google.com, pub-5388171159716165, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri yang Terbukti Ampuh - Onmaibana.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri yang Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri - Setiap perangkat elektronik itu sudah pasti ada masanya mengalami kendala. Itulah mengapa, sebagai pengguna Anda harus berhati – hati atau mengantisipasi persiapan solusi. Seperti dalam mengetahui cara mengatasi laptop mati sendiri. Masalah yang cukup umum dan harus diperhatikan.

Beberapa Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri dengan Mudah 

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa setiap perangkat elektronik itu memiliki masanya sendiri. Masa di mana perangkat tersebut akan mengalami suatu kendala atau masalah. Seperti halnya laptop yang terkadang mati sendiri, untuk mengatasinya. Ikuti beberapa rekomendasi cara berikut.

1. Melepaskan Baterai dan Ganti dengan yang Baru 

Salah satu cara yang cukup ampuh dalam mengatasi laptop yang seringkali mati sendiri, yaitu dengan melepaskan baterainya dan mengganti dengan yang baru. Tidak menutup kemungkinan, penyebab dari laptop Anda tiba – tiba mati adalah karena baterainya sudah lama atau bahkan rusak.

Oleh karena itu, cobalah untuk melepaskankannya dan menggantinya dengan baterai yang baru. Anda tentu tidak mau bukan laptop tiba – tiba mati terus menerus dan mengakibatkannya rusak total? Jadi, gantilah dengan baterai baru agar performa laptop bisa kembali seperti semula lagi.

2. Membersihkan File Sampah Tidak Terpakai 

Selain itu, Anda juga dituntut untuk selalu membersihkan file sampah pada perangkat laptop. Pada tahapan ini, pengguna harus membersihkan sampahnya di registry windows. Biasanya file yang telah rusak atau memang tidak terpakai lagi menumpuk di sana, jadi harus segera untuk dihapuskan.

Jika tidak begitu, selain dapat membuat perangkat laptop menjadi lemot. Laptop Anda akan lebih cepat panas atau terbebani kinerjanya. Mengingat setiap perangkat elektronik itu memiliki kapasitasnya sendiri – sendiri. Jadi, jika tidak ingin ada kendala selalu bersihkan sampah laptopnya.

3. Melakukan Perawatan Secara Rutinan pada Laptop

Perlu Anda ketahui, bahwa yang namanya perangkat elektronik seperti halnya laptop. Itu perlu perawatan rutinan, tujuannya supaya tidak mudah rusak atau bahkan sekecil – kecilnya ada kendala yang tidak terduga. Seperti misalnya laptop yang seringkali mati sendiri tanpa ada penyebab apa pun.

Anda perlu melakukan perawatan rutinan kepada laptop, supaya laptopnya selalu sehat dan tidak mudah rusak. Apalagi laptop yang tiba – tiba mati sendiri, biasanya diakibatkan dari laptop yang tidak bersih, atau ada sesuatu yang salah dalam tombol – tombolnya. Jangan lupa bersihkan dengan aman.

4. Mendinginkan CPU / Body Laptop

Kemudian, cara untuk mengatasi laptop yang tiba – tiba mati sendiri adalah dengan mendinginkan CPU – nya. Entah itu pada komputer atau bahkan laptop, jikalau penggunanya terlalu lama menggunakannya. Tentu saja body – nya akan terasa sangat panas, karena memang terbebani.

Terbebani dengan penggunaan yang terlalu berlebihan, bahkan parahnya sampai berjam – jam dalam keadaan di charge. Jika untuk laptop, Anda harus mencari cara bagaimana body laptop supaya tidak cepat panas. Seperti misalnya saja dengan menggunakan coolpad untuk mendinginkan.

Baca Juga :

5. Membersihkan Laptop dari Virus / Malware 

Tidak hanya komputer saja, laptop pun juga rentan terserang berbagai macam jenis virus atau malware. Mengingat setiap perangkat elektronik itu tidak lepas dari yang namanya kendala / masalah, apalagi laptop yang memang selalu pengguna bawa untuk mereka bisa berselancar di internet.

Jikalau Anda selalu berselancar di internet menggunakan laptop, tidak menutup kemungkinan virus atau malware juga ikut masuk. Mungkin secara tidak sadar, dari iklan yang tiba – tiba muncul dan memberikan banyak beban kepada laptop. Itulah yang menjadikan laptop mati sendiri, karena virus.

6. Memperbaiki Sistem Operasi / Software pada Windows 

Cara untuk mengatasi laptop yang seringkali mati sendiri adalah dengan memperbaiki sistem operasi. Biasanya penyebab dari perangkat laptop yang tiba – tiba mati, karena kemungkinan software atau sistem operasinya sedang mengalami yang namanya corrupt. Bisa dikatakan OS sedang rusak.

Dengan kerusakan pada sistem operasi tersebut itulah yang menyebabkan laptopnya mati sendiri. Biasanya corrupt terjadi karena beberapa macam hal, seperti proses install software yang tidak benar. Jadi, untuk mengatasinya lakukan install ulang pada OS yang benar dan juga kompatibel.

7. Mengganti Komponen yang Telah Rusak 

Salah satu penyebab mengapa laptop seringkali mati sendiri, yaitu kemungkinan adanya komponen yang telah rusak atau tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus segera menggantikannya dengan komponen yang baru. Supaya masalah tersebut bisa cepat terselesaikan.

Jikalau sampai memaksakan hardware yang telah rusak bekerja, sudah pasti akan sangat berisiko kepada komponen lainnya pada laptop. Sebelum menggantinya dengan yang baru, ada baiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Siapa tahu ada kendala pada power supply – nya.

8. Memperbaiki Bagian Power Supply 

Seperti yang telah ada pada pembahasan sebelumnya, ada kemungkinan penyebab dari laptop yang tiba – tiba mati sendiri adalah pada bagian power supply – nya. Biasanya hal semacam ini terjadi pada PC juga. Jadi, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu masalah ini.

Bila memang pada power supply – nya yang mengalami masalah, akan lebih baik jika Anda menggunakan stabilizer eksternal yang terbaik. Supaya dapat membantu menstabilkan arus listrik serta jumlah daya yang masuk ke power supply. Dengan begitu, masalah terselesaikan dengan cepat.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga informatif, mengenai topik pembicaraan terkait bagaimana cara mengatasi laptop mati sendiri dengan langkah mudah. Sebelum memperbaiki masalah tersebut, ada baiknya Anda memastikan penyebabnya dulu baru mencoba mengatasinya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri yang Terbukti Ampuh"