Adsense

4 Perkara Cara Memilih Pasangan Dalam Islam | Nomor Satu Paling Penting

4 Perkara Cara Memilih Pasangan Dalam Islam | Nomor Satu Paling Penting
Onmaibana.com- Setiap seorang insan yang hidup di dunia sangat mendambakan dan menginginkan yang namanya pasangan hidup yang baik dan sesuai dengan ajaran agama islam. Pasangan yang bisa membuat kita bahagia dan menerima kita apa adanya.

Akan tetapi dalam memilih pasangan hidup setiap orang mempunyai kriteria dan penilaian masing – masing serta berbagai pertimbangan dalam menentukan pasangan hidupnya. Karena memilih seorang pasangan merupakan urusan perasaan dan kenyamanan serta juga bisa menentukan baik atau tidaknya keluarganya di masa depan.

Oleh karena itu di dalam ajaran agama islam sudah diatur beberapa perkara dan kriteria dalam memilih pasangan hidup. Hal tersebut bisa kita lihat dari bunyi hadits nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

“Rasulullah SAW bersabda : Wanita dinikahi karena empat perkara pertama karena hartanya, kedua karena nasabnya, ketiga karena kecantikannya, dan keempat karena agamanya. pilihlah wanita yang memiliki agama, maka kalian akan beruntung” (HR. Bukhori)

Dari hadits diatas sudah jelas kriteria seperti apa yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW dalam meilih pasangan hidup. Untuk mencapai keluarga yang bahagia sakinah mawadda warohma. Walaupun banyak orang bilang kalau yang namanya rezeki,kematian dan jodoh merupakan rahasia atau sudah ditakdirkan oleh Allah SWT.

Kita sebagai makhluk tuhan sangat dianjurkan untuk berusaha dan berikhtiar serta jangan lupa berdoa, untuk mencari  dan mendapatkan pasangan hidup sesuai dengan anjuran nabi Muhammad SAW diatas.

Namun sangat disayangkan, dizaman sekarang sudah banyak orang kaum muslimin yang mengabaikan dan tidak memperdulikan anjuran ini. sehingga mereka terjerumus ke jalan yang salah seperti berpacaran dan menikah tanpa memikirkan bagaimana keadaan agama maupun nasabnya.

Sebahagia  lagi mereka menikah hanya mementingkan pisik dan paras yang cantik dan rupawan, tanpa memikirkan bagaimana agama dan prilakunya. Dan ada juga yang menikah hanya karena harta dan kekayaannya saja, apalagi di zaman sekarang mereka mau menikahi atau di nikahi hanya karena ingin menguasai harta pasangannnya saja.


Nah oleh karena itu perlu kita perhatikan beberapa kriteria pasangan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW berikut ini :

1. Carilah Pasangan Hidup Yang Baik Agamanya
Dalam memilih pasangan hidup sudah semestinya agama yang dijadikan sebagai kriteria utama. Karena sesuai dengan anjuran nabi maka pilihlah yang baik agamanya niscaya kalian beruntung. Baik agamanya dalam artian Wanita yang memiliki ilmu pengetahuan agama, sifat adil dan bisa menjaga diri dari segala hal yang di haramkan, serta semangat dalam ketaatan dan amal saleh. Hal tersebut sesuai dengan yang ditafsirkan oleh imam Syafii.

Kalau dalam memilih pasangan kita merasa sulit untuk mendapatkan empat criteria yang dianjurkan oleh nabi setidaknya kita bisa mendapatkan satu yaitu wanita atau pria yang baik agamanya.

2. Carilah Pasangan Hidup Yang Baik Nasabnya 
Dalam memilih pasangan carilah pasangan yang mempunyai nasab atau keturunan yang baik, seperti keturunan – keturunan para kiai, ulama ustad dan yang terpenting jelas silsilah keturunan keluarganya. Karena keluarganya baik, berakhlak dan berilmu pengetahuan. Maka sudah bisa dipastikan anak – anak dan keturunannya juga merupakan orang – orang yang baik dan berilmu pengetahuan.

