Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Penyebab Blog Sepi Pengunjung
Onmaibana.comPenyebab Blog Sepi Pengunjung  – Setiap seorang blogger pasti sangat mendambakan blognya mempunyai pengunjung yang banyak dan terus bertambah setiap harinya. Namun untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah, kita perlu kerja keras, keinginan yang kuat dan juga harus konsisten dalam membuat artikel – artikel berkualitas.

Sehingga tidak heran kalau para blogger, khususnya para blogger pemula sering mempertanyakan kenapa blognya sepi pengunjung. Namun sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang lumrah dan biasa terjadi, apalagi blog anda masih baru tentu belum banyak orang yang tau sehingga pengunjungnya masih sedikit.

Oleh karena itu kita sangat perlu untuk mengetahui hal – hal apa saja yang menjadi penyebab blog kita sepi pengunjung. Langsung saja berikut ini beberapa penyebab blog kita sepi pengunjung :

1. Blog Anda Masih Baru
Penyebab pertama kenapa pengunjung blog anda sepi adalah karena blog anda masih baru, jadi kalau blog anda masih baru dan pengunjungnya masih sepi anda tidak perlu khawatir karena seiring dengan berjalannya waktu dan juga artikel di blog anda semakin banyak, maka pengunjungpun akan mulai berdatangan . oleh karena itu tetaplah konsisten dalam membuat artikel yang berkualitas dan mulailah belajar SEO dan terapkan diblog anda. 

2. Jumlah Artikel Masih Sedikit
Penyebab berikut ini berkaitan erat dengan penyebab pertama, karena kalau blog anda masih baru pasti artikelnya juga masih sedikit. Makanya jangan heran kalau blognya sepi dari pengunjung, karena kalau artikel masih sedikit maka peluang untuk mendapatkan pengunjung yang banyak masih kecil. Jadi jangan terlalu banyak berharap dulu akan kedatangan pengunjung yang banyak.

Jadi tetaplah konsisten dalam membuat artikel – artikel yang berkualitas,kalau bisa menulislah setiap hari agar artikel di blog anda semakin banyak maka akan mempengaruhi performa blog anda. sehingga peluang untuk mendapatkan pengunjung blog yang banyak juga akan semakin terbuka.

3. Konten Blog Tidak Berkualitas
Perlu kita ketahui mempunyai artikel yang banyak pun tidak akan menjamin akan mendatangkan banyak pengunjung, kalau artikel yang kita buat merupakan artikel asal – asalan. Karena dengan membuat artikel asal - asalan dan tidak jelas maka siapa yang akan membaca artikel yang kita buat.

Sebaliknya jika anda membuat artikel yang original dan berkualitas serta memberikan manfaat bagi orang banyak, maka pengunjung pun akan berdatangan menuju blog anda dan kalau mereka merasa cocok dan bermanfaat maka tidak menutup kemungkinan mereka membagikan artikel tersebut.

4. Blog dan Artikel Belum Terindex
Penyebab pengunjung blog sepi berikutnya adalah karena blog dan juga artikel kita belum terindex oleh google sepenuhnya, terindeks disini maksudnya adalah kalau artikel kita sudah masuk ke basis mensin pencari. Jadi hal tersebut bisa menjadi penyebab blog kita sepi pengunjung, karena kalau blog atau artikel kita belum di index oleh mesin pencari maka blog atau artikel tersebut akan sulit ditemukan oleh para pembaca anda.

Sebenarnya blog dan beberapa artikel yang ada di blog kita akan terindex secara otomatis seirinng berjalannya waktu. Namun kita bisa mengusahakan agar artikel kita lebih cepat untuk di indeks oleh mesin pencari, dengan cara submit peta situs,url blog dan juga url artikel kita ke webmaster tool. Baca disini Cara Submit Artikel Ke Google atau Webmaster tools.

Untuk memastikan blog atau artikel anda sudah terindeks oleh google maka anda bisa melakukan pencarian dengan cara berikut ini :

Site :Url atau nama blog anda  kemudian tekan Enter contoh Site:www.onmaibana.com

Site: Url artikel Anda  kemudian tekan Enter  contoh site:https://www.onmaibana.com/2020/04/situs-penyedia-gambar-gratis.html

Nah kalau blog atau artikel anda sudah terindeks oleh google, maka akan keluar di hasil pencarian google.

