Adsense

13 Penyebab Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah & Aman


13 Penyebab Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah & Aman
Onmaibana.com- Perut buncit merupakan sebuah masalah bagi semua orang, karena sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri anda. Juga tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan tidak menutup kemungkinan kena kanker kalau hal ini terus di biarklan. Maka tidak heran banyak sekali orang – orang yang ingin mendapatkan perut yang normal dan rata.

Sebenarnya ada banyak faktor penyebab perut buncit, mulai dari terjadinya  perubahan hormone pada seseorang, sampai kebiasaan sehari-hari yang  menyebabkan perut buncit  baik yang di sadari maupun yang tidak disadari. Oleh sebab itu, perut buncit tidak boleh disepelekan. karena perut buncit tidak hanya dimiliki orang – orang gemuk saja. Pada kenyataanya perut buncit juga bisa dia alami oleh seseorang memiliki berat badan ideal.

Nah menurut beberapa dokter gizi di indoensia, yang masuk kategori yang memiliki perut buncit adalah dapat dilihat dari ukuran lingkar pinggangnya. Adapun ukuran lingkar pinggang buat laki – laki jika melebihi dari 90 cm dan lingkar pinggang perempuan 80 cm maka seseorang tersebut sudah masuk di kategori orang – orang yang mempunyai peurt buncit.

Silahkan anda ukur lingkar pinggang anda, apakah anda masuk kedalam kategori orang – orang yang mempunyai perut buncit. Namun tenang saja kalaupun anda masuk kategori orang yang mempunyai perut buncit  maka pada artikel ini akan mengetahui penyebab perut buncit dan cara mengatasinya dengan mudah dan aman.


Langsung saja berikut ini merupakan beberapa penyebab perut buncit, yang tanpa kita sadari sering kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari :

PENYEBAB PERUT BUNCIT

Jarang Berolahraga
Salah satu penyebab utama mengapa seseorang memiliki perut buncit. Yaitu ketika anda jarang sekali berolahraga sehingga mengakibatkan lemak ditubuh anda tertimbun, karena otot-otot pada bagian perut anda jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minim.Nah hal tersebutlah tentunya yang  akan membuat perut anda semakin buncit. Ditambah lagi kalau anda kebanyakan duduk dalam aktifitas seperti di depan computer, laptop, dan maupun  aktifitas lainnya.

Jadwal Makan Yang Tidak Teratur
Bagi anda yang susah dalam mengatur jadwal makan, sangat berpotensi mempunyai perut buncit karena makan yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab perut buncit. Tidak sampai disitu ketika anda sering terlambat makan dan tidak teratur pola makannya, bisa menyebabkan penyakit maag dan akan meimbulkan perasaan lapar yang berlebihan dan tidak terkontrol. Sehingga pada makan kita lupa diri dan makan dalam porsi yang banyak. Apa bila hal ini terus – menerus di lakukan maka perut anda akan menjadi buncit dan biasanya juga berat badan anda akan bertambah.

Makan Sebelum Tidur
Mungkin sudah sering kita mendengar kalau kita suka makan sebelum tidur maka akan menimbulkan perut buncit. Kalaupun anda merasa lapar sebelum tidur dan biasanya tidak bisa tidur dalam keadaan lapar. Makan sebelum tidur tetap tidak dianjurkan, karena sebenarnya pada saat tidur tubuh kita secara alami membakar sebahagian timbunan lemak yang ada pada tubuh kita.

Akan tetapi makan sebelum tidur dan tidur dalam keadaan perut penuh makanan, maka tubuh kita tidak akan membakar timbunan lemak secara maksimal. Sehingga akan menambah timbunan lemak di perut kita. sehingga berbaring dalam keadaan kenyang juga tidak di anjurkan karena dapat menyebabkan resiko terkena refluks asam lambung dan juga gangguan pencernaan. Hal tersebut terjadi karena perubahan posisi tubuh kita dalam keadaan berbaring sehingga tubuh kita tidak mampu mencerna dan menarik dengan baik makanan di perut menuju ke bawah.

Oleh karena itu, kalau anda memiliki kebiasaan makan sebelum tidur dan suka langsung berbaring dalam keadaan perut kenyang. Segeralah untuk merubah kebiasaan itu jika anda tidak mau mempunyai perut buncit dan mempunyai perut dengan gangguan pencernaan. Setidaknya makanlah antara  dua sampai tiga jam sebelum tidur atau kalau memang anda merasakan lapar pada saat mau tidur, kami sarankan makanlah buah – buahan selain bisa megatasi rasa lapar anda juga sangat baik untuk kesehatan anda.

Kurang Tidur
Kurang tidur juga bisa menyebabkan perut buncit, hal ini disebabkan ketika anda kurang tidur maka tingkat kortisol atau hormon stress anda akan meningkat. Yang menyebabkan anda mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih dan dalam porsi yang banyak untuk menggantikan tenaga anda yang tidak di dapatkan karena kurang tidur. Karena setidaknya memang orang dewasa harus memiliki waktu istirahat untuk tidur 7 sampai 8 jam pada setiap malamnya.

Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol
Bagi anda yang merupakan penggemar minum – minuman beralkohol, maka jangan heran kalau anda mempunyia perut buncit. Karena alcohol merupkan salah satu yang memicu perut anda menjadi buncit. Namun sebenarnya ketika anda mengonsumsi alcohol dengan terus menerus maka juga akan memicu berbagai macam penyakit. 

Dan seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh anda pun semakin berkurang dalam mengolah kalori yang ada dalam alcohol. Karena dalam satu gelar minuman beralkohol seperti bir mengandung sebanyak 150 kalori, jdi bayangkan ketika anda meminum banyak alcohol dan terus menerus mengonsumsinya. Maka mulai sekarang segera tinggalkan kebiasaan itu.


Merokok
Merokok juga bisa menyebabkan perut buncit, hal tersebut bisa kita lihat dari penelitian Para ilmuwan dari University of Glasgow. Mereka menemukan sebenarnya bisa mengurangi berat badan dan juga bisa menyebabkan perut buncit karena dengan merokok sebenarnya bisa mendorong lemak menuju daerah inti tubuh kita sehingga bisa menyebabkan perut anda menjadi lebih besar.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula
Bagi anda  pecinta makanan dan minuman manis, jangan sampai anda mengonsumsi gula terlalu banyak. Karena memang makanan dan minuman manis sangatlah enak. Namun perlu anda ketahui kalau mengonsumsi gula terlalu banyak bisa menyebabkan perut buncit. Hal tersebut bisa kita lihat dari pernyataan Business Insider, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. Bahwa mereka menyatakan dalam setiap harinya kita hanya boleh mengonsumsi 50 gram gula atau setara dengan seperempat sendok makan. Disamping menyebabkan perut buncit mengonsumsi terlalu banyak gula juga bisa menyebabkan menderita penyakit serius seperti obesitas, diabetes, jantung, dan kanker.

Hormon dan Usia
Perlu anda ketahui bahwa antara tubuh pria dan wanita mempunyai tempat penyimpanan lemak utama yang berbeda. Hal tersebut bisa kita lihat pada pria, , jaringan adiposa – jaringan yang menampung lemak, terakumulasi di bagian perut dan pinggang. Sedangkan wanita lebih banyak terkumpul di pinggul dan paha. Oleh sebab itu para pria lebih rentan memiliki perut buncit pada usia 40 tahun atau lebih. Hal tersebut dipengaruhi oleh berkurangnya hormon testosteron yang menyebabkan kalori yang berlebih di tubuh menumpuk menjadi lemak visceral.

Faktor bertambahnya usia juga akan membuat seseorang kehilangan massa otot, apalagi bagi anda yang malas berolahraga dan mempunyai aktifitas lebih banyak duduk. Berkurangnya massa otot tersebut akan secara otomatis menurunkan metabolisme tubuh kita dalam mengolah kalori. Yang juga berpengaruh pada kemampuan sel lemak di beberapa organ tubuh kita. akan mengalami penurunan fungsi dalam menyimpan lemak. Oleh sebabnya itu kalau seseorang memiliki kelebihan lemak, maka lemak tersebut akan langsung terkumpul ke bagian perut, yang menjadi penyebab perut buncit.

Stres
Hindari terlalu banyak stres, karena stress juga bisa menyebabkan perut buncit. Karena orang yang stress sangat besar pengaruhnya terhadap berat badan.  Karena biasanya pada kebanyakan orang  pada saat stres  maka nafsu makannya akan meningkat, terutama makan  makanan manis dan tinggi lemak. Sehingga menyebabkan penumpukan lemak di perut anda dan menyebabkan perut buncit.

