersebut, mudah – mudahan sudah mulai kelihatan hasilnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.


Posting Komentar untuk "10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Yang Wajib Anda Coba"