5. Artikel Kurang Diminati
Mungkin banyak juga diantara kita yang bertanya – tanya artikel blognya sudah lumayan banyak akan tetapi pengunjungnya masih sepi juga. Hal tersebut mungkin karena artikel – artikel yang dibuat tersebut kurang diminati oleh para pembaca. Sehingga hanya sedikit orang yang mencari artikel – artikel tersebut di mesin pencari atau bahkan tidak ada. Nah kalau orang – orang sudah tidak tertarik dengan artikel kita bagaimana pengunjung mau datang ke blog kita.

Oleh karena itu ketika kita ingin membuat artikel, sangat dianjurkan untuk melakukan riset kata kunci apakah pembahasan yang akan kita buat tersebut banyak orang mencarinya. Agar artikel yang kita buat tidak sia – sia dan tidak ada orang yang membacanya.

6. Loading Blog Terlalu Berat
Salah satu penyebab blog anda sepi pengunjung adalah karena blog anda mempunyai loading yang sangat lambat, hal tersebut mungkin karena anda terlalu banyak menggunkan widget – widget yang tidak terlalu bermanfaat atau bisa juga mungkin template yang anda gunakan terdapat kesalahan, terlalu banyak gambar dan juga video berukuran besar.

Nah karena loading yang lambat tersebut para pengunjung enggan dan tidak mau berkunjung dan membaca artikel yang ada di blog anda. karena para pengunjung biasanya hanya akan menunggu loading sebuah halaman hanya sekitar 3-5 detik saja. Jika sebuah halaman mempunyai loading lebih dari 3-5 detik maka pengunjung akan beralih mencari situs lain.

Oleh karena itu gunakanlah template yang mempunyai loading cepat, dan hapus widget yang tidak diperlukan dan kurangi menggunakan gambar atau video pada artikel anda. kalaupun terpaksa harus menggunakan gambar banyak seperti artikel tutorial maka cara mengatasinya adalah kurangi ukuran gambar sebelum kita upload ke dalam artikel. Baca disini Cara Memilih Template Yang Baik Untuk Sebuah Blog.

7. Tidak Mempunyai Cukup Backlink
Nah backlink yang masih sedikit juga cukup mempengaruhi terhadap pengunjung anda, karena semakin banyak backlink yang anda dapatkan menuju blog anda maka akan mempengaruhi blog anda dimata mesin pencari seperti google, bing, yandex dan yang lainnya. sehingga akan mempermudah artikel anda untuk tampil di halaman pertama google.

Maka tidak heran kalau para blogger berlomba – lomba untuk mencari dan mendapatkan backlink menuju blognya, bahkan ada yang mau sampai mengeluarkan uang untuk membeli sebuah backlink. Namun perlu kita perhatikan backlink yang bagus untuk perkembangan sebuah blog adalah harus backlink yang berkualitas, tidak boleh asal sembarang backlink. Baca Disini Pengertian Backlink dan Fungsinya Untuk Sebuag Blog

8. Kurang Promosi
Jika semua hal yang diatas sudah anda terapkan dalam blog anda, namun masih sepi juga pengunjungnya mungkin anda kurang mempromosikan blog anda. karena sebagus apa pun kualitas blog ataupun artikelnya kalau kita tidak melakukan promosi pasti akan sulit untuk mendapatkan pengunjung yang banyak datang ke blog kita. 

Sebenarnya bisa saja akan mendatangkan traffick akan tetapi akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Jadi kita bisa mengupayakannya dengan melakukan promosi misalkan, kita aktif di forum, grup – grup dari berbagai media sosial yang sesuai dengan pembahasan blog kita. kemudian sesekali kita membagikan link artikel blog kita kedalam grup atau forum tersebut. tapi kita tidak boleh asal sembarang sebar link karena semua grup maupun forum pasti ada peraturannya.

Baca Juga :
Nah itulah beberapa penyebab yang menyebabkan pengunjung blog ada masih sepi, silahkan di dibaca dan disimak kembali kira – kira blog kita ada gak yang mempunyai beberapa penyebab diatas. Kalau memang sudah aman dan terhindar dari beberpa hal tersebut berarti anda tinggal bersabar dan tetap konsisten untuk selalu update artikel di blog anda, maka seiring dengan berjalannya waktu pengunjung blog anda pun akan di banjiri oleh pengunjung yang banyak dalam setiap harinya.


Posting Komentar untuk "8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung "