Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Amalan Penarik Rezeki Yang Wajib Anda Ketahui

Amalan Penarik Rezeki
Onmaibana.com- Amalan Penarik Rezeki Yang Wajib Anda Ketahui, Rezeki setiap manusia merupakan salah satu rahasila ilahi sama halnya dengan ajal dan juga jodoh. Berbicara tentang rezeki setiap orang pasti ingin merasakan dipermudah jalan rezekinya. 

Sebenarnya rezeki bisa datang darimana saja asal kita mau berusaha dan berkerja keras dan tentunya harus disertai juga dengan doa. namun terkadang kita terlalu egois kita hanya menuntut keinginan kita saja tanpa pernah menghiraukan dan menjalankan perintahNya.

Untuk itu kita harusnya bersyukur dengan apa yang telah di berikan oleh Allah SWT kepada kita. sembari kita terus berusaha dan berikhtiar untuk mendapatkan rezeki dariNya. salah satunya usahanya dengan melakukan berbagai amalan – amalan penarik rezeki agar rezeki kita dimudahkan oleh Allah SWT yang akan kita bahas pada artikel ini.

Langsung saja berikut ini beberapa amalan – amalan yang wajib kita ketahui untuk menarik dan memudahkan rezeki kita :

8 Amalan Penarik Rezeki Yang Wajib Anda Ketahui

1. Takwa dan Tawakal

Dengan kita bertaqwa dan tawakal kepada allah, maka Allah SWT akan memberikan kita jalan keluar dari kesulitan dan juga akan mencukupkan keperluan kita serta memberikan kita rezeki dari jalan yang tidak diduga – duga. hal ini bisa kita perhatikan pada Firman Allah SWT berikut ini :

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah SWT nicaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar dari kesulitan, dan memberikan rezeki kepadanya dari jalan yang tidak pernah diduga. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Al-Thalaq [65]:2-3).

2. Memperbanyak Istighfar dan Taubat

Bagi siapa saja yang selalu memperbanyak beristigfar dan bertaubat dengan taubatan nasuha, maka allah akan memberikan ganjaran kepada hambanya dengan rezeki yang serba berkecukupan. hal ini bisa kita perhatikan pada Firman Allah SWT berikut ini :

Allah SWT berfirman, "Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula (di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS. Nuh [71]: 10-12).

3. Melakukan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha bisa dibilang sebagai sholat penarik rezeki dan barang siapa selalu melakukan sholat dhuha di pagi hari maka Allah SWT akan memberikan rezekiNya dan mencukupinya sepanjang hari itu. hal ini bisa kita lihat dari Hadits yang di riwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Ya’la berikut ini :

Rasulullah SAW bersabda : "Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu sholat empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu." (HR. Ahmad dan Abu Ya'la).

Dan Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Turmuzi dan Ibnu Majah berikut ini :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Salat dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan menolak kefakiran, Dan tidak ada yang akan memelihara Shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat( HR. Turmuzi dan Ibnu Majah)

Baca Juga :

4. Membiasakan Bersedekah

Semua orang sebenarnya sudah tahu kalau dengan bersedekah akan mendapatkan pahala dan juga akan memudahkan rezeki anda. bersedekahlah kepada orang – orang yang membutuhkan dan juga kepada anak – anak yatim niscaya allah akan melipat gandakan ganjarannya bagimu.

Hal ini bisa kita lihat dalam Firman Allah SWT berikut ini :

Allah SWT berfirman, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkankan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah [2]: 261).

5. Membaca Surat Al Waqiah

Biasakan untuk membaca Surat Al Waqiah dipagi hari ketika keluar rumah dan hendak berangkat kerja maka allah akan menjauhkan kita dari yang namanya kekurangan di dalam hidup. Dan kemudian membacanya di sore hari maka kita tidak akan merasa kelaparan dan juga kehausan dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah.

Hal ini bisa kita lihat dari perkataan imam Jafar yang dikutip dari kitab Khazinatul Asrar Kubra hal 360.

Imam Jafar berkataBarang siapa membaca surat Al Waqiah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari kebutuhan, maka Allah akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surat Al Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan. Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu.”

6. Berbakti Kepada Orang Tua

Kita sangat dianjurkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua karena mereka merupakan orang yang sangat berjasa didalam hidup kita. ketika kita berbakti kepada kedua orang tua kita akan mendapatkan rido Allah SWT karena rido orang tua khususnya ibu adalah rido dari Allah SWT. Tidak hanya itu kita juga akan mendapatkan keberuntungan yang besar termasuk kemudahan dalam rezeki kita. hal ini bisa kita lihat dari hadist nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh imam . Ahmad dan Abu Ya'la berikut ini :

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berbakti kepada orangtuanya, dia akan memperoleh keberuntungan yang besar dan Allah akan menambah umurnya." (HR. Ahmad dan Abu Ya'la).

7. Menjalin Silaturahim

Kalau kita ingin rezeki kita dimudahkan dan diluaskan oleh Allah SWT. maka perbanyak dan sambunglah terus menerus tali silaturrahim antar sesama manusia.

Hal ini bisa kita lihat dengan jelas dari hadits nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori berikut ini :

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilaturahim." (HR. Bukhari)

8. Selalu Bersyukur dalam Setiap Keadaan

Selalulah bersyukur didalam hidupmu karena dengan begitu dalam keadaan apapun kamu akan merasa cukup. Tidak hanya itu ketika bersyukur dengan nikmat dan rezeki yang allah berikan niscaya Allah  SWT akan menambahnya.

Hal ini bisa kita lihat dengan Firman Allah SWT berikut ini :

Allah SWT berfirman, "Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka Aku pasti tambah (kenikmatan) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim [14]:7).

Nah itulah beberapa amalan – amalan yang menjadi penarik rezeki  yang bisa kita amalkan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi penambah ilmu buat kita. dan kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share dan bagikan melalui menu media sosial dibawah ini, agar artikel ini lebih banyak lagi memberikan manfaat terhadap orang lain.

Posting Komentar untuk "8 Amalan Penarik Rezeki Yang Wajib Anda Ketahui"