Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Lama

12 Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Lama
Onmaibana.com - Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Lama - Smartphone pada saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang, mulai dari anak – anak, dewasa sampai orang tua. Begitu besarnya akan kebutuhan smartphone ini bisa kita lihat dalam setiap aktivitas orang – orang selalu mencari yang namanya smartphhone, mulai dari urusan pribadi maupun pekerjaan atau hanya sekedar mau mencari hiburan yang di cari adalah smartphone.

Sampai – sampai ketika mau tidur pun smartphone harus berada di sebelah kita. Begitu juga pada saat bangun tidur yang dicari pertama kali adalah smartphone. Tidak bisa kita kira, berapa kali kita mengecek smartphone kita dalam setiap harinya. 

Hal tersebut bisa kita lihat dari hasil Riset Internal dari Lazada yang melibatkan sekitar 2.000 responden, mereka mengungkapkan bahwa 50 persen dari pengguna smartphone mengecek smartphone miliknya 100 hingga 200 kali dalam setiap harinya. Atau bisa diblilang orang – orang selalu mengecek smartphonenya setiap 5 sampai 10 menit sekali.

Harga smartphone juga sangat bervariasi, mulai dari yang murah sampai dengan harga yang paling mahal. Karena harga yang bervariasi tersebutlah seluruh lapisan masyarakat bisa menjangkau dan membeli smartphone. Dan biasanya bagi masyarakat yang ekonomi menengah kebawah akan mencari smartphone yang lebih murah. Begitu juga sebaliknya mereka yang mempunyai ekonomi menengah ke atas akan mencari smartphone yang berkualitas tinggi dan bermerk seperti OPPO,Samsung, LG, Asus dan lain sebagainya.

Namun tahu kah anda, dibalik semua kemudahan yang kita dapatkan dari smartphone, juga bisa menimbulkan berbagai bahaya untuk kesehatan kita. apabila kita terlalu lama dalam menggunakan smartphone. Hal tersebut disebabkan oleh radiasi dari smartphone tersebut.

Nah berikut ini beberapa bahaya kesehatan bagi anak – anak maupun orang dewasa, akibat terlalu sering manggunakan smartphone.

Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Lama

1. Akan Menimbulkan Berbagai Penyakit Mata

Terlalu lama melihat layar smartphone akan mengakibatkan berbagai penyakit mata, seperti penglihatan terganggu yang di akibatkan mata kering karena jarang berkedip. Juga bisa mengakibatkan pandangan kabur yang diakibatkan terlalu lama memandangi layar smartphone sehingga membuat otot mata menjadi tegang dan mengakibatkan pengelihatan menjadi kabur. Satu hal yang juga kemungkinan terjadi adalah menimbulkan katarak akibat terlalu lama dan terus menerus berhadapan dengan suhu panas radiasi dari smartphone. Yang memicu terjadinya pemadatan kabut secara perlahan yang lama  kelamaan menghalangi kornea mata dan akan membentuk katarak.

2. Kerusakan Pada Otak

Salah satu bahaya akibat terlalu lama menggunakan smartphone yang sudah banyak terbukti adalah kerusakan otak. Hal tersebut sudah banyak kita temukan di internet maupun media sosial seperti facebook, twitter dll. Kerusakan otak merupakan bahaya dari radiasi dari smartphone yang diderita oleh seluruh pengguna smartphone. Akan tetapi hal tersebut bisa kita atasi dengan membatasi dan mengurangi menggunakan smartphone. Gelombang elektro maknetik yang ada pada smartphone bisa menmbus ruang hampa dan jaringan otak manusia. Yang jika dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Selain itu juga bisa menimbulkan tumor otak dan penyakit insomnia yang di akibatkan oleh radiasi smartphone tersebut.

3. Sering Sakit Kepala

12 Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Lama
Apabila anda terlalu sering dan terlalu lama menggunakan smartphone anda akan sering merasakan sakit kepala dan merasa apa yang ada di sekeliling  seperti nerputar – putar. Hal tersebut juga bisa di sebabkan oleh smartphone yang terlalu dekat dengan kepala serta posisi leher yang salah dan energy negative  akan terkumpul dan mudah masuk ke otak sehingga bisa menyebabkan muntah – muntah.

4. Kekurangan Tidur

Kebiasaan menggunakan smartphone dalam waktu lama apalagi pada malam hari maka akan otomatis akan mengurangi waktu tidur anda. keasyikan bermain game, browsing, chatting hingga larut malam. Oleh karena itu gunakanlah smartphone secukupnya dan matikan smartphone anda pada saat mau tidur agar tidur anda tidak terganggu oleh notificasi smartphone anda.

