Adsense

12 Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Bau Mulut
Onmaibana.com- Cara Mengatasi Bau Mulut, Bau mulut dapat di alami oleh setiap orang, dan sudah sering kita dengar kalau bau mulut sangat mengganggu sehingga membuat kita tidak percaya diri Khususnya bagi seseorang yang banyak melakukan interaksi dengan orang banyak atau yang sering melakukan aktivitas di depan umum.

Ada beberapa penyebab bau mulut seperti, jarang menggosok gigi, plak gigi sehingga memunculkan bakteri yang akan menimbulkan bau. Intinya adalah penyebab bau mulut merupakan tidak terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Oleh karena itu dianjurkan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari, hal tersebut agar bisa menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut.

Untuk lebih jelas, sebelum kita membahas bagai mana cara mengatasi bau mulut, saya sarankan agar membaca 5 Penyebab Bau Mulut Yang Sering Kita Abaikan. Setelah membaca artikel tersebut kita akan membahas bagaimana cara mengatasi bau mulut dengan mudah dan cepat.

Langsung saja berikut ini beberapa cara mengatasi bau mulut dengan mudah dan cepat serta bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari. 

1. Biasakan Menyikat gigi dua kali sehari
Satu hal kecil yang selalu kita anggap sepele adalah menyikat gigi, jadi biasakan untuk men yikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Sikatlah gigi pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari, dalam memilih sikat gigi gunakanlah sikat gigi yang bulu sikatnya halus dan tentunya pasta gigi yang mengandung fluoride.

2. Membersihkan Lidah Secara Rutin
Sering kali orang – orang menganggap hal ini sepele, namun sebenarnya tidak hanya gigi yang perlu kita bersihkan. Lidah juga sangat perlu untuk kita bersihkan,  jadi bersihkanlah lidah anda secara rutin dengan menggunakan sikat khusus lidah. 

Namun apabila anda menggunakan sikit gigi untuk membersihkan lida anda, pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut dan lakukanlah pembersihan lidah yang juga dengan lembut dan jangan terlalu menekan keras karena dapat menyebabkan lidah terluka.

3. Membersihkan Sela-Sela Gigi
Terkadang untuk membersihkan sela – sela gigi setelah makan kita tidak cukup hanya dengan menyikat gigi. oleh karena itu kita di anjurkan untuk membersihkan sela – sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss. 

Namun membersihkan sela – sela gigi tidak hanya pada saat selesai makan saja di lakukan, sangat di anjurkan untuk membersihkan sela- sela gigi secara rutin setiap hari setelah selesai menyikat gigi. karena dengan hal tersebut bisa menurunkan terjadinya bau mulut.


4. Berkumur Dengan Obat Kumur
Sangat di sarankan bagi anda yang mempunyai keluhan bau mulut, untuk berkumur dengan obat kumur karena bisa jadi penyebab bau mulut yang anda alami adalah karena plak gigi.  obat kumur atau mouthwash dapat membantu mencegah terbentuknya plak gigi yang bisa menimbulkan bau mulut. 

Namun perlu kita ketahui  bahwa tidak di sarankan juga terlalu sering memakai obat kumur yang mengandung alkohol karena penggunaan obat kumur terlalu sering juga bisa mengakibatkan infeksai jamur. 

Waktu menggunakan obat kumur juga perlu di perhatikan, jangan buru – buru minum obat kumur setelah sikat gigi, karena bisa membilas kandungan baik dari pasta gigi yang anda gunakan. oleh karena itu gunakannlah obat kumur di waktu yang berbeda dengan waktu sikat gigi.

5. Mengunyah Permen Karet
Salah satu cara yang mudah dan cepat untuk mengatasi bau mulut adalah dengan mengunyah permen karet. Permen karet bisa membantu anda untuk mengatasi mulut kering yang mengakibatkan bau mulut,  kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula. Karena dengan menguyang permen karet dapat merangsang produksi air liur anda.

