8 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

8 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan
Onmaibana.com- Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan- Kita mengenal bawang merah sebagai salah satu bumbu dapur yang harus ada dalam setiap masakan. Bawang merah menambah aroma dan rasa gurih pada makanan.  Umbi berwarna merah muda keunguan ini juga sering membuat kita meneteskan air mata saat mengirisnya, karena zat propanethial S-oxide yang bisa merangsang kelenjar air mata kita. Zat itu pula yang membuat rasanya agak pedas dan menyengat.

Namun siapa sangka, di balik fungsinya sebagai bumbu, bawang merah juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan lho. Sebagai catatan, walau bisa dimakan dalam keadaan mentah ataupun matang, tapi bawang merah paling berkhasiat saat mentah. Baik itu dijus, diacar, dicampurkan dalam masakan seperti urap, salad atau pecal, maupun dimakan langsung bulat-bulat. Jika Anda tidak tahan dengan baunya, bisa diatasi dengan mengunyah timun atau menyikat gigi.

Allium cepa var. aggregatum (bawang merah) merupakan tanaman yang aslinya berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan di sekitarnya lalu menyebar hingga keseluruh dunia. Sudah sejak lama bawang merah tidak hanya digunakan di dalam makanan saja, tapi juga sebagai obat tradisional. 

Memiliki banyak kegunaan dan manfaat, menanam bawang merah dirumah juga bisa anda lakukan. Hanya sebagai tanaman obat keluarga atau TOGA, dengan menyiapkan polybag dan tanah yang subur atau memiliki unsur hara yang bisa menunjang tanaman bawang merah tumbuh.

Menanam umbi bawang merah pada media yang sudah disiapkan, tunggu proses tumbuh tunasnya. Jangan lupa untuk merawat tanaman bawang merah dengan menggunakan pupuk bawang merah organik akan meminimalisir terkena penyakit atau hama.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah
Berbagai penelitian dan studi mengungkapkan bahwa bawang merah memiliki banyak khasiat dan kandungan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Misalnya bioflavonoid yang sangat baik untuk mengatasi sel-sel kanker, quercetin, sulfur, vitamin C, protein, peptide, asam amino,asamfolat, dan masih banyak lagi. 

Selain untuk bumbu masakan, bawang merah juga dipakai sebagai antiseptic karena mengandung senyawa alliin. Senyawa ini oleh enzim alliinase akan diubah menjadi asam piruvat, amoniak, dan alliisin yang bersifat bakterisida (membunuh bakteri) dan anti mikroba. Bawang merah juga bersifat anti inflamasi dan baik sekali dikonsumsi di musim dingin mengingat sifatnya yang mampu melawan virus flu dan batuk. 

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan
Dengan banyaknya zat gizi dan kandungan yang bermanfaat di dalam bawang merah, maka tidak heran jika bawang merahpun ternyata bisa membantu mengatasi berbagai penyakit. Dari radang tenggorokan, hingga kanker. Ingin tahu lebih jelas? Simak paparannya di bawah ini.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
Sulfur dan quercetin di dalam bawang merah memegang peranan penting dalam menurunkan kadar gula darah. Terutama pada penderita diabetes tipe 2. Tapi jangan lupa, harus dimakan dalam keadaan mentah, ya. Kalau sudah dimasak, kandungannya malah akan berkurang banyak, sehingga tidak akan terlalu bermanfaat lagi sebagai penurun kadar gula.

2. Mencegah Kanker
Kandungan bioflavonoid dan sulfur di dalam bawang merah juga dapat membantu mengatasi sel-sel kanker, misalnya kanker prostat. Bawang merah juga mengandung quercetin, zat pewarna alami berwarna merah. Quercetin ini merupakan salah satu zat anti oksidan yang menurut penelitian di University of Maryland berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat, kanker paru, ovarium, usus, dan kanker endometrial.

