Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Yang Baik Untuk Sebuah Blog

Sumber Inspirasi Menulis Artikel Yang Baik Untuk Sebuah Blog
Onmaibana.com - Sumber Inspirasi Menulis Artikel Yang Baik - Bagi seorang blogger menulis artikel merupakan salah satu keharusan dan sudah menjadi sebuah pekerjaan rutin untuk membangun sebuah blog. Karena dengan menulis artikel – artikel yang bermanfaat secara konsisten, seorang blogger bisa membangun dan mengembangkan blognya menghasilkan konten – konten artikel yang berkualitas.

Kenapa menulis  artikel sangat penting dalam sebuah blog, karena melalui tulisan – tulisan artikel yang menarik terseubutlah nantinya yang akan menarik minat pembaca untuk datang mengunjungi blog anda. semakin banyak orang yang mengunjungi blog anda, maka akan semakin bagus untuk perkembangan blog tersebut.

Karena salah satu tolak ukur sebuah blog yang dikatakan sukses adalah blog tersebut mempunyai banyak kunjungan para pembaca sehingga menghasilkan pageview yang banyak. Nah dari sini anda juga bisa melihat seberapa baik dan menarik konten artikel yang sudah anda buat, hal tersebut bisa anda lihat dari banyaknya orang – orang yang sudah membaca artikel tersebut.

Namun biasanya para blogger pemula, masih aktif dan rajin dalam membuat dan menulis artikel. Bahkan terkadang ada yang selalu update setiap hari, ada juga yang beberapa artikel dalam seminggu dan ada yang seminggu sekali. Akan tetapi seiring berjalannya waktu artikelnya juga sudah banyak, rasa jenuh dan bosan pasti akan menghampiri, . Hingga membuat kita merasa malas dan juga sepertinya sudah mulai kehabisan ide dan inspirasi dalam menulis sebuah artikel yang baik dan berkualitas.

Ketika anda sudah mulai bosan dan jenuh maka anda akan merasa kesulitan dalam menulis artikel serta sangat susah dalam menemukan inspirasi. Tapi tenang saja pada artikel ini akan kita bahas bagai mana cara menemukan sumber inspirasi.

Langsung saja berikut ini beberapa cara mendapatkan sumber inspirasi dalam menulis artikel yang menarik dan berkualitas :

Cara Mendapatkan Sumber Inspirasi Dalam Menulis Artikel

1. Pengalaman Pribadi

Anda bisa saja menjadikan pengalaman kehidupan sehari –hari , anda menjadi sumber inspirasi dan dijadikan sebuah konten artikel yang menarik dan berkualitas.  Bagikanlah pengalaman hidup anda yang sesuai atau masih berkaitan dengan niche atau materi pembahasan blog anda. misalkan tema pembahasan blog anda mengenai  kesehatan, maka buatlah artikel atau konten dari pengalaman pribadi anda mengenai kesehatan. misalnya artikel yang membahasan  cara mengatasi 

2. Cerita atau Pengalaman Dari Orang Lain

Dalam hidup terkadang kita bisa belajar dari perjalanan hidup orang lain, misalkan kita melihat langsung ataupun orang lain bercerita kepada kita tentang pengalaman – pengalamannya untuk mencapai kesuksesan misalnya, atau bisa saja tentang apa saja yang menarik untuk kita bagikan kisah ataupun cerita tersebut. Yang kemudian bisa kita buat sebagai bahan atau inspirasi kita untuk menulis sebuah artikel, tentunya harus dengan cerita atau pengalaman tentang perjalanan hidup yang bermanfaat bagi banyak orang yang akan kita buat menjadi  sebuah artikel, agar yang membaca juga nantinya banyak dan bisa saja artikel kita di share ke media sosial. sehingga bisa mendatangkan traffic atau pengunjung yang lumayan dan bisa membantu perkembangan blog tersebut.

3. Lingkungan Sekitar

Terkadang kita terlalu jauh dalam berimajinasi, sehingga kita sering mengabaikan lingkungan sekitar kita. sebenarnya inspirasi itu bisa kita temukan di mana saja, kapan dan dari siapa saja. Nah begitu juga dengan lingkungan sekitar kita. kita bisa jadikan inspirasi menulis seputar hal – hal yang terjadi  disekitar kita. seperti seputar perbincangan, perilaku atau kejadian yang menarik untuk dibagikan dan ditulis dalam sebuah artikel.

4. Inspirasi dari Blog Lain

Inspirasi menulis artikel yang ini merupakan terknik yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan para blogger. Rajin – rajinlah membaca sebuah blog yang pembahasan blognya sama dengan blog anda. hati – hati dalam menjalankan teknik ini, carilah blog yang memiliki pembahasan yang sama, kemudian masukkan kata kunci yang anda inginkan di pencarian google setelah muncul beberapa blog. Pilihlah blog yang benar – benar populer.


Kemudian buatlah tulisan artikel dengan sumber inspirasi blog yang menurut anda bagus dan berkualitas. Akan tetapi ingat jangan sampai isinya sama persis dengan apa yang dijelaskan oleh blog tersebut, perhatiakan dimana kekurangan dan kelebihannya, serta kita misalkan kita yang mencari artikel tersebut kira – kira apa lagi yang masih kurang dari artikel tersebut. Disinilah kita menambahkan dan mengupas lagi lebih dalam dan lebih jelas dan rinci. Agar para pembaca puas dan mereka mendapatkan apa yang mereka cari.

