Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Bau Mulut Yang Sangat Mengganggu Dan Mengurangi Rasa Percaya Diri

Penyebab Bau Mulut
Onmaibana.com5 Penyebab Bau Mulut Yang Sangat MenggangguBau mulut akan membuat orang merasa terganggu dan tidak nyaman, juga bisa mengurangi rasa percaya diri. ketika berinteraksi dan berbicara dengan banyak orang. Setiap orang tentu akan menghindari yang namanya bau mulut. Bau mulut bisa saja menyerang siapapun, apa lagi buat meraka yang suka malas sikat gigi dan kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulutnya.

Karena kalau kita perhatikan bau mulut atau halitosi adalah di sebabkan oleh bakteri dan sisa makanan yang ada dimulut dan juga kebersihan gigi dan mulut yang kurang di perhatikan. Atau bisa juga bisa karena gigi berlubang dan permasalahan di gusi. 

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa penyebab bau mulut, yang harus kita perhatikan agar terhindar dari yang namanya bau mulut.

6 Penyebab Bau Mulut

1. Mulut dan Gigi Yang Tidak Terjaga Kebersihannya

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa penyebab bau mulut adalah bakteri yang kemudian bisa menghasilkan senyawa kimia yang menimbulkan bau. Pertumbuhan bakteri disebabkan Gigi Berlubang, plak gigi,sisa makanan, sisa akar gigi yang tertinggal, lidah yang kotor dan peradangan atau infeksi pada rongga mulut. Semua hal tersebut terjadi akibat dari jarangnya menggosok gigi sehingga kebersihan mulut dan gigi tidak terjaga. 

2. Mulut Kering

Mulut kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut, mulut kering biasanya terjadi akibat kurangnya kandungan air liur di dalam mulut. Hal tersebut bisa kita rasakan ketika kita sedang sakit. Penyebab mulut kering lainnya adalah dehidrasi, atau juga ketika seseorang mengalami pilek yang meyebabkan kita bernafas melalui mulut, hal tersebut membuat air liur mongering dan terjadilah mulut kering.


Kenapa Mulut kering bisa membuat bau mulut, hal tersebut di karenakan ketiadaan air liur sehingga sudah jelas akan mengeluarkan bau tidak sedap. Karena air liur sangat berperan dalam membunmuh bakteri –bakteri di dalam mulut sehingga tidak sampai mengelurakan bau tidak sedap. Sebaliknya jika air liur di dalam mulut kering perkembangan bakteri di mulut sangat cepat sehingga menyebabkan bau mulut.

3. Sinusitis

Sinusitis juga bisa menyebabkan bau mulut, karena orang yang menderita sinusitis akan menghasilkan lendir kental dan berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Sinusitis biasanya di sebabkan virus flu yang menyebabkan infeksi. Selain infeksi virus flu,bakteri jamur, infeksi gigi, atau bisa juga karena merokok. Biasanya  sinusitis tidak bisa mencium dengan baik, sehingga sering luput mendeteksi apakah ia memiliki bau mulut atau tidak. 

4. Gangguan Saluran Pencernaan

Penyebab bau mulut lainnya adalah gangguan saluran pencernaan, biasanya hal ini sering terjadi pada orang yang menderita penyakit maag dan asam lambung. Karena pada saat terkena asam lambung lingkaran otot bawah Esofagus biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut menyebabkan asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke Esofagus, bahkan sampai ke mulut.pada saat asam yang naik sampai ke mulut dan tertinggal di mulut akan menyebabkan bau tidak sedap dan hal tersebut sangat mengganggu.

5. Mengonsumsi Makanan yang Menyebabkan Bau mulut

Pada saat mengonsumsi makanan kita juga harus memperhatikan jenis dan kandungan makanan tersebut seperti, Makannan yang mengandung bawang putih atau bawang merah, makanan pedas, makanan manis  dan berbagai makanan seperti jengkol, pete dll. Serta minum – minuman yang mengandung al kohol atau kafein.

6. Merokok 

Mungkin hal ini tidak terlalu di perhatikan oleh banyak orang, namun sebenarnya merokok juga bisa mengakibatkan bau mulut, karena bau mulut orang yang merokok sangat kuat dan ber aroma tidak sedap. Dan pada beberapa penilitian melaporkan bahwa seorang perokok dua kali lebih beresiko untuk mengalami penyakit gusi, karena penyakit gusi juga bisa menimbulkan bau mulut. jadi mulailah mengurangi atau berhenti lebih bagus, agar anda terhindar dari yang namanya bau mulut.


Demikian artikel tentang penyebab bau mulut ini, mudah – mudahan bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita agar lebih memperhatikan kebersihan gigi dan mulut kita. kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di share, agar artikel ini bisa memberikan manfaat buat banyak orang.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Bau Mulut Yang Sangat Mengganggu Dan Mengurangi Rasa Percaya Diri"