Sulfur juga merupakan zat yang secara aktif dapat membantu melawan bakteri dan jamur pada kulit, sehingga bawang merah pun dipercaya dapat menyembuhkan gatal-gatal dan gangguan pada kulit.

Baca Juga : 
3. Mengatasi Radang Tenggorokan
Jika Anda mengalami radang tenggorokan, karena sedang flu misalnya. Kondisi ini membuat Anda menjadi sulit menelan, suara tidak keluar, terasa sakit saat batuk dan menelan makanan, dan terkadang jika flu disertai demam, maka radang tenggorokan juga diiringi oleh membengkaknya amandel.

Mengkonsumsi jus bawang merah mentah dapat membantu mengatasi penyakit Anda. Rasanya memang agak pedas dan menyengat, ditambah dengan baunya yang cukup kuat, namun khasiatnya sungguh bagus. Tambahkan madu atau gula merah jika tidak suka dengan rasa bawang merah mentah. Baunya dapat Anda akali dengan menutup hidung saat menelannya, atau mengunyah ketimun mentah setelah mengkonsumsi jus bawang merah.

4. Mencegah Kolesterol
Bawang merah mengandung methylallyl sulfide dan asam amino yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak heranya, orang yang rutin mengkonsumsi bawang merah mentah kadar kolesterolnya akan terkontrol. Kolesterol yang tinggi akan mengakibatkan berbagai penyakit degenerative, seperti tersumbatnya pembuluh darah, masalah jantung, dan stroke. Untuk mencegahnya, tidak ada salahnya Anda mulai mengkonsumsi bawang merah secara teratur setiap hari. 

5. Menstabilkan Tekanan Darah
Selain mampu melawan zat kanker, ternyata quercetin juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah. Hal ini dilaporkan dalam Pharmacological Reports tahun 2009. Stabilnya tekanan darah ini sangat penting karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Orang dengan tekanan darah tinggi akan mudah terkena stroke dan penyakit degenerative.  

Pada ibu hamil, tekanan darah yang tinggi juga akan membahayakan ibu dan janin, terutama di saat-saat akhir kehamilan dan menjelang persalinan. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat memicu terjadinya pre-eklamsia yang dapat menyebabkan kematian pada ibu dan bayinya.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi bawang merah mentah ternyata dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu melawan berbagai virus, seperti flu, pilek, dan virus lainnya. Protein dan peptide di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Protein di dalam bawang merah memang tidak banyak, hanya sekitar 1 gram di dalam 150 gram bawang merah, namun dengan menjadikan bawang merah sebagai pelengkap sajian makanan Anda, kandungan protein ini dapat bermanfaat juga.

7. Detoksifikasi Racun
Kandungan fitokemikal dalam bawang merah dan vitamin C di dalamnya juga bisa merangsang imunitas agar tubuh dapat mengusir toksin yang masuk kedalam tubuh. Karena itu bawang merah bagus sekali dikonsumsi oleh penderita flu, batuk dan pilek. Cara lain memanfaatkannya untuk menyerap racun adalah dengan meletakkan bawang merah yang telah dikupas dan dibelah dua di dalam kamar penderita flu. Bawang akan menyerap racun yang beredar di udara.

8. Mengontrol Diabetes
Kandungan bioflavonoid di dalam bawang merah dapat membantu mengontrol diabetes, mendorong tubuh untuk memproduksi insulin dan mempertahankan imunitas terkait dengan diabetes, serta mengontrol berat badan penderita diabetes. Bawang merah juga membantu proses glikosis pada penderita diabetes tipe 1 dan 2. Jangan lupa, dengan sifatnya yang antiseptic dan anti bakteri itu bawang merah juga bisa membantu mencegah peradangan luka pada penderita diabetes.

Wah, ternyata bawang merah merupakan tanaman dengan banyak khasiat, ya. Bukan hanya untuk melezatkan makanan dan campuran sayuran saja, tapi juga untuk menjaga kesehatan kita sekeluarga. Semoga paparan di atas bermanfaat, dan menambah wawasan buat kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "8 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel