Adsense

6 Penyebab Utama Hancurnya Rumah Tangga Hingga Terjadinya Perceraian

6 Penyebab Utama Hancurnya Rumah Tangga
Onmaibana.com- 6 Penyebab Utama Hancurnya Rumah Tangga, Dalam mengarungi sebuah rumah tangga, setiap orang pasti akan menginginkan rumah tangga yang bahagia dan harmonis serta langgeng hingga hari tua dan sampai maut maut memisahkan. 

Akan tetapi yang namanya pernikahan atau sebuah rumah tangga pasti ada saatnya mengalami beberapa masalah diantara kedua pasangan yang dapat menimbulkan konflik di dalam rumah tangga.Hal tersebut kalau tidak di sikapi secara serius dan di kelola dengan baik akan menimbulkan persoalalan yang lebih serius dan bisa juga berujung dengan perceraian.

Namun kalau kedua pasangan mampu menghadapi permasalahan dan bekerjasama serta saling mengingatkan satu sama lain, maka hal tersebut akan lebih mudah dalam menyelesaikan konflik. Dan pertengkaran yang terjadi dalam sebuah rumah tangga bisa di jadikan sebagai pelajaran untuk kedua pasangan,  sehingga akan menambah erat kekompakan didalam mengarungi bahtera rumah tangga. 

Oleh karena itu perlu kita ketahui beberapa penyebab utama hancurnya rumah tangga hingga berujung dengan yang namanya perceraian, yang sudah banyak terjadi dialami oleh beberapa pasangan.

Langsung saja berikut ini 6 penyebab utama hancurnya sebuah rumah tangga :

1. Masalah Keuangan
Hampir setiap pasangan yang sudah mengarungi rumah tangga pernah mengalami permasalahan  dengan yang namanya keuangan, karena hal ini manyangkut kondisi ekonomi keluarga  seperti untuk kebutuhan belanja dapur  atau membayar tagihan bulanan maupun biaya sekolah anak, sehingga sering menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga.  

2. Kurang Memperhatikan Pasangan
Salah satu penyebab utama hancurnya sebuah rumah tangga adalah kurangnya perhatian terhadap pasangan, hal ini berlaku terhadap kedua pasangan namun biasanya wanita sedikit lebih ingin di dengar dan di sayangi serta selalu ingin diberikan perhatian. Begitu juga dengan seorang pria ketika dia merasa jenuh dan bosan terhadap sesuatu ataupun pekerjaan peran dan perhatian seorang pasangan merupakan hal yang sangat penting baginya. Karena ada beberapa kasus seorang pasangan lebih mementingkan hobbinya, teman – teman dan juga pekerjaannya, sehingga hal tersebut akan menimbulkan pertengkaran dan bisa juga berujung perceraian.

3. Kebutuhan Ranjang (Seks)
Terkadang sebagian orang menganggap hal ini tidak terlalu penting, namun sebenarnya kebutuhan ranjang harus menjadi perhatian seruis bagi kedua pasangan. Karena hubungan ranjang yang tidak harmonis atau tidak diperdulikan akan menimbulkan perasaan tidak tenang dan bisa menjadi sumber stress. Dan hal ini sudah sangat umum terjadi hingga terjadi yang namanya perselingkuhan, karena seorang pasangan merasa kebutuhannya tidak terpenuhi.

Baca Juga : 
4. Kebiasaan Buruk Pasangan
Kebiasaan buruk pasangan juga bisa menimbulkan ketidak harmonisan dalam rumah tangga, misalkan seperti pasangan yang suka mabuk – mabukan, temperamental, mudah emosi dan sering marah – tak jelas serta selalu melakukan KDRT. Begitu juga dengan pasangan wanita yang mempunyai kebiasaan buruk seperti tidak bisa diatur, suka menghambur – hamburkan uang, tidak mempedulikan pasangan dan berbagai hal buruk lainnya. Kebiasaan – kebiasaan buruk tersebut akan menimbulkan kehancuran dalam rumah tangga dan bisa berujung perceraian.

5. Tidak Mempunyai Keturunan (Anak)
Sudah menjadi dambaan kedua pasangan yang membina kehidupan berumah tangga akan kedatangan seorang anak sebagai pelengkap kebahagian keluarga kecilnya. Namun biasanya ketika yang didamba – dambakan tak kunjung di dapatkan, akan menimbulkan permasalahan yang cukup serius dalam sebuah rumah tangga. Seorang istri akan merasa terbebani dan bisa jadi stress dan depresi. Sementara seorang suami juga merasa kecewa dan pada akhirnya akan mencari wanita lain dan keluarga akan hancur dan berujung perceraian.

6. Perbedaan Visi Dalam Rumah Tangga
Perbedaan visi dalam mengarungi bahtera rumah tangga juga kerap menjadi persoalan dalam rumah tangga. Karena dalam berbagai hal kedua pasangan selalu berbeda visi dan tujuannya, sehingga selalu menimbulkan pertengkaran dan lama kelamaan akan berdampak buruk bagi rumah tangga hingga terjadi yang namanya perceraian. Untuk itu perlu kita menyamakan visi dan tujuan dalam berumah tangga sejak awal pernikahan, Agar nantinya dalam memutuskan berbagai macam persoalan yang di hadapi  akan lebih mudah dan saling memahami satu sama lain. 

Nah itulah beberapa penyebab utama hancurnya rumah tangga hingga berkahir dengan perceraian. Intinya kedua pasangan harus saling mengingatkan dan juga saling bekerja sama dalam mengaruhi bahtera rumah tangga. Dan selalu didiskusikan bersama pasangan ketika ada masalah untuk mencari jalan keluar dan solusi terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan pembelajaran buat siapa saja yang membacanya. Kalau menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa dibagikan kepada teman  - teman lainnya, agar artikel ini lebih banyak lagi memberikan manfaat terhadap orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Penyebab Utama Hancurnya Rumah Tangga Hingga Terjadinya Perceraian"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel