7 Penyebab Rezeki Menjauh dan Tidak Lancar Seperti Biasanya

7 Penyebab Rezeki Menjauh dan Tidak Lancar
Onmaibana.com- Penyebab Rezeki Menjauh dan Tidak Lancar- Dalam kehidupan dunia ada beberapa hal yang menjadi misteri dan rahasia Allah SWT Seperti ajal, jodoh dan juga rezeki. Nah kali ini kita akan membahas mengenai rezeki, segala sesuatu yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada kita adalah rezeki.

Kerena rezeki itu tidak melulu hanya tentang harta benda, akan tetapi kesehatan, umur, pangkat dan jabatan serta wajah yang cantik maupun tampan itu semua adalah pemberian Allah SWT yang merupakan sebagai rezeki untuk kita hambanya dan hal tersebut sudah seharusnya kita syukuri.

Namun terkadang kita terlalu sering mengeluh mengenai rezeki kita, kita selalu merasa tidak pernah beruntung dan selalu kena sial sehingga kita merasa seolah – oleh rezeki selalu menjauh dari kita. bahkan kita selalu membandingkan dengan orang lain yang selalu beruntung, mempunyai banyak harta, mobil mewah, rumah mewah sehingga terkadang membuat kita iri.

Namun anda tidak perlu khawatir, semua itu sudah diatur oleh Allah SWT jadi kita tidak perlu iri melihat rezaki orang lebih daripada kita, karena rezeki manusia itu tidak ada yang sama dan tidak mungkin juga akan tertukar.

Satu hal yang perlu dipertanyakan kenapa kita selalu jauh dari rezekiNya, apakah rezeki kita tertahan? atau kenapa rezeki kita begitu sulit dan seolah - olah menjauh ?

Untuk itu perlu kita ketahui beberapa hal dibawah ini yang menjadi penyebab Allah menjauhkan dan menahan rezeki kita :

1. Terlalu Banyak Melakukan Dosa
Salah satu yang menjadi penyebab kenapa rezeki kita menjauh dan ditahan oleh Allah SWT adalah kita terlalu banyak melakukan dosa, kita sudah tidak malu dalam melakukan berbagai jenis dosa. Perlu kita ketahui bersama kalau dosa – dosa kita tersebut akan menghalangi kita dari berbagai jenis rezeki. Dalam hal ini tidak hanya rezeki harta benda dan juga berbagai rezeki lainnya, dosa – dosa tersebut juga akan menghalangi kita untuk mendapatkan rezeki ketaatan dari Allah SWT. Sedangkan ketaatan inilah yang merupakan sebaik- baiknya rezeki dari Allah SWT.

2. Suka Menyakiti Orang Lain
Terkadang secara sadar maupun tidak sadar kita tidak pernah menyaring kata – kata yang kita keluarkan terhadap orang lain, apakah kata – kata tersebut menyakiti orang lain. Atau kita suka balas dendam dan suka menganiaya orang lain. Dengan kelakuan kita tersebut diatas orang – orang merasa sakit hati dan mereka merasa dianiaya oleh kita. maka perlu kita ketahui kalau doa orang – orang yang teraniaya doanya akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Bisa kita bayangkan kalau orang – orang yang kita sakiti berdoa agar hidup kita tidak selamat dan rezeki kita tidak lancar, hingga rezeki kita akan terasa sulit dan seolah – olah menjauh dari kita.

3. Kurang Bersedekah
Sering kita mendengar ketika ingin rezeki kita terus mengalir kita harus banyak – banyak bersedekah kepada orang yang membutuhkan dan juga kepada anak yatim. Nah hal tersebut bisa kita jadikan sebuah pelajaran, dan bisa kita intropeksi diri apakah selama ini kita sudah pernah berbagi dan bersedekah kepada orang – orang yang membutuhkan dan juga anak yatim. Mungkin hal tersebut bisa jadi rezeki kita menjadi jauh dan ditahan oleh Allah SWT.

4. Kurangnya Rasa Syukur Atas Nikmatnya
Terkadang kita sebagai hambanya selalu lupa untuk bersyukur terhadap beberapa nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada kita, bahkan terkadang kita masih selalu mengeluh dengan keadaan kita padahal kalau diperhatikan masih banyak keadaan dan rezekinya yang masih jauh dibawah kita. akan tetapi kita masih enggan untuk bersyukur.

Padahal sudah jelas Allah menyampaikan dalam ayat Al-Qur’an kalau kita bersyukur atas nikmat – nikmat yang Allah berikan niscaya allah akan tambah nikmat itu kepada kita. begitu juga sebaliknya jika kita mengingkari dan enggan untuk bersyukur maka siap – siaplah menerima azab dari Allah SWT. Hal tersebut bisa kita lihat dengan jelas pada terjemahan ayat Al –Qur’an berikut ini :

Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahmi: 7) 

Oleh karena itu ketika kita merasa rezeki kita selalu menjauh dan susah untuk kita dapatkan maka renungkanlah kembali apakah selama ini kita sudah bersyukur atas nikmat – nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita.

5. Terlambat Bangun dan Selalu Tidur di Pagi Hari
Sering kita mendengar siapa yang bangun lebih cepat dipagi hari maka dialah yang paling banyak mendapatkan rezeki. Dan siapa yang selalu terlambat bangun pagi maka rezekinya akan dipatuk ayam. Hal tersebut adalah sejalan dengan hadist Nabi Muhammad SAW berikut ini :

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : sebagaimana diriwayatkan oleh imam Ahmad bin Hanbal “Tidur di pagi hari menghalangi datangnya rezekiHadist ini dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir.

Baca Juga :
6. Karena Ujian Kesabaran Dari Allah SWT
Semua orang pasti pernah merasakan dimana rezekinya terasa sulit dan juga seoalah – olah menjauh dari biasanya. Padahal kita sudah menjalankan beberapa poin diatas akan tetapi rezeki kita masih saja sulit dan tidak seperti biasanya. 

Hal tersebut sudah biasa terjadi karena yang namanya hidup seperti roda yang berputar  kadang diatas kadang dibwah. Ada saatnya rezeki kita banyak dan mudah untuk kita dapatkan dan juga sebaliknya akan ada masanya dimana kita benar – benar pusing dikarenakan rezeki kita sulit dan seolah – olah menjauh dari kita.

Mungkin inilah cara Allah dalam menguji kesabaran kita apakah kita masih tetap bersabar dan tetap bersyukur kepadaNya. Karena setiap mansuia pasti akan merasakan yang namanya cobaan atau ujian dari tuhannya. Hal tersebut bisa kita lihat dari bunyi ayat Al – Qur’an berikut ini :

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.(QS. Al-Baqarah: 155)

Intinya ketika kita merasakan kehidupan kita begitu sulit dan rezeki kita sepertinya sangat susah anggap saja itu adalah sebuah ujian dan cobaan dari Allah SWT. Tetap semangat dan terus bekerja keras dan jangan lupa berdoa serta bersyukur kepada Allah SWT.

7. Sebagai Pelajaran Agar Bekerja lebih Keras
Penyebab berikut ini sangat erat kaitannya dengan poin nomor enam dimana ketika kita menghadapi ujian dan cobaan maka kita perlu untuk intropeksi diri kembali, apakah selama ini kita sudah maksimal dalam mencari rezeki dari Allah SWT. Oleh karena itu cobaan tersebut bisa kita jadikan pelajaran agar kita lebih bekerja keras lagi dalam menggapai rezeki dari Allah SWT, karena tidak ada yang bisa merubah nasib kita kecuali kita sendiri tentunya dengan pertolongan dari Allah. Hal tersebut bisa kita lihat dari  terjemahan ayat Al – Qur’an berikut ini :

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(QS. AL-Ra’du: 11)

Jadi ketika kita ingin menggapai ataupun merubah nasib kita dan keadaan keluarga kita agar lebih layak, tidak ada yang bisa melakukannaya kecuali diri kita sendiri. Terus bekerja keras dan selalu berpikir positf serta jangan lupa berdoa. Hingga Allah.SWT mengabulkan permintaan dalam doa – doa kita dan tercapai semua hasil dari kerja keras kita.

Itulah beberapa penyebab kenapa rezeki kita menjauh dan tidak lancar, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita agar kita lebih bijak lagi dalam menyikapi segala hal yang kita alami dalam kehidupan kita. kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di share dan dibagikan melalui menu media sosial dibawah ini, agar artikel ini lebih banyak lagi memberikan manfaat terhadap orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Penyebab Rezeki Menjauh dan Tidak Lancar Seperti Biasanya"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel