Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu – Sudah sama – sama kita ketahui kalau saat ini untuk membeli madu asli kita harus lebih berhati – hati, karena saat ini sudah banyak beredar madu palsu atau madu yang sudah di campur dengan bahan – bahan tambahan yang di lakukan oleh mereka – mereka yang ingin mendapatkan keuntungan lebih dalam menjual madu asli.

Para penjual madu palsu ini dengan sengaja memberikan campuran tambahan agar madu yang mereka hasilkan menjadi lebih banyak sehingga mendapatkan hasil yang lebih banyak pula, yang lebih memprihatinkan lagi ada madu yang katanya asli namun bahan – bahan yang dibuat tidak ada menggunakan madu sama sekali.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu, sehingga pada saat kita membutuhkan madu asli atau ingin membelinya kita sudah bisa membedakan mana madu yang asli dan mana madu yang palsu.

Cara membedakan madu asli dan palsu sebenarnya sudah banyak beredar di kalangan masyarakat namun belum tentu semua mitos yang beredar sepenuhnya benar. 

Untuk pembahasan lebih jelasnya mari kita simak beberapa cara membedakan madu asli dan palsu berikut ini :

1. Membedakan Madu asli dan Palsu dengan Teksturnya

Cara membedakan madu asli dan palsu ini bisa kamu lakukan dengan cara menggoyangkan botolnya jika madu bergerak dengan lambat dan teksturnya kental maka madu tersebut merupakan madu asli, namun jika madu bergerak dengan cepat dan terlihat ringan maka madu tersebut kemungkinan besar madu palsu.

2. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Cara Memanaskan

Kamu juga bisa membedakan madu asli dan palsu dengan cara memanaskannya, perhatikan madu yang kamu panaskan jika madunya menimbulkan buih atau busa maka madu tersebut adalah madu palsu, namun jika madu yang kamu panaskan menjadi seperti caramel dengan cepat dan tidak menimbulkan buih atau busa maka madu tersebut merupakan madu asli.

3. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Cara di Tuangkan ke Kertas

Cara membedakan madu asli dan palsu lainnya adalah dengan cara menuangkan madu ke kertas, setelah madu di tuangkan ke kertas coba perhatikan jika kertas tersebut tidak mudah untuk di robek maka madu tersebut adalah madu asli. Namun jika kertas tersebut menjadi lebih mudah di robek maka madu tersebut adalah madu palsu.

4. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Cara Membakar 

Kamu juga bisa membedakan madu asli dan palsu dengan cara membakar madu, dengan cara menyiapkan sebatang korek api kemudian celupkan ke dalam madu. kemudian coba nyalakan batang korek api tersebut, jika madu yang di celupkan tadi merupakan madu asli maka korek tersebut tidak akan mudah terbakar. Akan tetapi jika korek tersebut mudah terbakar seperti biasanya maka madu tersebut adalah madu palsu.

5. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Jari 

Cara membedakan madu asli dan palsu ini cukup dengan dua jari, caranya coba kamu gosok – gosokkan madu tersebut menggunakan dua jari. Jika madu tersebut menyerap pada kulit maka madu tersebut adalah asli, namun jika madu tersebut agak lengket dan menimbulkan butiran – butiran yang tertinggal maka madu tersebut adalah madu palsu.

Baca Juga :

6. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Cara Mencampur Sari Cuka

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah cukup dengan mencampurkan sedikit madu, air dan dua atau tiga tetes sari cuka. Jika campuran tersebut menimbulkan busa maka kemungkinan besar madu tersebut adalah madu palsu, namun jika madu yang sudah di campur sari cuka tersebut tidak menimbulkan busa maka madu tersebut adalah madu asli.

7. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Air

Cara membedakan madu asli dan palsu ini juga cukup mudah, tuangkan satu sendok madu ke dalam gelas berisi air. Jika madu yang di tuangkan tersebut tidak mudah larut di dalam air dan mengendap di dasar gelas maka madu tersebut adalah madu asli, namun sebaliknya jika madu tersebut dengan mudah menyatu dengan air maka madu tersebut adalah madu palsu.

8. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Semut

Banyak beredar mitos di kalangan masyarakat kalau madu asli semut tidak akan mau mengerubungi madu tersebut. namun itu belum tentu sepenuhnya benar karena banyak juga para pakar yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut. 

Hal ini pernah juga kami perhatikan secara langsung pada saat panen madu asli di hutan, kalau tetesan madu tersebut pada saat panen banyak di kerubungi semut. Itu artinya madu asli juga di sukai semut justru madu yang sudah mempunyai campuran yang membuat semut tidak mau mendekat.

9. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Roti

Kamu juga bisa mencoba membedakan madu asli dan palsu dengan menuangkan madu di atas roti, kemudian perhatikan tekstur roti jika roti berubah menjadi keras maka madu tersebut adalah madu asli. Namu jika roti tersebut menjadi basah dan menyerap maka tersebut adalah madu palsu.

10. Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Kunig Telur

Cara ini sudah pamiliar dan cukup banyak di gunakan sebagai cara membedakan madu asli dan palsu, cara ini bisa kamu gunakan dengan cara mencampurkan madu dengan kuning telur kemudian aduk kedua bahan tersebut. jika madu yang di campur dengan kuning telur tersebut madu asli maka kuning telur yang sudah diaduk dengan madu tadi akan menjadi tampak matang, namun jika kuning telur tidak ada peubahan sama sekali maka madu yang di tuangkan tadi adalah madu palsu.

Nah itulah beberapa cara membedakan madu asli dan palsu yang bisa kamu praktikkan di rumah, akan tetapi terlepas dari beberapa cara membedakan madu asli dan palsu di atas adalah tidak bisa menjamin keaslian madu yang kamu cek 100 % karena beberapa cara di atas merupakan cara agar kita lebih – berhati lagi dalam membeli madu asli.

Karena yang tahu madu asli atau palsu 100% hanyalah si penjual madu, namun setidaknya kita sudah mempunyai pengetahuan tentang bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu.

Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa menghindari para pembeli madu asli dari madu palsu, dan jika kamu membutuhkan madu asli dan keasliannya terjamin 100% silahkan klik disini. Madu asli langsung kita panen dari hutan dan langungsung kita yang meniriskan madu tanpa campuran apapun serta bukan madu peliharaan.



Posting Komentar untuk "10 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu "