Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami
Onmaibana.com- Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami. Keputihan merupakan reaksi tubuh  normal yang dialami oleh wanita. Keputihan adalah suatu kondisi dimana kentika lendir atau cairan keluar dari Miss V. Cairan tersebut diproduksi kelenjer vagina yang akan keluar melalui rahim dengan membawa sel – sel mati dan juga bakteri, jadi keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan juga kelembapan organ kewanitaan  sehingga miss V selalu terlindungi dari infeksi.

Walaupun sebenarnya kondisi keputihan ini merupakan hal yang normal, namun membuat para wanita merasa tidak nyaman apalagi cairan yang keluar cukup banyak.  Dan jika keputihannya datang terus menerus dan mengalami perubahan warna, tekstur dan bau. Harap hati – hati  karena hal tersebut bisa saja merupakan tanda keputihan yang tidak normal yang disebabkan oleh infeksi atau terjadi kelainan pada organ intim kewanitaan.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui lebih dalam apakah keputihan yang dialami merupakan hal yang norman atau merupakan tidak normal hal tersebut bisa kita ketahui dengan cara membandingkan beberapa hal berikut ini :

Keputihan normal 
• Cairan yang keluar Tidak berwarna atau berwarna putih
• Cairan yang keluar tidak berbau menyengat
• Biasanya akan meninggalkan bercak kekuningan pada celana dalam
• Cairan yang keluar tidak keluar secara terus menerus

Keputihan Tidak Normal
• Cairan yang keluar berwarna dan tidak seperti biasanya
• Cairan yang keluar bau menyengat dan teksturnya beda dari biasanya
• Cairan yang keluar lebih banyak dari biasanya atau keluar dengan terus menerus
• Keluar cairan seperti darah namun di luar jadwal haid atau bisa juga setelah berhubungan seksual

Dan untuk keputihan tidak normal ini juga biasanya disertai  dengan berbagai keluhan  seperti :

•  Merasa gatal pada area kewanitaan
• Merasa nyeri di panggul ketika buang air kecil  
• Merasa panas seperti terbakar disekitar Vagina

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami

1. Daun sirih

5 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami
Daun sirih sangat terkenal untuk mengobati keputihan, untuk tidak salah untuk dicoba. Karena daun sirih ada kandungan yang bersifat antibakteri dan antijamur. Jadi tidak heran kenapa banyak produk – produk pembersih daerah kewanitaan yang menggunakan bahan ekstrak daun sirih. Nah untuk mengobati keputihan dengan menggunakan daun sirih adalah dengan cara meminum air rebusan daun sirih secara rutin atau bisa juga dengan membasuh daerah kewanitaan dengan air rendaman daun sirih.

2. Kunyit

5 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami
Kunyit merupakan salah satu yang bisa kita gunakan untuk mengobati keputihan dengan cara alami, kunyit memiliki kandungan zat anti bakteri yang dapat membantu megobati keputihan pada area kewanitaan. Anda cukup minum air perasan kunyit yang diparut dalam setiap harinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal silahkan minum 2 kali dalam sehar

3. Bawang putih 

5 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami
Cara mengatasi keputihan dengan alami berikutnya adalah bawang putih, dari dulu bawang putih memang terkenal dan banyak digunakan sebagai resep untuk obat – obatan alami. Bawang putih mengandung sifat anti bakteri juga anti jamur, oleh sebab itu sangt di anjurkan untuk mengonsumsi bawang putih yang berpungsi untuk menghambat pertumbuhan beberapa bakteri yang menjadi penyebab keputihan.

Baca Juga : 

4. Biji fenugreek

5 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami
Mungkin masih banyak yang tidak tahu Biji fenugreek mungkin dan terdengar asing, Biji fenugreek merupakan biji dari tanaman dengan nama  yang sama yaitu fenugreek mungkin. Biji fenugreek mampu menigkatkan jumlah pH pada area kewanitaan anda. kamu bisa merendam 1sdm Biji fenugreek kedalam air hangat selama semalaman kemudian saring airnya, dan silahkan disaring airnya dan minumlah sebelum sarapan.

5. Daun Sambiloto

5 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami
Mungkin banyak yang belum tahu kalau daun sambiloto juga bisa digunakan untuk mengobati keputihan, cara pengobatannya juga tidak ribe anda hanya perlu merebus daun sambiloto kemudian meminum  air rebusannya secara rutin. Hal ini sama dengan cara pengobatan ketika kita menggunakan daun sirih.

Ketika mengalami keputihan anda tidak boleh membiarkannya, apalagi kalau cairan yang keluar cukup banyak dan keluar secara terus menerus. Hendaknya anda lakukan pengobatan secara alami terlebih dahulu dan kalau kemudian belum juga aman barulah anda mencoba untuk mencari obat dokter atau konsultasi kedokter biar ditangani secara tepat dan di kasih obat untuk mengatasi keputihan yang sedang anda alami.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan bisa membantu ketika siapa saja yang mengalami hal tersebutm diatas dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada teman – teman lainnya, agar artikel ini banyak memberikan manfaat terhadap orang lain.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cara Alami "