Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cara Alami

10 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cara Alami
Onmaibana.com - Cara Menghilangkan Jerawat Dengan cara Alami – semua orang ingin mempunyai pemanmpilan yang menarik dan selalu terlihat press dan segar. Namun terkadang ada saja yang membuat penampilan kita kurang menarik salah satunya adalah jerawat. Dengan adanya jerawat ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga bisa menurunkan rasa percaya diri kita.

Oleh karena itu ketika jerawat mulai tumbuh perlu kita buat berbagai cara untuk mengatasinya agar jerawat tersebut cepat hilang, meskipun sebenarnya jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari kedepan. Akan tetapi karena jerawat tersebut menimbukan rasa tidak nyaman jadi kita bisa membantu untuk mempercepat prosesnya yang bisa kita lakukan dengan cara alami.

Namun sebelum kita masuk ke beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cara alami, sangat disarankan untuk selalu membersihkan wajah dengan menggunakan sabun secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari, khususnya setelah menggunakan make- up dan sehabis olahraga.

Langsung saja berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cara alami yang patut anda coba :

1. Madu
Bahan alami pertama ialah madu, madu bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami yaitu dengan cara menggunakan masker madu. Karena madu dapat menjaga bakteri baik yang ada pada kulit kita sekaligus juga untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat. Cara penggunaannya adalah cukup campurkan 3 sendok makan madu  kemudian ditambah satu sendok makan kayu manis. Kemudian masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Kemudian setelah didiamkan dan tidak terlalu panas lagi oleskan masker tersebut pada wajah kita secara merata dan tunggun selama 10 menit, kemudian kita bilas dengan air bersih.

2. Putih Telur 
Bahan alami selanjutnya adalah putih telur, putih telur juga bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, dan juga mampu mengencangkan kulit serta mengontrol produksi minyak pada kulit. Kita hanya perlu membuat putih telur sebagai masker dengan cara mengoleskan putih telur ke area wajah yang berjerawat, kemudia kita diamkan selama 10 menit. Selanjutnya tinggal kita bilas dengan menggunkan air bersih.

3. Es Batu
Mungkin masih banyak orang yang belum tahu kalau Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Namun sebenarnya es batu juga bisa kita gunakan untuk mengatasi jerwat secara alami, yaitu dengan cara bungkus es dengan kain bersih, kemudian tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Dengan cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.

4. Mentimun
Bahan alami lainnya adalah mentimun, mentimun juga kita bisa gunakan untuk mengatasi jerawat. Kaena mentimun dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan juga akan memberikan efek dingin pada kulit wajah. Caranya cukup mudah anda hanya perlu menempelkan mentimun yang sudah dikupas dan dipotong – potong kecil kebagian wajah.

5. Lidah Buaya
Perlu anda ketahui kalau gel yang ada pada lidah buaya dapat membantu untuk meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Tidak hanya itu lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur, kedua bahan ini sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit. Cara penggunaannya adalah korek terlebih dahulu gel lidah buaya dengan menggunkan sendok, kemudian oleskan secara langsung ke wajah hal ini bertujuan sebagai pelembab. Ulangi hingga 1-2 kali dalam sehari, namun tidak dianjurkan untuk terlalu sering menggunkannya. Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan.

Baca Juga :
6. Bawang Putih
Bawang putih tidak hanya digunakan untuk keperluan bumbu dapur akan tetapai bawang putih dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Jadi kita bisa menggunakan bawang putih ini untuk mengatasi jerawat, namun tidak dianjurkan untuk mengoleskan bawang putih secara langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya anda menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan dan masakan makana harian.

7. Air Jeruk Lemon 
Air jeruk Lemon juga bisa kita gunakan untuk mengatasi jerawat, kandungan asam sirat yang ada pada air jeruk lemon sangat baik untuk mengatasi jerawat. Dan untuk cara penggunaannya adalah ambil kapas steril dan benar – benar bersih, kemudian celupkan kedalam perasan air jeruk lemon selanjutnya usapkan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat kemudian diamkan semalaman. Namun dalam menggunkan air jeruk lemon ini sangat rentan dengan resiko iritasi, dan kalau kulit terasa perih setelah dioleskan air perasan jeruk lemon, sebaiknya jangan dilanjutkan perawatannya. Dan kalau perlu segera konsultasikan ke dokter.

8. Teh Hijau 
Kita juga bisa menggunkan teh hijau untuk mengatsi jerawat secara alami, karena teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dinamakan katekin dalam jumlah banyak. Sehingga, dengan mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan, dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel. 

9. Kulit Jeruk 
Kulit jeruk bisa kita gunakan sebagai bahan yang sangat bagus untuk mengatsi jerawat, tidak hanya untuk mengatasi jerawat, kulit jeruk juga dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Karena kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan, yang sanat baik untuk regenerasi sel kulit. Dan cara penggunaannya adalah parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air hingga berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya kita bilas dengan mengguanakan air bersih.

10. Hindari dan Redakan Stres
Disamping menggunakan beberapa bahan diatas, menghindari dan meredakan pikiran yang stress juga sangat perlu dilakukan karena hal tersebut meruoakan peawatan dari dalam diri dan sangat penting untuk di lakukan dalam mengatasi jerawat. Karena hormon yang dikeluarkan tubuh kita pada saat stres, dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang, sehingga memperparah jerawat. Tidak hanya itu  stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, dan memperlambat penyembuhan bekas jerawat. 

Nah itulah beberapa cara mengatasi jerawat dengan cara alami, silahkan mencobanya sendiri dengan bahan yang sesuai dengan keinginan anda. untuk mendapatkan hasil yang memuaskan perlu juga untuk kita menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur. Namun setelah mencoba beberapa cara diatas belum ada hasil dan jerawat tetap ada, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatankan penanganan dan pengobatan yang tepat. 


Posting Komentar untuk "10 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cara Alami"