6. Perbanyak Minum Air Putih
Cara berikut ini sering kita anggap sepele yaitu dengan banyak – banyak minum air putih, sangat membantu untuk mengatasi mulut kering yang menimbulkan bau mulut. Untuk dapat mengetahui apakah anda sudah cukup meminum air putih, anda bisa melihatnya pada warna urine anda. kalau anda memilik urine berwarna bening atau kuning pucat itu menandakan kalau anda cukup meminum air putih.

7. Berhenti Merokok
Sering kita dengar kalau banyak orang yang tidak suka dengan bau mulut orang yang perokok. Hal tersebut karena bau mulut orang yang merokok mempunyai aroma bau mulut yang tidak sedap. Dan perokok juga akan lebih mudah untuk mengalami berbagai masalah mulut dan gigi. bahkan dalam berbagai hasil peneletian bahwa perokok dua kali lebih beresiko mengalami penyakit gusi yang merupakan salah satu penyebab bau mulut. Jadi tidak ada kata lain, kalau ingin terhindar dari bau mulut cara terbaik adalah dengan berhenti merokok

8. Kumur Soda Kue
Kalau biasanya soda kue hanya digunakan untuk membuat kue, perlu anda tahu kalau soda atau natrium bikarbonat juga bisa kita gunakan untuk mengatasi bau mulut. Karena faktanya peneletian menunjukkan bahwa soda kue sangat efektif untuk membunuh kotoran atau bakteri penyebab bau mulut dan juga bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan soda kue sangat mudah. Anda cukup melarutkan 2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Kemudian Kumur-kumur di mulut selama 30 detik. kemudian itu buang air bekas kumurannya. Terus lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Makanan Kaya Vitamin C
Selanjutnya cara mengatasi bau mulut yang bisa kita lakukan dengan mudah adalah dengan makan makanan yang kaya vitamin c. anda bisa memakan sayuran dan buah yang mengandung vitamin c seperti jeruk, jambu, stoberi, anggur dan buah yang kaya vitamin c lainnya. Atau anda bisa juga makan sayuran seperti sayur kubis, kembang kol dan brokoli.

Kandungan asam yang di hasilkan oleh buah dan sayuran tersebut bisa membantu untuk mencegah bakteri jahat untuk berkembang biak di dalam mulut kita dan juga bisa melawan bakteri penyebab bau mulut.


10. Buah Apel
Siapa yang tidak tahu kalau apel merupakan buah yang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Apel yang kaya serat sangat baik untuk melancarkan metabolisme, disamping itu sebenarnya apel juga bisa dan sangat efektif untuk meredakan bau mulut.

Dengan kandungan polifenolnya,Buah apel juga dapat membantu untuk menghambat bakteri penyebab bau mulut. Polifenol juga bisa membantu menghilangkan senyawa atau gas yang berbau seperti belerang di mulut.

Buah apel mempunyai tekstur yang renyah, nah ketika kita mengunyah apel tersebut mampu membuat mulut menghasilkan lebih banyak air liur.

11. Yogurt
Cara ampuh lainnya untuk menghilangkan bau mulut adalah yogurt.Kandungan probiotik yang ada pada yogurt sangat bermanfaat untuk melawan bakteri jahat di dalam mulut. Probiotik juga bisa menurunkan hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri penyebab bau mulut. Hidrogen sulfida merupakan senyawa yang menyebabkan bau khas dari mulut Anda. usahakan memilih yugort plain atau yang tanpa rasa, karena kalau anda memilih yang pake gula dan aneka rasa justru akan menarik perhatian bakteri jahat.

12. Memeriksakan Gigi Ke Dokter Gigi Secara Rutin
Disamping beberapa cara mengatasi bau mulut diatas kita juga harus sering – sering memeriksakan gigi kita kedokter. Karena kesehatan gigi juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Setidaknya 6 bulan sekali kita periksakan gigi kita ke dokter agar masalah pada rongga mulut yang bisa meyebabkan bau mulut bisa kita ketahui sejak awal dan agar bisa sesegera mungkin diatasi.


Demikian artikel tentang 12 Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Mudah dan Cepat ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan buat kita semua mengenai kesehatan gigi dan mulut agar kita terhindar dari yang namanya bau mulut. kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di share, agar artikel ini banyak memberikan manfaat kepada orang lain.
.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "12 Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Mudah dan Cepat"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel