Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Template Yang Baik Untuk Sebuah Blog

Onmaibana.com - Cara Memilih Template Yang Baik Untuk Sebuah Blog, Dalam memilih template sebuah blog kita perlu memperhatikan banyak hal. Mulai dari tampilan, kecepatan, SEO dan lain sebagainya. karena template merupakan satu hal yang sangat penting dalam menjalankan dan menampilkan isi dari blog tersebut.

Template juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading sebuah blog ketika kita mengakses sebuah blog. Oleh karena itu gunakanlah template yang simple dan ringan, agar visitor ataupun pengunjung blog kita merasa betah untuk berlama – lama membaca artikel di blog kita.

Selain untuk kecepatan blog, template juga sangat berpengaruh terhadap yang namanya SEO dan sangat membantu artikel kita agar masuk ke halaman pertama google. Oleh sebab itu, bagi anda yang mempunyai sedikit modal untuk membeli template premium, medingan beli template premium saja. 

Karena dengan membeli template premium kita sudah mendapatkan template yang sudah benar – benar dikerjakan oleh para mastah blogger dan tentunya sudah SEO dan bisa membantu perkembangan blog kita.

Nah ketika ingin membeli sebuah template mungkin beberapa dari kita ini masih ada bingung, makanya perlu kita perhatikan beberapa hal agar template tersebut bisa mendongkrak performa sebuah blog baik dari segi kecepatan loading maupun dalam hal mendatangkan visitor.

Jadi bagaimana cara memilih template yang baik untuk sebuah blog.??

Langsung saja, berikut ini akan kita bahas bagaimana cara memilih template yang baik dan benar untuk sebuah blog :

Cara Memilih Template Yang Baik Untuk Sebuah Blog

1. Responsive

Responsive disini adalah template yang kita pilih harus bisa menyesuaikan tampilannya secara otomatis dengan ukuran dan jenis perangkat yang kita gunakan pada saat membuka situs atau blog kita. Misalkan ketika kita buka blog tersebut di computer atau PC ukuran yang tadinya kita buka di Handphone dengan otomatis menyesuaikan dengan tampilan layar monitor computer atau PC tersebut. begitu juga sebaliknya dan berbagai perangkat lainnya.

Untuk lebih jelasnya mungkin gambar berikut ini bisa membantu anda :

Cara Memilih Template Blog

Kemudian bagaimana caranya saya mengetahuhi apakah template tersebut responsive atau tidak.? 

Jangan khawatir untuk mengetahui hal tersebut kita bisa langsung cek apakah template tersebut sudah mempunyai tampilan yang responsive atau belum yaitu pada situs Am I Responsive atau bisa juga di Troy Labs Daum

2. Template Harus Mempunyai Tampilan Rapi dan User Friendly

Template yang kita pilih harus template yang mempunyai tampilan yang simple dan sederhana, minimalis dan User Friendly. sehingga template tersebut terlihat rapi dan enak di pandang mata, hal tersebut bisa membuat pengunjung blog merasa nyaman dan betah berlama – lama untuk membaca halaman perhalaman isi blog kita.

3. Navigasi dan Struktur Blog Harus Jelas

Blog yang mempunyai tampilan simple dan sederhana saja belum cukup, template blog tersebut juga harus mempunyai navigasi yang jelas sehingga pengunjung mudah melihat dan memahami apa isi dari blog kita. selain itu template tersebut juga harus memiliki struktur data yang bagus dan lengkap serta tidak ada kesalahan atau error. Untuk mengetahui struktur template silahkan langsung uji struk data blog anda di Uji Data Struktur Tool

4. Mobile Friendly

Berikut ini merupakan hal yang sangat berpengaruh karena saat ini para pengunjung situs lebih banyak yang menggunakan Mobile atau Smartphone dibandingkan dengan perangkat komputer maupun PC. Oleh karena itu template yang akan kita gunakan harus mobile Friendly agar artikel dan blog kita bisa bersaing di baranda google. 

5. Fast Loading

Seperti yang sudah kita bahas di atas, kalau template cukup berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Ya walaupun banyak hal sebenarnya yang mempengaruhi kecepatan sebuah blog. Akan tetapi dengan mengoptimalkan kecepatan sebuah template maka bisa membantu kecepatan loading sebuah blog. Loading sebuah blog yang lambat akan berdampak buruk bagi perkembangan blog anda, karena para pengunjung tidak akan pernah mau menunggu loading blog yang lambat sampai selesai. 

Disamping itu template yang loadingnya lambat juga akan sangat berdampak terhadap SEO blog anda, Setidaknya kecepatan loading blog anda harus mencapai nilai 80 sampai dengan 100. Kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog anda sendiri, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk dimata SEO. Jadi pilihlah template yang loadingnya cepat. Dan bagi anda yang ingin mengecek kecepatan loading blognya silahkan di test langsung di Pagespeed Insights

6. Seo Template

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih template adalah, Kita harus memperhatikan yang namanya SEO. Template yang mempunyai SEO tinggi akan membantu perkembangan blog anda dalam hal mendatangkan visitor. Adapun template yang dinilai bagus harus mempunyai hasil skor SEO 80 - 100%. Silahkan cek skor SEO anda disini.

Penutup

Setelah anda mengetahui bagaimana cara memilih template yang baik untuk sebuag blog, tinggal anda mencari dan membeli template yang sesuai dengan selera anda. dan kalau anda sudah mendapatkan dan menggunakan satu template. Maka pertahankanlah untuk terus menggunakan template tersebut.Karena dengan menggonta – ganti template maka akan berdampak buruk untuk perkembangan blog anda. dan bisa jadi pengunjuk anda akan menurun drastis dan juga akan mempengaruhi kepercayaan google terhadap blog anda.

Intinya kalau menurut saya carilah template yang menggunkan beberapa kategori diatas dan carilah template yang benar – benar bisa membuat para pengunjung blog anda merasa nyaman sehingga betah untuk membaca halama perhalaman artikel di blog anda.

Demikanlah artikel tentang cara memilih template yang baik untuk sebuah blog ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu buat anda yang masih bingung dalam menentukan template blog anda, atau buat anda yang masih sering gonta – ganti template. Mulai sekarang tentukan pilihanmu jadikan satu untuk template blogmu. Kalau menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan di share dan di bagikan ke teman – teman yang lainnya. Agar artikel ini banyak memberikan manfaat terhadap orang banyak.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Template Yang Baik Untuk Sebuah Blog"