Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
Onmaibana.com- Cara Membuat Blog di Blogger - Membuat blog sebenarnya sangat mudah, akan tetapi membuat blog yang sukses itu tidak mudah butuh konsistensi dan kerja keras yang kuat dan tentunya tidak mudah patah semangat. Buat anda yang tertarik menggeluti dunia blogger dan ingin menjadi seorang blogger sukses pasti sudah banyak membaca beberapa artikel tentang blogger – blogger sukses di Indonesia yang membuat anda kagum dan pengen menjadi seperti mereka.

Dan salah satu alasan anda ingin menjadi seorang blogger adalah karena anda sudah mendengar kalau dengan blog bisa menghasilkan uang dan bisa menjadi sumber penghasil buat anda.

Terus bagaimana sih cara membuat blog gratis buat pemula yang sama sekali belum tau tentang dunia blogging. pertanyaan tersebut akan terjawab karena anda sudah berada pada artikel yang akan membimbing anda bagaimana cara membuat blog dengan jelas samapi blog anda jadi dan saya doakan blognya nanti sukses.

Satu hal yang sangat perlu di perhatikan oleh para blogger pemula kenapa setelah beberapa bulan menjalankan sebuah blog sudah pada malas dan tak punya semangat lagi sehingga akhirnya gagal. Hal itu disebabkan mereka membuat blog yang asal – asalan konten dan artikelnya tidak berkualitas bahkan ada yang juga yang suka copas.

Sehingga blognya sepi pengunjung atau visitor tidak mau naik – naik dan membuat anda malas dan bosan dan mengakibatkan kegagalan. Makanya saya mengatakan hal ini sangat penting.

Agar tidak terjadi hal seperti di atas maka perlu kita perhatikan beberapa hal berikut ini :

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula

1. Topik Utama Blog

Dalam sebuah blog kita harus menentukan topic utama dalam pembahasan blog kita dan topic tersebut harus benar – benar kita kuasai agar artikel dan blognya berkualitas. karena hal ini merupakan yang sangat penting, diamana kalau kita akan menyepelekan hal ini akan sangat berakibat patal yang mengakibatkan topic blognya berantakan dan tidak jelas, pembahasannya tidak menarik bagi para pembaca sehingga sulit mendapatkan visitor.

2. Pilih Platfrom Blog

Proses selanjutnya yaitu pemilihan Platfrom, dizaman sekarang sudah banyak platform blogging buat anda yang mau menjadi blogger. Ketika anda menulis artikel di blog sama halnya anda ketika menulis di Microsof Word.

Berikut ini merupakan tiga Platfrom yang paling popular dan banyak digunakan:

1. Blogspot.com meruapakan hosted
2. WordPress.com juga merupakan Hosted
3. WordPress.org Merupakan Self Hosted

Hosted yang berarti blog anda masih menumpang di website tersebut atau bisa dikatakan kita tidak memiliki blog/website seutuhnya. Seperti contoh alamat blognya : blogcontoh.blogspot.com

Sedangkan Self Hosted merupakan kebalikan dari Hosted ketika membuat sebuah website dengan platform WordPress.org website tersebut akan menjadi milik kita menjadi seutuhnya. Akan tetapi kita harus mengeluarkan sedikit uang untuk nama domain dan hosting sesuai dengan yang kita mau.

Namun pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat blog untuk pemula dengan platform blogger tentunya gratis yang nantinya kita mempunyai alamat blognya : blogcontoh.blogspot.com akan tetapi nanti kalau anda sudah paham dan sudah mengerti dengan dunia blogger anda bisa menggan alamat blog anda dengan menggunakan domain TLD, seperti contoh alamat blognya : blogcontoh.com atau blogcontoh.net, blogcontoh.co.id dan masih banyak lagi Top Level Domain lainnya.

Berikut ini cara membuat blog di blogger gratis untuk pemula :
  • Langkah pertama anda harus punya akun Gmail terlebih dahulu, kalau belum punya anda bisa membuatnya membaca caranya DISINI
  • Setelah mempunyai akun Gmail kemudian kita buka Blogger.com akan tampil seperti gambar berikut ini :
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
  • Kemudian pilih buat blog maka akan tampil gambar seperti berikut ini :
  • Kemudian masuk dengan Akun Gmail anda dan masukkan kata sandinya kemudian pilih Login.
  • Kemudian buat Blog Baru seperti terlihat pada gambar berikut ini :
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
  • Pada kolom Judul silahkan masukkan judul atau nama blog anda sesuai dengan topik utama blog anda, sedangkan pada kolom alamat silahkan masukkan nama alamat blog anda yang nantinya merupakan alamat tujuan ke blog anda. dan pada Template pilih salah satu template untuk blog anda. setelah itu kemudian pilih buat blog, kemudian kalau ada muncul tampilan seperti berikut ini maka pilih saja lain kali.
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
  • Kenapa pilih lain kali karena pembahasan kali ini kita membahas bagaimana cara membuat blog di blogger gratis.
  • Setelah itu akan muncul gambar seperti berikut ini :
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
  • Maka dengan demikian blog anda telah selesai dibuat gambar yang di tandai dengan kotak merupakan nama blog anda sesuai yang dibuat pada kolom judul diatas tadi.
  • Dan untuk melihat blog anda silahkan pilih lihat blog sesuai yang telah ditandai kotak merah pada gambar berikut ini :
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
  • Nah kalau blog anda sudah jadi maka blog anda sudah siap mempublish artikel dan bisa membagikannya. berikut ini cara membuat postingan blog di blogger :
  • Pertama pilih entri baru seperti terlihat pada gambar berikut ini :
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
  • Kemudian perhatikan gambar berikut ini :
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula
  • Pada tanda panah berwarna merah merupakan tempat judul postingan
  • Kemudian pada panah hijau merupakan isi artikel dan kalau artikel sudah selesai kita tulis kemudian kita pilih publish yaitu yang terdapat pada panah berwarna biru.
Baca Juga : 
Setelah kita publish kemudian kita pilih lihat blog untuk melihat tampilan blog kita seperti terlihat pada gambar berikut ini :

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula

Nah ini merupakan tampilan blog baru yang anda buat, dari sini sudah terlihat satu artikel dengan judul postingan pertama.

buat kalian yang mau jadi blogger itulah cara membuat blog di blogger dengan gratis untuk pemula. semoga bermanfaat dan kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan dan kalau ada kendala dalam pembuatan blognya silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Dan bagi anda yang mau belajar membuat blog baik dari blogger maupun wordpress saya sangat merekomendasikan untuk membaca ertikel dari PanduanIm pada link berikut ini http://panduanim.com/membuat-blog/

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Untuk Pemula"