5. Membaca buku

Ketika anda sudah mulai kehabisan ide atau inspirasi untuk menulis artikel, sangat disarankan kepada anda untuk banyak – banyak membaca buku, karena buku merupakan salah satu sumber ilmu sehingga ada pepatah mengatakan kalau Buku adalah gudang Ilmu. Bacalah buku – buku yang sesuai dengan niche atau pembahasan blog anda atau setidaknya masih ada kaitannya dengan tema blog anda. karena dengan membaca buku – buku tersebut anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan juga inspirasi  untuk menulis sebuah artikel.  juga bisa memacu kerja otak untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sebuah ide.

6. Forum Diskusi atau Grup di Internet

Pada era digital dan serba internet seperti sekarang sudah banyak bermunculan forum – forum atau grup di internet untuk diskusi. Pada forum ini akan di bahas berbagai macam masalah dari anggota sampai permasalahan tersebut ada jawaban dari para anggota lainnya. Dan untuk mendapatkan inspirasi menulis artikel dari forum di internet, ikutilah beberapa forum atau grup yang sesuai dengan pembahasan blog anda dan pastikan forum tersebut masih aktif dan sudah popula dan banyak mempunyai anggota.

7. Media Sosial

Salah satu sumber inspirasi yang paling sering dan banyak digunakan oleh banyak orang adalah Media sosial, anda bisa menemukan inspirasi menulis dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun Whatsapp. Yaitu dengan cara bergabung dengan grup atau mengikuti orang – orang yang membahas tentang topik blog anda. disana anda akan mendapatkan tentang apa saja yang ingin mereka cari dan mereka butuhkan, hal tersebut bisa anda jadikan sebagai inspirasi untuk menulis sebuah artikel.

8. Koran dan Majalah

Anda bisa juga mendapatkan inspirasi menulis dari Koran atau majalah karena keduanya adalah merupakan sumber informasi yang secara rutin beredar di masyarakat setiap hari. Jadi anda bisa memanfaatkan keduanya untuk menemukan ide – ide atau gagasan yang menjadi inspirasi menulis bagi anda. Koran dan majalah disini tidak mesti yang baru yang lama, yang penting anda bisa menemukan ide untuk menulis.

9. Workshop dan Berbagai Pelatihan 

Ketika anda mengikuti Workshop maupun pelatihan, anda bisa menemukan inspirasi untuk menulis dari para tutor atau pembicara. Karena dalam sebuah workshop maupun pelatihan biasanya banyak membahas berbagai macam tips dan pengetahuan.

10. Traveling

Ada kalanya kita merasa jenuh dan bosan dengan aktifitas sehari – hari begitu juga dengan menulis artikel untuk update di blog, kita tidak tau lagi mau menulis apa dan membahas mengenai apa. Nah salah satu yang bisa menjadi sumber inspirasi menulis anda adalah dengan traveling. Anda bisa liburan kemana saja baik ke luar kota maupun dalam kota yang penting bisa menghilangkan kejenuhan dan menyegarkan pikiran dan lepas dari stress.

Baca Juga : 
Bisa saja pada saat liburan anda menemukan hal – hal baru dan banyak pelajaran yang bisa anda bagikan selama dalam perjalanan tersebut. Pikiran menjadi lebih pres dan banyak menghasilkan ide – ide yang bisa anda buat sebagai sumber inspirasi dalam menulis sebuah artikel atau misalkan ada menceritkan tentang perjalanan anda atau bisa juga anda merekomendasikan tempat liburan anda.

11. Televisi

Kalau anda tidak mau kehabisan inspirasi dalam menulis silahkan anda banyak – banyak menonton program Televisi. Karena Televisi merupakan sumber informasi paling update dan selalu bisa mengambil perhatian masyarakat. Contoh misalkan kalau blog anda yang membahasan beberapa daftar popular atau unik, anda bisa mengikuti acara fenomenal seperti Onthespot dan bisa anda jadikan sebagai inspirasi dalam menulis.

12. Youtube

Youtube merupakan aplikasi video popular dengan berbagai macam jenis video, jadi dari video tersebut bisa anda jadikan sebagai inspirasi dalam menulis khususnya bagi anda yang memiliki tips dan tutorial sangat banyak inspirasi yang anda dapatkan dari youtube. Ketika anda menulis sebuah artikel yang terinspirasi dari youtube jangan lupa anda sebutkan link videonya agar artikel anda tersebut semakin dipercaya dan tidak di anggap sebagai ocehan dan karangan belaka.


Itulah beberapa sumber inspirasi dalam menulis artikel, jadi jangan bingung lagi darimana kita dapatkan sumber artikel kalau kita mau menulis sebuah artikel. Mudah - mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa membantu buat teman - teman semua. Dan kalau menurut kalian artikel ini bermanfaat silahkan share keteman - teman lainnya.

Posting Komentar untuk "12 Sumber Inspirasi Menulis Artikel Yang Baik Untuk Sebuah Blog"