Monopouse
Salah satu penyebab perut buncit adalah menopause, hal ini terjadi pada beberapa wanita yang mengalami kenaikan lemak perut pada saat berada pada fase menopause. Menopause biasanya terjadi pada wanita satu tahun setelah seorang wanita tersebut memiliki periode menstruasi terakhirnya.Nah pada waktu tersebut, biasanya kadar estrogen turun drastis, sehingga menyebabkan lemak disimpan di perut, bukan lagi pada pinggul dan paha. 

Postur Tubuh Bungkuk
Salah satu faktor penyebab perut buncit adalah memiliki kebiasaan buruk dalam berdiri dan duduk. Karena hal tersebut  akan membuat postur tubuh anda terlihat bungkuk dan postur tubuh bungkuk atau buruk akan membuat tubuh menjadi terlihat gemuk dan perut membuncit.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Ringan
Mungkin menurut anda kalau makanan ringan tidak akan berpengaruh pada perut anda, namun meski terlihat sepele jika terlalu sering ngemil juga bisa membuat perut anda buncit. Karena biasanya makanan – makanan ringan atau snack banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan yang tidak mudah di cerna oleh usus anda. Sehingga system pencernaan anda menjadi terganggu dan tidak lancar.

Adanya Bakteri Di Usus
Bakteri yang terdapat pada usus kita bisa mengganngu kesehatan dan pencernaan. Karena ada ratusan jenis bakteri  yang hidup dalam usus kita, terutama yang terdapat pada usus besar, walaupun sebenarnya beberapa dari bakteri tersebut ada yang bermanfaat untuk kesehatan namun ada juga yang merugikan untuk kesehatan kita. untuk itu marilah kita memelihara dan menjaga usus kita dengan baik agar terhindar dari bakteri – bakteri yang merugikan untuk kesehatan kita.

Setelah kita mengetahui apa-apa saja penyebab perut buncit, maka perlu kita ketahui bahwa ada beberapa masalah Kesehatan Yang Diakibatkan Oleh Perut Buncit berikut ini :

Beberapa Masalah Kesehatan Yang Diakibatkan Oleh Perut Buncit
Perlu untuk anda ketahui kalau perut buncit itu ternyata menyimpan berbagai masalah untuk kesehatan anda. Yaitu beberapa resiko berbagai jenis penyakit khususnya penyakit degeneratife yang turut meningkat seiring dengan bertambahnya simpanan lemak yang ada dalam perut.

Nah beriktut ini beberapa jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh perut buncit atau penumpukan lemak di area perut antara lain:

Kolesterol Tinggi
Salah satu penyakit yang di akibatkan oleh perut buncit adalah Kolestrol tinggi. Lemak yang ada di perut berhubungan erat dengan kadar lemak dalam darah, khususnya kolesterol. Hal ini karena lemak perut terletak dekat dengan pembuluh darah yang menghubungkan  usus ke hati. Lemak perut akan melepaskan substansi yang mengandung asam lemak bebas dan kemudian ikut terbawa ke hati. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar kolesterol total serta kolesterol jahat (LDL). Maka tidak heran jika orang yang memiliki perut buncit biasanya juga mempunyai kadar kolesterol yang cenderung tinggi.

Tekanan Darah Tinggi
Lemak di perut juga bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi, hal tersebut bisa kita lihat dari halis penelitian bahwa sel – sel lemak di perut memproduksi suatu jenis protein yang berpotensi menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Selain itu, naiknya tekanan darah juga bisa dikarenakan oleh lemak yang tersimpan di dekat organ-organ tubuh penting dalam perut.


Retroperitoneal fat, jenis lemak yang terdapat di sekitar ginjal dan kelenjar adrenal, dapat memengaruhi kerja ginjal. Mengingat ginjal merupakan salah satu organ yang berperan dalam meregulasi tekanan darah, maka bukan tidak mungkin jika kerja ginjal akan terpengaruh sehingga menyebabkan kenaikan tekanan darah.

Diabetes
Perut buncit merupakan salah satu faktor risiko Diabetes Mellitus tipe 2. Lemak perut dapat mensekresi suatu senyawa protein yang disebut retinol-binding 4 (RBP4), yang berperan dalam resistensi insulin. Resistensi insulin adalah awal mula terjadinya penyakit diabetes, di mana sel-sel tubuh kita tidak dapat merespon insulin dengan seharusnya sehingga kadar gula dalam darah meningkat.


Penyakit Jantung dan Stroke
Lemak perut mengeluarkan suatu senyawa yang disebut sitokin. Sitokin berperan dalam penyakit jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan peradangan. Saat tubuh Anda mengalami peradangan, organ hati akan memproduksi kolesterol dan toksin-toksin lain yang dapat membentuk plak di pembuluh arteri. Peningkatan lemak darah seperti kolesterol, LDL, dan trigliserida merupakan faktor risiko terjadinya  penyakit jantung serta struk. Maka jangan anggap sepele dengan perut buncit, segeralah untuk mengatasinya.

Demensia 
Perut buncit  juga bisa menyebabkan Demensia atau pikun, hal tersebut bisa kita lihat dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa orang yang perutnya buncit cenderung berisiko mengalami demensia alias pikun dibandingkan yang perutnya tidak buncit. Sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Cardiology Oita Red Cross Hospital di Jepang menyatakan bahwa ada perubahan yang tidak normal pada volume hippocampus dan resistensi insulin pada mereka yang memiliki kadar lemak perut tinggi dan menderita diabetes.

Selain itu seperti dikutip dari WebMD Sudha Seshadri, seorang asisten profesor bidang neurologi Boston University School of Medicine, mengatakan bahwa semakin banyak lemak yang menumpuk di perut maka volume otak akan semakin mengecil. Volume otak yang kecil berhubungan dengan kemampuan kognitif yang buruk dan risiko demensia di kemudian hari.

Cara Mengecilkan Perut Buncit
Mengecilkan perut buncit  sebenarnya tidak harus melakukan olahraga yang berat. Anda bisa melakukan latiahan – latihan yang tidak terlalu menguras tenaga untuk mengecilkan perut.
Akan tetapi anda harus tetap melakukan olahraga, karena olahraga merupakan salah satu cara yang sudah terbukti untuk menghilangkan lemak di perut secara cepat dan mudah.

Cardio
Salah satu  latihan yang patut anda coba adalah Cardio, Cardio merupakan salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan  olahraga seperti berlari, bersepeda, berenang, dan olahraga lainnya yang menggunakan gerakan seluruh anggota tubuh. Ketika kita  melakukan latihan atau gerakan cardio, maka otot-otot di tubuh kita bekerja mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan juga pundak.

Yoga
Bagi anda yang menyukai Yoga, sangat cocok juga untuk mengecilkan perut. Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Salah satu penelitian di India membuktikan bahwa yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan di perut.

Ketika kita melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran kita dengan berbagai gerakan – gerakan yoga supaya lebih rileks. Hal tersebut akan memacu tubuh kita dalam mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Dalam melakukan latihan yoga setidaknya anda harus berlatih sekitar 10-20 menit dalam setiap harinya, agar tubuh kita dapat melakukan system metabolisme dengan maksimal.

Sit-up dan push-up
Nah bagi anda yang benar – benar ingin mengecilkan perut, latihan berikut bisa anda coba yaitu Sit-up dan Push-up. Karena gerakan tersebut terbilang lebih muda dan bisa di lakukan oleh siapa saja. Namun kita harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Pertama anda coba lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up dalam setiap harinya¬. Ketika anda sudah terbiasa naikkan atau tambahkan jumlah sit-up dan push-up¬ anda dalam setiap harinya. Kalau anda konsisten dalam menjalankan latihan ini anda dapat menghilangakan perut  buncit dalam waktu yang relative singkat. Karena latihan sit-up dan push-up¬ dapat membakar dan menghilangkan lemak di perut.

Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cara Tradisional
Bagi anda yang sibuk dalam urusan kerja dan sulit untuk meluangkan waktu untuk berolahraga dan melakukan beberapa latihan dan gerakan diatas, anda tidak perlu khawatir, anda juga masih bisa mengecilkan perut buncit dengan menggunkan  ramuan – ramuan tradisional yang sudah terbukti ampuh dan berkhasiat.

Ada beberapa macam tanaman herbal yang sudah di manfaatkan secara turun temurun oleh masyarakat. Dan sekarang kita bisa dengan mudah mendapatkan ramuan – ramuan tersebut pada beberapa industri obat yang sudah siap dalam kemasan dan siap saji. Mengecilkan perut dengan cara alami patut untuk di coba, selain murah dan aman juga tanpa efek samping.

Mengonsumsi Teh Hijau
Ramuan herbal pertama yang patut anda coba adalah mengonsumsi teh hijau, sejak dulu teh hijau sangat terpercaya dan terkenal mempunyai banyak khasiat. The hijau merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan tentunya juga sangat cocok untuk mengecilkan perut buncit dan sudah terbukti efektif.

Teh hijau bisa memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, yang akan berfungsi untuk menghilangkan lemak dalam tubuh. Tidak sampai disitu teh hijau juga mengandung anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolestrol jahat LDL dalam tubuh. 

Dan untuk hasil yang maksimal, anda harus rutin mengonsumsi teh hijau dengan teratur sebelum makan. Dan satu hal yang perlu di ingat minumlah teh hijau tanpa gula. Ketika anda meminum teh hijau sebelum makan, maka anda akan merasa kenyang dan otomatis akan mengurangi porsi makan anda.

Mengonsumsi Teh Jeruk Nipis 
Kalau anda tidak terlalu suka dan susah mendapatkan teh hijau,  anda perlu mencoba mengonsumsi teh jeruk nipis, yaitu dengan menggunakan teh biasa yang kemudian dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Selain sehat juga mudah untuk kita dapatkan, anda hanya perlu meniapkan sekantung teh atau bisa juga menggunakan 3 sendok teh dan 1 jeruk nipis, dan segelas air panas. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumsilah teh jeruk nipis ini secara rutin.


Mengonsumsi Madu dan Jahe
Berikutnya ada Madu dan Jahe, kedua bahan alami ini memang dikenal banyak memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit.  Madu juga berkhasiat untuk mengecilkan perut buncit, karena madu mengandung zat yang akan membakar lemak dalam tubuh secara tidak langsung yaitu fruktosa.
Sedangkan jahe, mempunyai khasiat alami yaitu mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa  mengurangi porsi makan karena anda merasa tidak terlalu lapar. Yang lebih menarik cara membuatnya juga cukup mudah, anda cukup campurkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok makan perasan jahe ke dalam sebuah gelas dan kemudian diseduh dengan air panas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal minumlah 2 kali sehari.

Mengecilkan Perut Buncit Dengan Diet  
Dari dulu sampai sekarang sering kita dengar apabila kita ingin mengurangi berat badan selalu disuruu diet atau mengurangi porsi makan. Nah begitu juga bagi anda yang ingin menghilangkan perut buncit, dengan diet anda bisa juga mengecilkan perut buncit. Akan tetapi diet disini bukan mengurangi kebiasaan makan yang biasanya 3 kali menjadi 2 kali atau 1 kali. Diet disini adalah tentang mengatur pola makan, baik dari segi waktu, jumlah atau porsi makanan serta jenis makanannya.


Nah berikut ini beberapa diet yang tepat untuk mengecilkan perut buncit dengan mudah dan aman :

Perbanyak Konsumsi Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan
Bagi anda yang ingin memperkecil perut buncit, perbanyaklah mengonsumsi sayur - sayuran dan buah – buahan. karena sayuran dan buah adalah makanan dengan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat. Nah kandungan serat yang tinggi tersebut akan membantu mengikat air sehingga pencernaan kita dapat berlangsung dengan baik dan juga dapat menurunkan lemak. 

Pada sebuah studi mengatakan kalau kita mengonsumsi 14 gram serat dalam setiap harinya, dapt menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen dan mengurangi 4 persen lemak yang ada di perut.
Batasi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Bagi anda yang suka makanan dan minuman manis, sepertinya anda harus lebih memperhatikan kadar gula yang ada pada makanan dan minuman anda.  Gula yang terdapat pada makanan ada dua macam yaitu glukosa dan fruktosa.

Fruktosa hanya dapat di metabolisme di hati dalam takaran tertentu. Hal tersebut bisa dilihat ketika 
anda mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, hati anda tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak yang akan menumpuk di perut.

Jangan Makan Menjelang Tidur
Masalah makan menjelang tidur merupakan permasalahan yang sudah sering kita dengar, karena sebenarnya pada saat tidur tubuh kita secara alami membakar sebahagian timbunan lemak yang ada pada tubuh kita. Akan tetapi makan sebelum tidur dan tidur dalam keadaan perut penuh makanan, maka tubuh kita tidak akan membakar timbunan lemak secara maksimal

Oleh karena itu hindarilah makan menjelang sebelum tidur, karena pada saat sebelum tidur tidak ada lagi aktivitas hanya akan membuat kalori yang masuk diubah menjadi lemak bukannya energy. Setidaknya diperlukan waktu 2-3 jam bagi tubuh kita untuk memproses makanan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi perut buncit, serta beberapa masalah pada kesehatan. semoga bisa membantu dan bermanfaat. dan kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di share keteman - teman.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "13 Penyebab Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah & Aman"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel