Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel Yang Menarik Dengan Mudah

Cara Menulis Artikel Yang Menarik
Onmaibana.com - Cara Menulis Artikel Yang Menarik - Dalam sebuah blog artikel yang baik dan menarik merupakan sesuatu yang sangat penting karena dengan artikel inilah blog kita bisa mendatangkan pembaca atau pengunjung yang banyak ke blog kita. Lantas bagaimana cara menulis atau membuat artikel yang menarik…?

Sebelum ke cara membuat artikelnya, ada baiknya kita memahami apa itu artikel. Artikel adalah tulisan atau karangan faktual lengkap dengan panjang tertentu yang akan di publikasikan berbagai  media online maupun media cetak dengan tujuan si penulisnya untuk menyampaikan berupa gagasan atau sebuah fakta yang dapat memberikan jawaban bagi berbagai masalah pembacanya.

Sudah pada tahu kan apa itu yang dinamakan artikel,  sekarang kita mulai ke tips dan cara menulis atau membuat Artikel yang menarik. Sepertinya menulis artikel itu sangat mudah dan gampang kita tinggal ngetik aja. Seiring dengan populernya dunia blogging maka semakin banyak juga orang yang tertarik untuk membuat artikel.

Akan tetapi perlu kita ingat membuat artikel yang menarik itu tidaklah muda, apalagi artikel tersebut akan kita publikasikan untuk blog atau website. Disamping kita harus memikirkan SEO kita juga harus benar – benar memikirkan artikel tersebut agar menarik untuk di baca. 

Berikut ini beberapa tips bagaimana cara menulis atau membuat artikel yang menarik untuk dibaca oleh para visitor blog :

Cara Menulis Artikel Yang Menarik Dengan Mudah

1. Tentukan Tema Artikel

Ketika kita ingin menulis atau membuat artikel, kita harus terlebih dahulu menentukan tema apa yang akan kita bahas, tema harus spesifik serta terinci dengan jelas dan tentunya sudah kita kuasai.

2. Pelajari Karakter dan Kriteria Calon Pembaca 

Setelah kita menentukan tema artikel yang akan kita bahas, selanjutnya kita mencoba membedah dan mempelajari karakter dan kriteria dari calon pembaca kita. Karena beda tema artikel akan beda juga peminat atau pembacanya. Seperti kita membahas hijab misalnya sudah pasti pembacanya mayoritas wanita dan kalau kita bahas mengenai olah raga seperti sepak bola pasti pembacanya mayoritas pria. 

Kita juga bisa pelajari dari kelompok usia pembaca misalkan kita membahas tentang game sudah pasti mayoritas pembacanya adalah anak muda yang berumur sekitar 15, 18 sampai 25 tahun. Kalau kita membahas masalah keuangan atau keluarga dan juga bisa dipastikan mayoritas pembacannya berumur 25 tahun ke atas.  Jadi sesuaikanlah bahasa penulisan artikel yang akan dibuat sesuai dengan peminat atau pembacanya.

Baca Juga : Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula

3. Buat Judul Yang Menarik Untuk Menarik Minat Pembaca

Judul merupakan salah satu alasan kenapa orang mau baca artikel, pada saat membaca judul artikelnya orang tersebut bisa saja penasaran atau bisa saja dia merasa kalau artikel tersebut pasti lengkap.

Kita berandai saja ketika melakukan pencarian di search Google kemudian kita melihat beberapa artikel di halaman tersebut, terus apakah menurut anda yang membuat kita memilih salah satu website yang keluar dari hasil pencarian tadi…? Jawabannya adalah judul, jadi buatlah judul semenarik mungkin sehingga orang tertarik untuk membacanya. Akan tetapi jangan coba-coba membuat judul yang tidak sesuai dengan isinya, itu hanya membuat pembacanya anda malas dan enggan untuk membaca artikel anda.

4. Buat Artikel Yang Spesifik dan Jelas

Pada saat membuat artikel usahakanlah artikel tersebut se spesifik mungkin dan jelas. Dan buatlah susunan artikel tersebut dengan relevan dan apa bila artikelnya panjang, jangan lupa membuat subjudul atau poin-poin tertentu untuk mempermudah pembaca dalam memahami artikel kita atau anda juga bisa memecah-mecah pembahasannya.

5. Buatlah Isi Artikel yang Berkualitas dan Berbobot

Sebuah artikel yang banyak di baca sangat berpengaruh terhadap seberapa berkualitas dan berbobot artikel tersebut, semakin tinggi kualitas dan bobot artikel tersebut maka pembaca akan merasa puas dengan artikel kita tersebut. Membuat  artikel yang berbobot yang bisa memuaskan pembaca anda harus melakukan riset.

6. Tambahkan Foto Penunjang Pada Artikel

Foto penunjang merupakan satu alat untuk memberikan gambaran pada artikel kita. buatlah foto yang berhubungan dengan pembahasan tema artikel anda. Anda bisa mengambil foto gratis dari Pixabay disitu sudah banyak foto  tinggal kita pilih foto yang sesuai dengan blog anda.

7. Otimasi SEO on-page dan SEO Lainnya

Saat kita membuat atau menulis artikel kita tidak boleh mengabaikan SEO sebelum artikel di publikasikan ada baiknya kita optimasi SEO terlebih dahulu dan hal itu tidak memakan waktu lama hanya membutuhkan waktu sebentar saja. hal ini bisa kita lakukan pada Meta Description karena terkadang akan muncul sebagian ringkasan artikel anda. Maka pada meta description buatlah ringkasan dari artikel anda dengan menerapkan 1 keyword.

Selain Meta Description kita juga bisa membuat SEO on page dengan memanfaatkan URL seperti berikut ini :
1. Mengandung keyword utama
2. Tidak terlalu panjang

Satu hal lagi yang bisa kita lakukan untuk SEO adalah jangan lupa membuat likn internal di dalam artikel dan link ke blog atau website lain. dan bagi anda yang mau belajar SEO saya merekomendasikan artikel dari PanduanIm.com ini http://panduanim.com/?s=belajar+seo

8. Baca Ulang dan Revisi Artikel

Setelah artikel sudah mencapai finish, silahkan kembali dibaca ulang dan revisi dimana letak kekurangannya. Baik dia dari tata bahasa maupun kalimat yang kurang cocok, kedengarannya memang sangat sepele akan tetapi kalau tahap ini tidak kita perhatikan akan terjadi berbagai kesalahan misalkan pengetikan dari kata per kata dan penempatan – penempatan kalimat yang kurang tepat. Bayangkan saja ketika kesalahan – kesalahan tersebut ada pada artikel anda yang mengakibatkan seolah-olah terkesan tidak profesional.   

Itulah beberapa tips bagaimana cara menulis atau membuat artikel yang menarik dan kalau langkah -langkah tersebut kita jalankan dan artikelnya berkualitas tidak menunggu lama artikel anda akan banyak mendatangkan pengunjung.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Artikel Yang Menarik Dengan Mudah"