Fungsi dan Manfaat Antibiotik Serta Efek Sampingnya

Fungsi dan Manfaat Antibiotik
Onmaibana.com- Fungsi dan Manfaat Antibiotik Serta Efek Sampingnya, Dalam dunia kesehatan sangat sering kita mendengar yang namanya antibiotik, karena ketika kita mengalami sakit dokter kerap kali memberikan antibiotik untuk kita konsumsi sampai habis.

Namun sebenarnya masih banyak orang yang belum tahu apa itu antibiotik dan juga fungsinya. Sehingga sekarang banyak orang yang menggunakan antibiotik ini dengan seacara pribadi dan inisiatif sendiri tanpa ada anjuran atau resep dari dokter, padahal sebenarnya antibiotik merupakan obat yang harus diresep dan sangat memerlukan petunjuk langsung dari dokter.

Untuk itu mari kita simak dan kita pahami apa sebenarnya antibiotik itu dan apa manfaat dan fungsinya.

Apa Itu Antibiotik…?
Antibiotik merupakan kelompok obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah perkembangan bakteri didalam tubuh, dan dalam penggunaanya sudah ditentukan banyak dan lamanya digunakan. Sehingga kita tidak bisa sembarangan dalam menggunkan antibiotik ini tanpa ada resep dan anjuran dari dokter.

Jenis dan Bentuk Antibiotik Ada Tiga :
1. Oral
Antibiotik ini adalah antiotik berbentuk tablet,kapsul dan juga sirup

2. Topikal
Antibiotik ini ini adalah antiotik berbentuk salep,lotion, semprotan dan juga tetes.

3. Suntikan
Antibiotik ini adalah antiotik yang diberikan kepada pasien melalui suntikan secara langsung maupun melalui infuse.

Fungi dan Manfaat Antibiotik
Fungsi antibiotik dapat berbeda – beda tergantung dari jenis bakteri yang akan diatasi atau dimusnahkan karena antibiotik itu sendiri memiliki beberapa jenis misalkan untuk antibiotik spectrum luas memilik fungsi untuk melawan berbagai jenis bakteri sendiri hal ini bisa kita dapatkan pada amoksilin dan gentamisin. Sedangkan Spectrum sempit berfungsi untuk memengaruhi hanya beberapa jenis bakteri saja yang bisa kita dapatkan pada penisilin.

Begitu juga dengan berbagai jenis antibiotik lainnya tentu mempunyai fungsi dan cara kerjanya sendiri dalam mengatasi dan mencegah bakteri. dan pada intinya antibiotik ini berfungsi sebagai upaya untuk mengatasi dan mencegah pertumbuhan dan perkembang biakan bakteri di dalam tubuh 
Mengobati dan Mengatasi Infeksi Saluran Kemih
Infeksi Saluran Kemih bisa diobati dengan menggunakan antibiotik karena infeksi saluran kemih disebabkan oleh adanya bakteri yang bersarang pada saluran kemih. Hal ini lebih sering terjadi pada kaum wanita namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria dan cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan antibiotik.

Mengobati Infeksi Kulit 
Antibiotik juga bisa mengobati beberapa penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Infeksi pada kulit bisa saja terjadi terhadap siapapun dan infeksi ini biasanya muncul dengan gejala seperti timbulnya benjolan berisi cairan pada kulit yang disertai rasa pedih, sakit dan juga panas.

Pengobatan Ketika Keracunan Darah
Ketika anda mengalami keracunan darah pasti dokter akan menganjurkan anda untuk mengonsumsi antibiotik, karena biasanya penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk kedalam aliran darah. Jadi langkah pertama untuk menangani penyakit ini adalah dengan mengonsumsi antibiotik, kemudian dilakukan penanganan selanjutnya sesuai dengan penyebab dan kemungkinan adanya gejala lain.

Mengatasi Jerawat
Banyak orang sudah memberikan segala cara untuk menyembuhkan jerawat, sebenarnya anda juga bisa menggunkan antibiotik untuk mengatasi dan mengobati jerawat anda agar tidak muncul lagi. Karena jerawat merupakan gangguan kulit yang bisa muncul kapan saja.

Epek Samping dari Antibiotik

Gejala dan efek samping yang umum terjadi :
  • Diare
  • Perasaan tidak enak pada seluruh tubuh
  • Gangguan pada mulut
Sedangkan beberapa gejala berikut ini jarang terjadi, tetapi masih mungkin saja terjadi :
  • Berisiko mengalami batu ginjal (jika mengonsumsi sulphonamides)
  • Mengalami pengentalan darah yang terjadi pada orang yang mengonsumsi cephalosporins
  • Sensitif terhadap cahaya matahari, jika mengonsumsi tetracyline  
  • Gangguan pada pembuluh darah, mungin terjadi saat meminum trimethoprim 
Itulah sedikit penjelasan mengenai Fungsi dan Manfaat Antibiotik Serta Efek Sampingnya, semoga bermanfaat dan bisa  menjadi penambah wawasan bagi siapa saja yang membaca artikel ini. kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan dishare dan dibagikan dengan menggunkan menu media sosial di bawah ini, agar artikel ini lebih banyak lagi memberikan manfaat kepada orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Fungsi dan Manfaat Antibiotik Serta Efek Sampingnya"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel