Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tempat Wisata di Padang Lawas yang Wajib Kamu Kunjungi

tempat wisata di padang lawas

Tempat Wisata di Padang Lawas – Buat teman – teman yang berencana berkunjung atau liburan ke daerah kabupaten padang lawas kalian tidak akan menyesal karena sangat cocok dan recomended banget. Kabupaten padang lawas mempunyai banyak sekali tempat – tempat wisata mulai dari wisata alam seperti air terjun, danau, pemandian air panas dan sungai –sungai jernih yang mengalir dari pegunungan. Atau  wisata budaya dan bersejarah seperti candi, kuburan permata sapihak, serta wisata religi berkunjung ke masjid agung padang lawas dan juga tempat wisata seperti  water boom dan waterpark juga ada di padang lawas.

Padang Lawas merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Penduduk lokal lebih sering menyebut kabupaten ini Palas yaitu merupakan singkatan dari Padang Lawas, padang lawas memiliki luas wilayah sekitar 3.893 Km2 dan merupakan hasil pemekaran dari Wilayah Tapanuli Selatan. 

Sekedar informasi ya teman - teman padang lawas itu berbeda dengan padang lawas utara ya, karena padang lawas atau biasa di sebut Palas itu ibu kotanya Sibuhuan, sedangkan Padang Lawas  Utara atau sering disebut Paluta ibu kotanya gunung tua. jadi jangan sampai salah lagi ya teman - teman. 

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tempat  - tempat wisata yang popular dan banyak di kunjungi di kabupaten padang lawas.

12 Tempat Wisata di Padang Lawas yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Aek Siraisan

tempat wisata di padang lawas

Jika kamu berkunjung ke padang lawas dan menyebutkan aek siraisan semua orang pasti sudah tahu  karena tempat wisata aek siraisan ini merupakan salah salah satu tempat wisata paling populer di padang lawas.

Aek yang berarti air dalam bahasa daerah padang lawas sedangkan siraisan merupakan nama desa di daerah tersebut jadi aek siraisan itu merupakan sebuah sungai yang mengalir bersih dan jernih di desa siraisan. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah mulai dari pegunungan hingga pohon – pohon yang menjulang tinggi disekitaran aek siraisan ditambah lagi dengan air sungainya yang selalu dingin sepanjang hari karena sungai siraisan ini mengalir langsung dari pegunungan. 

Pada akhir pekan tempat ini selalu ramai pengunjung baik dari kalangan anak muda maupun yang sudah berkeluarga, Tempat wisata ini berada di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

2. Aek Milas Paringgonan

tempat wisata di padang lawas

Buat kamu yang ingin liburan bersama keluarga dan ingin berendam dan mandi dikolam air panas nah di tempat wisata Aek Milas inilah tempat yang sangat direkomendasikan.

Dalam bahasa daerah di padang lawas aek milas memiliki arti air panas, jadi aek milas paringgonan ini merupakan tempat wisata pemandian kolam air panas yang sudah memiliki  fasilitas yang terbilang sudah sangat lengkap.

disamping wisata ke pemandian aek milas ini tubuh kamu  juga akan terasa lebih segar dan bugar karena tubuh banyak mengeluarkan toksin. Tubuh yang sering berendam air hangat akan menambah metabolisme menjadi lebih baik dan sangat cocok buak kamu merasa kurang enak badan, pegal dan flu biar tambah segar dan tentunya sangat menyenangkan.

Lokasi tempat wisata pemandian air panas ini berada di Desa Paringgonan Julu, Kecamatan  Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

3. Danau Gayambang

tempat wisata di padang lawas

Danau Gayambang merupakan sebuah danau yang memiliki  pemandangan yang sejuk dan indah dipandang mata. Para pengunjung biasanya mengabadikan keindahan danau ini dengan berfoto selfi dan juga sebagian orang yang menjadikan danau ini sebagai tempat foto praweding. Danau Gayambang ini memiliki lulas kurang lebih sekitar 35 hektar dan  ditambah dengan hamparan pohon – pohon serta warna air danau yang agak kehijaun menambah nilai eksotis dan  keindahan danau ini.

Jika kamu berniat mengunjungi danau ini kamu bisa langsung menuju lokasi yaitu di Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas.

4. Aek Hapung

tempat wisata di padang lawas

Sama seperti aek siraisan, aek hapung juga merupakan sebuah sungai yang mengalir jernih di desa hapung. Tempat wisata ini juga banyak dikunjungi karena mempunyai pemandangan dan panorama yang asik ditambah lagi dengan deretan batu batu besar yang seperti tersusun dengan rapi sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata sungai hapung ini

Kamu bisa mandi dan bermain air atau hanya sekedar berfoto selfie dengan panorama pepohonan hijau yang ada di sekitar sungai sangat menyejukkan.

Lokasi tempat wisata aek hapung ini berada di Desa Hapung, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas.

5. Air Terjun Katobung

tempat wisata di padang lawas

Sebenarnya air terjun katobung ini hanya sebuah aliran sungai yang miring dan hanya berketinggian sekitar 3 meter. Akan tetapi air terjun katobung ini memiliki panorama yang indah dengan suaragemercikan air yang tentunya sangat menenangkan.

Buat kamu yang tidak suka berenang kamu bisa menaiki perahu dayung untuk berkeliling sebentar untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar air terjun ini yang sangat asik dan menarik untuk ditelusuri.

Lokasi air terjun Katobung ini berada di Desa Papaso, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Bali Yang Sangat Terkenal dan Populer

6. Air Terjun Sipatabung Pinarik

tempat wisata di padang lawas

Air terjun  Sipatabung merupakan tempat wisata suguhan hutan alami dipadu dengan air jernih yang masih bersih membuat keberadaan air terjun Sipatabung ini adalah wisata alam terbuka. Berbagai macam tantangan alam di lokasi air terjun ini cukup menjanjikan bagi pecinta adventure. 

Akses  menuju lokasi air terjun ini  harus menyusuri aliran sungai dari hilir menggunakan perahu. pada saat menyusuri aliran sungai kamu akan melihat hutan alami yang mengelilingi sekitaran sungai. Jarak menuju lokasi air terjun ada sekitar dua kilometer selama perjalanan sekitar 20-30 menit ini akan kamu akan terkagum dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Serta bebatuan besar sepanjang aliran sungai.

Lokasi Air terjun Sipatabung ini berada di Desa Pinarik Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas.

6. Candi Sangkilon

tempat wisata di padang lawas

Buat kamu ingin liburan ke tempat wisata bersejarah Candi Sangkilon merupakan salah satu yang harus kamu kunjungi di padang lawas, Candi ini disebut dengan Candi Sangkilon karena letaknya cukup dekat dengan Sungai Sangkilon yang hanya berjarak 20-30 meter saja.

Berdasarkan prasasti yang ada di lempengan emas, ukuran candi hanya sekitar 11×11 meter untuk candi induknya, sedangkan candi kecil lainnya hanya berukuran 3×3 meter dengan jumlah sekitar 3 candi  saja. Saat ini lempengan emas tersebut disimpan di Museum Nasional agar tetap aman.

Lokasi candi sangkilon ini berada di Desa Sangkilon Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas.

7. Candi Tandihat

tempat wisata di padang lawas

Sama  seperti candi sangkilon, candi tandihat juga bisa menjadi tempat wisata bersejarah di padang lawas.  Meskipun bentuk candi ini tidak sempurna lagi karena sudah ada sejak abad ke 16. Berdasarkan sejarah, candi ini memiliki 3 kompleks percandian dengan ruang dan fungsi tempat yang berbeda. Satunya sebagai induk kemudian dua lainnnya menjadi tempat untuk para perwira.

Arca perunggu yang dulunya ditemukan di candi tandihat ini sudah disimpan di Museum Nasional dan lokasi candi tandihat ini berada di Desa Tandihat, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas.

8. Candi Sipamutung

tempat wisata di padang lawas

Satu lagi tempat wisata bersejarah di padang lawas adalah candi sipamutung Kompleks Candi Sipamutung merupakan situs candi yang paling besar yakni mencapai sekitar 100 hektar. Bentuk dan denahnya juga masih sangat bagus sehingga para pengunjung yang datang bisa dimanjakan dengan proses sejarah pada masa lampau.

Candi sapamutung terdiri dari candi induk dengan ukuran 74×74 meter yang kemudian diikuti dengan candi pendukung lainnya dengan ukuran yang bervariasi. Candi sapamutung ini berada di Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas.

9. Parmata Sapihak

tempat wisata di padang lawas

Tempat wisata yang satu ini meupakan destinasi wisata ziarah ke salah  satu makam yang cukup unik didaerah pegunungan permata sapihak. Konon disebutkan ukuran dari makam ini di luar ukuran biasanya yaitu sekitar 5-7 meter. Biasanya banyak orang – orang berkunjung ke tempat ini baik hanya sekedar berkunjung maupun untuk berziarah. 

Makam Permata Sapihak ini berada di Desa Limbong, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

10. Mesjid Agung Al – Munawwaroh 

tempat wisata di padang lawas

Buat kamu dan keluarga yang mau ketempat wisata reilgi bisa berkunjung ke masjid agung al – munawwaroh di padang lawas. Masjid ini mempunyai tampilan artistik seni budaya dan religius memancarkan bangunan bernafaskan Islami.

Masjid agung al – munawwaroh merupakan masjid termegah didaerah Kabupaten Padang lawas dan mempunyai luas sekitar 5 hektar dan  menjadi ikon destinasi religi sebagai pusat kegiatan keagamaan di padang lawas.

Lokasi masjid agung al – munawwaroh berada di Jl. Kihajar Dewantara Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

11.Water Park Sisunggul Lungun

tempat wisata di padang lawas

Waterpark sisunggul lungun merupakan tempat wisata kolam renang yang saat ini menjadi destinasi tempat wisata di padang lawas. Waterpark sisunggul lungun mempunyai fasilitas yang sangat lengkap mulai dari Restorand, Kolam renang bagi dewasa dan anak anak, karaoke keluarga, Permainan bagi dewasa dan anak anak, Fasilitas selvi keluarga, Ember tumpah, Kolam arus, Pondok keluarga, Menyediakan ban, Parkiran serta fasilitas lainnya.

Lokasi Waterpark sisunggul lungun berada di Jalan Lintas Sibuhuan - Gunung Tua Desa Batang Bulu Jae Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas

12.Water Boom Dofa 

tempat wisata di padang lawas

Waterboom Dofa merupakan tempat wisata kolam renang yang saat ini menjadi salah satu destinasi paling banyak di kunjungi khususnya saat akhir pekan. Waterboom dofa juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari Restorand, Kolam renang bagi dewasa dan anak anak, Permainan bagi dewasa dan anak anak, Fasilitas selvi keluarga, Ember tumpah, Pondok keluarga, Menyediakan ban, Parkiran serta fasilitas lainnya.

Lokasi Water boom dofa berada di Jalan Lintas Sibuhuan - Sosopan  Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Nah itulah beberapa  destinasi tempat wisata di padang lawas yang tentunya wajib kamu kunjungi jika berkunjung dan liburan di kabupaten padang lawas, buat teman – teman yang memiliki rekomendasi tempat wisata lainnya di padang lawas boleh tuliskan di kolom komentar ya teman – teman.


Posting Komentar untuk "12 Tempat Wisata di Padang Lawas yang Wajib Kamu Kunjungi"