Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Keutamaan Hari Jum'at Yang Harus Kamu Ketahui | Nomor 6 Masih Banyak Yang Belum Tahu

7 Keutamaan Hari Jum'at Yang Harus Kamu Ketahui
Onmaibana.com - 7 Keutamaan Hari Jum'at, Berbicara tentang keutaman hari jum’at, keutamaanya begitu banyak namun pada kesempatan kali ini kita akan membagikan 7 Keutamaan Hari Jum'at . Mungkin sebagian dari kalian sudah banyak yang tahu, tapi tidak apa-apa buat yang belum tahu silahkan dibaca dan disimak 7 Keutamaan Hari Jum'at berikut ini :

7 Keutamaan Hari Jum'at

1. Hari Diwajibkannya Sholat Jum'at

Pada hari jum’at adalah diwajibkannnya sholat diluar sholat lima waktunya itu sholat jum’at, dimana di hari jum’at berkumpulnya kaum muslimin dimesjid-mesjid untuk melakukan sholat dan mendengarkan dua khutbah yang mana di dalamnya mengandung nasehat-nasehat agama, kehidupan dunia dan akhirat.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya :

Rasulullah besabda : sholat jum’at adalah hak yang diwajibkan kepada setiap muslim kecuali empat orang: budak atau wanita, anak kecil atau orang sakit.( HR. Abu Daud )

2. Hari Paling Utama Dari  Hari - Hari  Yang Lain

Hari Jum’at merupakan hari paling utama dimana pada hari jum’at nabi adam as diciptakan dan diwapatkan pada hari jum’at, juga diperintahkan memperbanyak sholawat pada hari jum’at dan tidak hancurnya jasad para Nabi.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya :

Rasulullah besabda : Sesungguhnya hari paling utama bagi kalian adalah hari jum’at, maka perbnyaklah sholawat kepadaku didalamnya, karena sholawat kalian akan ditujukan kepadaku, parasahabat berkata : Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah? Nabi bersabda : “Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad paraNabi
( HR.AbuDawud, IbnuMajah, An-Nasa’i ).

Baca Juga : 

3. Seseorang  Yang  Meninggal Dunia Dihari Jum'at Akan Lepas Dari Siksa Kubur

Setiap orang pasti akan merasai mati ( Meninggal Dunia ) Maka berbahagialah mereka yang meninggal pada hari jum’at maupun malamnya, karena barang siapa yang meninggal dunia pada hari jum’at maupun malamnya akan lepas dari yang namanya fitnah kubur.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya :

Dari Abdullah bin ‘Amrra. berkata :Rasulullah besabda “Tidaklah seorang muslim meningga ldunia di hari Jum’at atau pada malamnya melainkan Allah melindunginya dari fitnah kubur”      ( HR.Tirmidzi dan Ahmad )

4. Hari Kiamat Akan Terjadi Pada Hari Jum'at

Hari kiamat,  mungkin kita semua percaya bahwa pada suatu saat nanti akan terjadi yang namanya “HARI KIAMAT” namun tidak ada seorangpun yang tahu kapan itu terjadi, tapi tahukah anda kalau hari kiamat itu akan terjadi pada hari Jum’at.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya :

Dari Abu Hurairah ra :Bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari jum’at, padannya Adam as diciptakan, dimasukkan kesurga dan juga dikeluarkan darinya, serta kiamat tidak akan terjadi melainkan pada hari jum’at. ( HR. Muslim )

5. Ada Waktu Mustajabah Untuk Berdo'a

Kita semua selalu berdo’a kepada Allah SWT memohon agar apa yang kita harapkan dan kita impikan dikabulkan dan diberikan oleh Allah SWT, namun tahukah anda ada waktu yang mustajab untuk berdo’a yaitu pada hari jum’at.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad Sari  yang artinya :

Dari Abu Hurairahra :Bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :”Pada hari Jum’at ada waktu yang mana seorang hamba muslim yang tepat beribadah dan berdo’a pada waktu tersebut meminta sesuatu melainkan niscaya Allah akan memberikan permintaanya”. Beliau mengisaratkan dengan tangannya untukmenunjukkan bahwa waktu tersebut sangat sedikit` ( HR. Bukhhari – Muslim )

Adapun waktu berdo’a tersebut menurut para ulama ialah :
1.Waktu antara duduknya imam dimimbar hingga selesai sholat
2. Ba’da Ashar terutama menjelang Maghrib, pendapat ini merupakan pendapat yang paling banyak dipilih oleh para ulama karena kebanyakan hadist yang menjelaskan waktu tersebut menyebutkan ba’da Ashar.

6. Diharamkan  Mengkhususkan Puasa

Kita semua tahu kalau hari jum’at itu hari yang baik dan berkah sehingga ketika melakukan kebaikan-kebaikan kita selalu mengkhususkanya pada hari jum’at, namun tahukah para pembaca kalau kita tidak boleh menghususkan berpuasa pada hari jum’at kecuali kita berpuasa pada hari sebelumnya atau sehari sesudahnya.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad Sari  yang artinya :

Dari Abu Hurairah ra : Aku mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda :” Jangan kalian mengkhususkan berpuasa pada hari jum’at kecuali jika engkau juga berpuasa sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya”. ( HR.Bukhhari – Muslim ).

7. Hari Raya Setelah Hari Raya  Idul Fitri Dan Idul Adha

Islam mempunyai Dua hari besar yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha namun disamping itu kita juga masih mempunyai hari raya yang mana kita rayakan setiap hari jum’at setiap minggunya.Dimana hari jum’at itu orang-orang muslim merasa lebih berbeda dengan hari-hari lainnya.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad Sari  yang artinya :

Dari Ibnu Abbas ra,  Rasulullah SAW : “ Sesungguhnya hari ini (jum,at) Allah menjadikannya sebagai hari Ied bagi kaum Muslimin, maka barang siapa yang menghadiri Sholat jum’at hendaknya mandi, jika memiliki wangi-wangian maka hendaknya ia memakainya dan bersiwaklah”. ( HR. Ibnu Majah )


Demikianlah artikel tentang 7 Keutamaan Hari Jum'at  ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan buat kita semua dan marilah kita sama-sama memuliakan dan memanfaatkan keutamaan-keutamaan Hari Jum’at. Kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman – teman lainnya, agar artikel ini bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Posting Komentar untuk "7 Keutamaan Hari Jum'at Yang Harus Kamu Ketahui | Nomor 6 Masih Banyak Yang Belum Tahu"