3. Carilah Pasangan Yang Cantik dan Tampan Yang Enak Dipandang
Satu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipungkiri kalau faktor fisik merupakan kriteria untuk memilih pasangan hidup. Oleh karena itu carilah pasangan hidup yang memiliki paras cantik atau tampan yang bisa menenangkan hati. Setidaknya agar anda tidak tertarik untuk melihat dan melirik pasangan orang lain.

Hal tersebut sesuai juga pada saat proses ta’aruf keduanya harus saling bertemu dan melihat katika mau dilamar. Agar si laki – laki maupun perempuan bisa mempertimbangkan pasangan yang akan melamarnya dan kelak akan menjadi pasangan hidupnya.

4. Carilah Pasangan Hidup Yang Setara Hartanya
Pada saat memilih pasangan juga dianjurkan untuk memilih pasangan karena hartanya. Carilah pasangan yang memiliki status sosialnya setara akan tetapi jikalaupun melebihi tidak dianjurkan terlalu jauh berbeda. Karena hal tersebut nantinya bisa menjadi sebab akibat pernikahan tidak bertahan lama. Karena perbedaan status sosial tersebut bisa tidak saling menghargai antara keluarga pria dengan keluarga wanita.



Nah itulah beberapa perkara penting dalam memilih pasangan hidup menurut ajaran agama islam. Disamping empat perkara tersebut diatas bagi anda yang ingin mencari pasangan juga perlu mempertimbangkan beberapa kriteria berikut ini :

1. Carilah Pasangan Yang Sehat Jasmani Dan Rohani
Sangat penting ketika kita memilih pasangan untuk memperhatikan kesehatan jasmani dan rohaninya, karena kita mau membangun sebuah rumah tangga yang tentunya sangat berpengaruh juga untuk kelanggengan rumah tangga itu sendiri. Termasuk urusan nafkah bagi pasangan pria dan satu hal yang tidak kalah penting ialah mengenai keturunan. Karena salah satu tujuan pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan, oleh karen itu carilah pasangan yang sehat jasmani dan rohani.

2. Jangan Menikahi Pasangan Dari Kerabat Dekat
Jika ingin mencari pasangan carilah pasangan dari kerabat jauh karena hal tersebut disunnahkan. Karena salah satu tujuan pernikahan adalah untuk mempererat hubungan kekeluargaan. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri ketika kita menikahi kerabat dekat cenderung kurang tertarik dan bisa mengurangi syahwat yang akan berpengaruh pada keturunan.

3. Carilah Pasangan Yang Mudah Maharnya
Dalam memilih pasangan hidup, khususnya bagi pria carilah wanita yang mudah maharnya. Mudah di khitbah dan dinafkahi. Karena hal tersebut di sunnahkan dalam pendapat hanapiyyah, syafi’iyah dan Hanabilah. Karena di zaman sekarang banyak orang yang berlomba – lomba meninggikan mahar sehingga.

4. Jangan Menikahi Perempuan Yang Bermasalah Dengan Hukum Fikih
Dalam memilih pasangan tidak di anjurkan menikahi seorang perempuan yang masih bermasalah dengan hukum fikih, seperti seorang perempuan yang di talak namun masi memiliki rasa terhadap mantan suaminya dan jangan menikahi perempuan yang memiliki hubungan sepersusuan. Akan tetapi kalau di zaman sekarang yang terakhir ini sudah jarang kita temukan.

Itulah beberapa perkara dan kriteria dalam memilih pasangan menurut ajaran agama islam, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang lagi sibuk cari pasangan hidup. kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di share, agar artikel ini semakin banyak memberikan manfaat bagi banyak orang.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Perkara Cara Memilih Pasangan Dalam Islam | Nomor Satu Paling Penting"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel