Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dan Ketombe Dengan Cara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dan Ketombe Dengan Cara Alami
Onmaibana.com - Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dan Ketombe Dengan Cara Alami - Rambut rontok dan ketombe merupakan sebuah masalah yang sudah sangat umum di alami oleh banyak orang baik pria maupun wanita. Tidak hanya mengganggu penampilan sempurna anda akan tetapi juga membuat aktivitas anda akan terganggu dan tidak nyaman. 

Rambut rontok akan membuat rambut anda semakin menipis dan ketombe sebenarnya juga menyebabkan kerontokan itu sendiri dan menjadi masalah untuk kesehatan di kulit kepala sehingga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengakibatkan gatal, iritasi dan bisa menyebabkan korengan apabila tidak diatasi dengan segera.

Pengertian Rambut Rontok dan Ketombe

Rambut rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan dan terus menerus. Apa bila tidak diatasi dengan segera maka kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara atau permanen.

Sedangkan Ketombe adalah merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan. Serpihan tersebut akan terlihat di kepala dan berjatuhan ke bahu anda. Meski ketombe tidak menular akan tetapi memiliki ketombe di kepala sangat mengganggu aktivitas dan tidak nyaman juga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Penyebab Rambut Rontok dan Ketombe

Sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga siklus pertumbuhan rambut terganggu dan akan berdampak menjadi rambut rontok.  Bisa saja terjadi akibat penyakit atau obat tertentu, pola makan yang tidak sehat, dan setelah melahirkan. Namun ada juga rambut rontok yang sering terjadi secara bertahap hal ini bisa jadi disebabkan oleh keturunan.

Sedangkan faktor penyebab Ketombe adalah akibat pertumbuhan dan kerontokan sel kulit kepala yang terlalu cepat. Diduga hal itu disebabkan oleh gangguan pada kelenjar penghasil minyak di kulit kepala, yang membuatnya terlalu banyak memproduksi minyak kulit.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dan Ketombe  Secara Alami

1. Lidah Buaya

Berikut cara perawatan rambut rontok dan berketombe menggunakan lidah buaya, ekstrak dari lidah buaya terseubut bisa membantu untuk mengatasi kerontokan dan juga bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan serta membuat sel – sel jaringan menjadi lebih sehat.

Berikut cara menggunakannya :
Ambil beberapa potongan buaya berukuran besar usahakan dengan daging tebal kemudian belah potongan lidah buaya tersebut menjadi dua bagian dan ambil bagian dalamnya. Kemudian usapkan bagian kepala dari kulit sampai ujung rambut secara merata kemudian tunggu dan diamkan sekitar 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dan cuci hingga bersih.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa anda gunakan sebagai perawatan untuk rambut rontok maupun ketombe dan cara ini cukup epektif menghilangkan ketombe dan caranya juga cukup mudah.

Berikut cara menggunakannya :
Ambil beberapa buah jeruk nipis sesuaikan dengan rambut anda. Kemudian peras jeruk nipis tersebut sampai anda mendapatkan air perasannya, kemudian oleskan merata pada rambut dan kulit kepala. Lalu pijat rambut dan kulit kepala dengan ringan kemudian tunggu 
sekitar 30 menit, kemudian bilas dan cuci rambut hingga bersih.

3. Bawang Putih

Atau anda mau mencoba perawatan untuk rambut rontok dan ketombe menggunakan bahan dari dapur yaitu bawang putih. Bawang Putih berkhaisat untuk mengurangi dan mampu mengatasi rambut rontok.

Berikut cara menggunakannya :
Siapkan beberapa bawang putih tentunya yang sudah dubersihkan kemudian di haluskan. Lalu oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi pada rambut dan kulit kepala dengan dipijat – pijat perlahan.
Atau  untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus tambahkan minyak zaitun. Kemudian diamkan kurang lebih sekitar 30 menit setelah itu bilas dan cuci hingga bersih kemudian pakai shampoo seperti biasanya.

4. Jahe

Satu  lagi bahan berasal dari dapur yang bisa anda gunakan sebagai  cara perawatan rambut rontok dan ketombe yang sudah terbukti  epektif.

Berikut cara menggunakannya :
Ambil beberapa jahe atau secukupnya, kemudian haluskan hingga bisa dijadikan masker rambut. Kemudian oleskan masker jahe tersebut pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala anda. Lalu tunggu hingga kurang lebih sekitar 20 menit, kemudian bilas dan cuci kepala dan rambut anda dengan menggunakan air dingin agar lebih segar.

5. Alpukat

Alpukat juga bisa kita buat untuk perawatan rambut rontok dan ketombe, alpukat sangat terkenal dengan protein. Perlu anda tahu kalau protein sangat baik untuk pertumbuhan rambut anda.

Berikut cara menggunakannya :
Siapkan alpikat kemudian ambil bagian daging buah alpukat secukupnya kemudian haluskan hingga bisa dibuat berbentuk seperti pasta untuk dijadikan masker rambut anda. Lalu Oleskan masker buah alpukat tersebut pada seluruh bagian rambut serta kulit kepala anda. Kemudian diamkan kurang  lebih sekitar 20 menit kemudian bilas dan cuci dengan air bersih kemudian pakai shampoo seperti biasanya.

6. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sejak zaman dulu sudah digunakan untuk dipakai menumbuhkan kumis maupun jenggot dan sekarang minyaknya sudah sedia dalam botolan dan tinggal langsung pakai saja.

Berikut cara menggunakannya :
Ambil minyak kemiri secukupnya sesuai dengan rambut anda dan oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut dan kulit kepala anda secara merata dan diamkan kurang lebih sekitar 1 jam. Kemudian bilas dan cuci  rambut dan kepala anda dengan air dingin.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga anda buat untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe dan penggunaannya juga sangat mudah.

Berikut cara menggunakannya : 
Pertama oleskan minyak kelapa secukupnya pada rambut dan kulit kepala anda, lalu pijat perlahan - lahan. Kemudian diamkan rambut yang sudah diberi minyak kelapa selama kurang lebih 1 jam. Kemudian bilas dan cuci rambut dan kepala anda dengan menggunakan air dingin hingga bersih, lalu lanjutkan dengan pemakaian shampoo seperti biasa. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang efektif dan maksimal.

8. Daun Pandan

Daun Pandan juga patut anda coba untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe sama seperti yang lain penggunaannya juga sangat mudah.

Berikut cara menggunakannya :
Pertama ambil beberapa helai daun pandan kemudian rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Lalu jagan lupa saring terlebih dahulu air dari daun pandan kemudian diamkan hingga dingin dan bisa dipakai. Oleskan air daun pandan pada rambut lalu diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas dan cuci hingga bersih. 

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat cocok untuk anda coba dalam perawatan rambut rontok dan ketombe cara penggunaannya juga cukup mudah.

Berikut cara menggunakannya :
Pertama ambil minyak zaitun secukupnya dan oleskan pada rambut serta kulit kepala. Kemudian pijat perlahan - lahan supaya khasiatnya lebih meresap, lalu diamkan kurang lebih sekitar 30 menit. Lalu bilas dan cuci rambut hingga bersih menggunakan air dingin dan lanjutkan dengan penggunaan shampoo seperti biasa 

10. Garam

Satu lagi cara perawatan rambut rontok dan berketombe dengan menggunakan bahan dari dapur dan caranya juga sangat mudah.

Berikut cara menggunakannya :
Pertama ambil garam secukupnya lalu taburkan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Kemudian gosok dan pijat perlahan – lahan garam di kulit kepala supaya lebih merata dan meresap khasiatnya. Lalu diamkan kurang lebih sekitar 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin, dan lanjutkan dengan penggunaan shampoo seperti biasa.

Itulah Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dan Ketombe dengan Secara Alami mudah - mudahan bermanfaat bagi para pembaca semua, dan kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dan Ketombe Dengan Cara Alami"