Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Penularan Virus Corona Atau Covid-19 Yang Wajib Anda Ketahui

6 Cara Penularan Virus Corona Atau Covid-19
Onmaibana.com6 Cara Penularan Virus Corona Atau Covid-19 – Saat ini kita tengah menghadapi pandemi virus corona yang mana akibat dari virus ini merupakan penyebab Covid-19 yang terus membuat masyarakat diberbagai daerah bahkan diluar negeri, merasa resah karena semakin hari semakin banyak yang sudah terinfeksi oleh virus ini.

Virus corona ini mempunyai proses dan penyebaran yang tidak mudah dideteksi, sehingga harus benar – benar menjadi perhatian khusus bagi kita semua. Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah juga sudah membuat berbagai macam cara dalam menangani proses penyebaran virus ini. terakhir pemerintah melalau presiden jokowi sudah menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat untuk melakukan segala aktifitas dirumah, mulai dari sekolah, kerja dan beribadah untuk saat ini semuanya dilakukan dirumah dulu.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi aktifitas diluar rumah, karena salah satu penyebab dari penularan atau penyebaran dari virus corona ini adalah berasal dari manusia ke manusia lainnya yang dilakukan secara tidak sengaja. Untuk itu dalam mengatasi penyebaran atau penularan virus corona ini, sangat penting untuk mempunyai pemahaman dan pengetahuan tentang beberapa penyebab penularan virus itu sendiri. 

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara penularan virus corona tersebut agar kita semua mengerti dan tahu cara mengatasi dan melindungi diri dari hal – hal yang bisa menjadi penyebab penyebaran virus corona ini.

Langsung saja berikut ini beberapa cara penularan virus corona atau Covid-19 yang sering terjadi dilingkungan sekitar kita adalah sebagai berikut :

1. Kurang Menjaga Kebersihan Tangan
Sudah sama – sama kita ketahui dan sudah terbuakti secara medis kalau tangan merupakan sumber dari berbagai macam penyakit termasuk virus corona ini. oleh karena itu selalulah untuk menjaga kebersihan tangan kita, karena satu hal yang paling efektif untuk menularkan virus corona ini adalah melalaui tangan kita seperti dengan melakukan kontak pribadi menyentuh dan berjabat tangan.

Tidak bisa kita pungkiri memang kalau tangan merupakan anggota tubuh kita yang paling banyak melakukan aktivitas dan melakukan interaksi dengan orang lain atau benda-benda yang ada di sekitar. Tapi setidaknya kita bisa untuk menjaga selalu kebersihan tangan agar tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer sebelum dan setelah melakukan berbagai aktifitas

2. Menyentuh Benda Yang Sering Tersentuh 
Dalam penyebaran atau penularan virus corona ini benda merupakan salah satu media penularan yang kerap terjadi. Karena menurut penelitian virus corona ini dapat bertahan hidup hingga tiga hari dengan menempel pada permukaan benda tersebut. Ketika kita menyentuh benda atau permukaan yang ada virusnya, kemudian menyentuh bagian tubuh kita lainnya seperti mulut,hidung dan juga mata padahal kita belum mencuci tangan. Nah dengan menempelnya virus tersebut di permukaan benda yang sering terjamah, maka otomatis virus tersebut dapat berpindah dan menemukan penyebaran baru apabila orang lain menyentuh benda tersebut.

3. Droplets atau Tetesan Cairan Yang Berasal Dari Batuk dan Bersin
Salah satu media paling banyak dalam penularan virus corona ini adalah Droplets yang diakibatkan batuk dan bersin sembarangan dan tidak menerapkan etika batuk dan bersin. Sehingga cairan berisi virus, kuman dan bakteri yang dikeluarkan oleh orang batuk dan bersin tersebut menempel kemana – mana seperti benda – benda yang berada disekitarnya. 

Nah ketika ada orang atau apapun yang menyentuh permukaan dari benda tadi maka virus corona tersebut akan menemukan media penyebaran baru. Oleh karena itu sangat penting untuk siapa saja agar menerapkan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan siku bagian dalam atau tisu bersih. kalau menggunakan tisu, buang tisu tersebut pada tempat sampah kemudian cuci tangan menggunakan sabun maupun hand sanitizer.

Baca Juga :
4. Beinteraksi Dengan Banyak Orang
Berinteraksi atau berkumpul dengan banyak orang dalam melakukan aktivitas juga bisa menjadi salah satu penyebab penularan virus corona. Karena bisa jadi dalam sekian banyak orang ada yang sudah terinfeksi virus corona namun belum diketahui atau bisa juga ada virus yang menempel pada pakaian dan juga benda – benda yang dibawa oleh orang lain.

Tidak hanya itu ketika dalam kerumunan orang banyak bisa juga kita kena dampak droplest dari orang yang batuk dan bersin sembarangan. Oleh karena itu ketika ada kepentingan untuk keluar rumah perlua anda terapkan untuk selalu menjaga jarak karena hal tersebut bisa mengurangi penyebaran dan penularan dari virus corona.

5. Tidak Melakukan Isolasi Diri Setelah Kembali dari Wilayah Pandemi
Salah satu cara yang juga bisa menularkan virus corona adalah ketika seseorang kembali dari wilayah pandemi atau zona merah namun dia tidak melakukan tindakan pencegahan yaitu dengan cara melakukan isolasi dirumah. karena bisa saja pada saat dalam perjalanan ada virus yang menelpen pada tubuh maupun pakaiannya. Namun hal ini masih sering diabaikan oleh orang – orang yang kembali ke kampung halamannya dan dia langsung berbaur dengan masyarat dikampungnya tanpa melakukan pemeriksaan dan juga pencegahan seperti isolasi diri dirumah.

6. Kurangnya Pemahaman Tentang Virus Corona Itu Sendiri
Salah satu yang menjadi penyebab penularan atau penyebaran virus corona ini karena kurangnya pemahaman dan pengertian, bahaya dan penyebaran dari virus corona itu sendiri. Karena kalau orang – orang sudah mengetahui dan memahami apa itu virus corona tersebut dan bahaya serta penyebarannya bagaimana. Maka orang – orang tersebut setidaknya akan melakukan berbagai pencegahan dan penangkalan terhadap virus corona ini. untuk itu sangat dianjurkan untuk selalu dilakukan sosialisasi dan penyampaian informasi seputar virus corona kepada masyarakat agar mereka paham dan mengerti bahaya dari virus corona, sehingga akan meminimalisir penularan dan penyebaran virus tersebut.

Itulah beberapa cara penularan virus corona atau covid-19 yang saat ini sangat meresahkan kita semua, semoga bermanfaat dan bisa berguna buat siapa saja yang membaca artikel ini. sehingga kita bisa menghindari dan mengantisipasi penyebaran dan penularan dari virus corona tersebut.

Posting Komentar untuk "6 Cara Penularan Virus Corona Atau Covid-19 Yang Wajib Anda Ketahui"