Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Amalan Yang Pahalanya Terus Mengalir Meskipun Telah Meninggal Dunia

7 Amalan Yang Pahalanya Terus Mengalir Meskipun Telah Meninggal Dunia
Onmaibana.com- Amalan Yang Terus Mengalir Pahalanya Meskipun Telah Meninggal Dunia, Dalam kehidupan terkadang kita sering lalai untuk melakukan kewajiban kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. dimana kita selalu mementingkan kehidupan dunia dan melupakan kewajiban - kewajiban kita terhadap sang pencipta. Padahal sebenarnya kita tahu kita dianjurkan untuk menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. 

Untuk itu marilah kita selalu untuk mengerjakan amalan – amalan yang baik selama kita hidup di dunia, karena semua perbuatan, usaha dan harta tidak akan dibawa mati. Dan ketika kita sudah meninggal dunia maka terputuslah semuanya kecuali  amalan – amalan baik yang kita lakukan selama hidup di dunia.

Namun sebenarnya ada beberapa amalan yang terus mengalir pahalanya meskipun kita sudah meninggal dunia. hal tersebut bisa kita lihat dengan jelas dalam hadist yang di riwayatkan oleh Anas bin Malik sebagai berikut :

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

سَبْعٌ يَجْرِيْ لِلْعَبْدِ أَجْرُهُنَّ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ وَهُوَ فِي قَبْرِهِ : مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا ، أَوْ أَجْرَى نَهْرًا ، أَوْ حَفَرَ بِئْرًا ، أَوَ غَرَسَ نَخْلًا ، أَوْ بَنَى مَسْجِدًا ، أَوْ وَرَثَ مُصْحَفًا ، أَوْ تَرَكَ وَلَدًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ
Ada tujuh amalan yang pahalanya tetap mengalir untuk seorang hamba setelah dia meninggal, padahal dia berada di dalam kuburnya: (1) orang yang mengajarkan ilmu agama, (2) orang yang mengalirkan sungai (yang mati) (3) orang yang membuat sumur, (4) orang yang menanam kurma, (5) orang yang membangun masjid, (6) orang yang memberi mushaf al-Quran, dan (7) orang yang meninggalkan seorang anak yang senantiasa memohonkan ampun untuknya setelah dia wafat.” (HR. al-Bazzar dalam Musnadnya 7289, al-Baihaqi dalam Syuabul Iman 3449, dan yang lainnya. Al-Albani menilai hadis ini hasan).

Berdasarkan hadist diatas betapa indah dan bahagianya meskipun kita sudah meninggal dunia, namun pahala terus mengalir  dan terus berdatangan. padahal kita hanya terdiam di dalam kubur. Jadi mulai sekarang kita harus menanamkan niat dan bersemangat untuk melakukan amalan – amalan baik khususnya 7 Amalan Yang Terus Mengalir Pahalanya Meskipun Telah Meninggal Dunia berikut ini :

1. Mengajarkan Ilmu Agama (Yang Bermanfaat)
Orang yang mengajarkan Ilmu agama ataupun ilmu yang bermanfaat akan mendapat pahala mulai dari dunia sampai orang tersebut meninggal dunia apabila ilmu yang di ajarkannya di amalkan oleh orang yang mempelajarinya. semakin banyak orang yang di ajarkan ilmu dan di amalkan oleh banyak orang maka semakin banyak pula pahala yang nantinya mengalir dan terus berdatangan kepada orang mengajarkan ilmu tersebut.

2.  Mengalirkan Sungai  (Yang Mati)
Bisa kita bayangkan betapa besar manfaat bagi orang yang merasakan air sungai yang kita alirkan bisa mereka gunakan dengan berbagai kebutuhan baik untk kebutuhan rumah tangga maupun untuk bercocok tanam. makan berbahagialah orang tersebut karena beliau akan mendapat ganjaran pahala bahkan sampait beliau sudah meninggla dunia pahalanya akan terus mengalir selama aliran sungai tersebut ada yang menggunakan dan memanfaatkannya.

3. Membuat Sumur Untuk Keperluan Umum
Sama halnya dengan amalan nomor dua orang yang membuat sumur untuk keperluan umum juga akan mendapatkan ganjaran pahala meskipun  orang tersebut sudah meninggal dunia selama air sumur tersebut ada yang menggunakan dan memanfaatkannya.

4. Menanam Tanam – Tanaman 
Orang yang menanam tanam – tanaman kalau di zaman rasullah seperti kurma  atau tanaman apapun yang bisa di manfaatkan atau dimakan oleh manusia maupun hewan seperti burung dan hewan – hewan lainnya. maka orang tersebut akan mendapatkan pahala yang tidak pernah berhenti mengalir meskipun orang tersebut sudah meninggal dunia selama masih ada orang atau hewan memakan tanaman – tanaman tersebut.

Baca Juga : 
5. Membangun Mesjid
orang yang membangun dan mendirikan mesjid akan mendapatkan  pahala meskipun orang tersebut telah meninggal dunia, selagi mesjid tersebut digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan atau amalan di dalamnya.

6. Menulis atau membagikan Mushaf Al – Qur’an
orang yang menulis mushaf al – qur’an atau membagikan Mushaf Al – Qur’an  akan mendapatkan pahala  meskipun  dia  telah meninggal dunia. pahala akan terus mengalir dan berdatangan ketika  ada orang yang membaca Mushaf Al – Qur’an tersebut.

7. Doa Anak Yang Soleh
Untuk yang satu ini mungkin bisa di bilang bukan amalan, akan tetapi orang yang memiliki anak yang sholeh dan soleha dan mau mendoakan orang tuanya serta mau beristighfar memohon ampunan untuk orang tuanya maka doa – doa tersebut akan sampai kepada orang tuanya meskiput orang tuanya sudah wafat. 

Oleh karena itu marilah kita bimbing dan kita ajarkan ilmu agama kepada anak – anak kita, agar mereka  selalu taat dan menjalankan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya. dan kelak mereka tidak lupa untuk mendoakan kita ketika kita sudah wafat.

Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa mendorong kita untuk lebih bersemangat dalam melakukan hal – hal baik termasuk 7 amalan yang terus mengalir pahalanya meskipun kita sudah mati diatas. semog kita dalam lindunganNya dan sukses selalu dalam kehidupan dunia dan akhirat nantinya.



Posting Komentar untuk "7 Amalan Yang Pahalanya Terus Mengalir Meskipun Telah Meninggal Dunia"