5. Mengurangi Aktivitas dan Membuang Banyak Waktu Luang

Dengan anda berlama – lama menggunakan smartphone hingga berjam – jam. Hanya untuk bermain game, chattingan dll. Maka secara tidak langsung anda sudah membuang waktu luang anda tanpa mengerjakan aktivitas – aktivitas positif lainnya. 

6. Mengakibatkan Gangguan Pendengaran

Bahaya kesehatan ini akan berdampak bagi anda yang suka menggunakan smartphone dalam waktu lama dengan menggunakan earphone misalkan pada saat bermain game, atau memutar music maupun video dengan volume yang tinggi, Karena tidak seru katanya kalau tidak pake earphone. 

7. Depresi Berat

Ketika anda sudah terbiasa menggunakan smartphone dalam berbagai kegiatan mengisi waktu luang anda, dengan durasi yang lama hingga ber jam – jam. Akan mengakibatkan radiasi yang muncul dari smartphone masuk ke otak dan dapat mengendalikan pola piki untuk terus menggunakannya. Sehingga membuat anda ketergantungan terhadap smartphone, dan akan menjadikan anda depresi berat ketika suatu saat misalkan anda tidak bisa menggunakan smartphone misalkan pada saat batreinya lowbet dan mati lampu. Pasti anda akan merasakan depresi berat sehingga anda bingung mau berbuat apa dan mau melaksanakan aktivitas apa.

8. Menurunkan Kesuburan Pria

12 Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Lama
Salah satu bahaya yang tidak boleh dianggap sepele adalah Kebiasaan pria yang menyimpan smartphone di saku bisa mempengaruhi untuk menurunkan kesuburan pria. Hal tersebut diakibatkan oleh radiasi smartphone yang dapat menggangu kelancaran peredaran darah disekitar alat reproduksi pria yang bisa menurunkan kualitas sperma. Kalau hal tersebut tidak diatasi dengan cepat akan mengalami penurunan kesuburan pada pria bahkan untuk yang lebih parah kalau dibiarkan bisa mengakibatkan kemandulan.  

9. Kecanduan

Sebenarnya smartphone mempunyai banyak manfaat bagi kita, Dan juga banyak mempermudah kita dalam berbagai fungsi. Baik untuk pekerjaan, hiburan dan bermain game, maupun chattingan dan browsing. Karena hal tersebut yang bisa kita dapatkan kemudahan tersebut akan membuat kita kecanduan dalam memakai smartphone, sehingga hampir setiap menit kita mengecek smartphone . Dan ketika kita sudah kecanduan dalam menggunakan smartphone sangat sulit untuk menyembuhkan, terapi yang digunakan sama seperti untuk pecandu narkoba.

10. Kurang Peduli Lingkungan Sekitar

Biasanya kebanyakan orang pada saat menggunakan smartphone seperti main game. Akan menggunkan seluruh konsentrasi pikirannya terhadap smartphone atau gamenya. Sehingga ia tidak terlalu memikirkan dan memperdulikan keadaan sekitarnya. Seperti kasyikan menggunkan smartphone pada saat menyeberang jalan, pada saat berkendara  dan berbagai aktivitas lainnya. Yang secara tidak langsung kebiasaan tersebut akan membahayakan diri sendiri.

11. Kelainan Postur Tubuh

Pada saat menggunakan smartphone dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kelainan pada postur tubuh anda. misalkan saja anda menggunakan smartphone dalam keadaan duduk dalam keadaan lama akan mengakibatkan tulang belakang anda membungkuk ke depan. Karena anda menekan kepala anda kebawah untuk melihat layar smartphone anda. apabila keadaan berikut terjadi setiap hari dengan waktu yang lama akan mengakibatkan kelainan postur pada tubuh anda.

12. Kurang Pergaulan dan Suka Menyendiri

Bagi anda yang suka menggunakan smartphone berlama – lama, sadar atau tidak sadar akan mengurangi pergaulan anda ataupun komunikasi anda dengan orang – orang sekitar anda. karena keasyikan menggunakan smartphone baik dia bermain game, chattingan maupun browsing dll. Maka anda lebih memilih untuk menjauh dan menyendiri karena tidak mau di ganggu.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat, dan bisa menjadi pelajaran buat kita semua. mulailah untuk mengurangi dan menggunakan smartphone dengan bijak. jangan sampai 12 bahaya kesehatan menggunakan smartphone terlalu lama tersebut diatas menghampiri kita. 

Posting Komentar untuk "12 Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Lama "