Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BLKK Pondok Pesantren Ruhul Islam | Membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi dengan Program Pelatihan Pembuatan Pakaian

BLKK Pondok Pesantren Ruhul Islam | Membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi dengan Program Pelatihan Pembuatan Pakaian

Onmaibana.com - BLK Komunitas Pondok Pesantren Ruhul Islam kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi dengan program pelatihan Pembuatan Pakaian, program pelatihan ini nantinya akan mempelajari cara membuat Rok, Blouse dan Kemeja.

Kegitan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, di Aula BLK Pondok Pesantren Ruhul Islam Sialambue pada Rabu 9 agustus 2023 siang.

Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan pakian tersebut. 

Pada kesempatan tersebut, beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta supaya tekun belajar mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Hingga nantinya setelah kegiatan pelatihan itu, masing – masing peserta bisa membuka usaha secara mandiri, dan menjadi penjahit atau desainer pakaian profesional di Kabupaten Padang Lawas.

”Setidaknya ilmu yang anak – anak kami dapatkan pada kegiatan ini nanti, bisa bermanfaat bagi diri pribadi, keluarga dan masyarakat luas. Untuk itu rajinlah belajar, agar nanti bisa menjadi penjahit atau pembuat pakaian yang terampil dan profesional itu harapan kami,” tandas Kakan Kemenag Palas.

Ketua BSPPL Kabupaten Padang Lawas H. Pauzan Hamidy Hasibuan juga turut hadir dan beliau sangat mengapresiasi dan menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan pakaian yang diadakan di BLK Ponpes Ruhul Islam Sialambue, untuk kedua kalinya sejak tahun 2022 lalu.

Semoga pelatihan ini menambah khasanah keilmuan khususnya bagi anak – anak kami peserta. Serta membawa berkah dan bermanfaat bagi kita semua, amin,”tutur H. Pauzan dalam kutipan sambutannya diacara ini.

Baca Juga :

Sebelumnya Misbah Fuadi Hasibuan sebagai Pimpinan Ponpes Ruhul Islam Sialambue juga mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran seluruh peserta dan tamu undangan atas kehadiran mereka diacara kegiatan pembukaan pelatihan pembuatan pakaian itu. Melalui acara program kegiatan pelatihan pembuatan pakaian itu ke depannya, ia berharap, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara pihaknya, dengan masyarakat luas ke depannya.

Beliau juga menyampaikan kalau pelatihan tahap kedua ini, keinginan masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini sangat antusias, hal tersebut bisa kita lihat dari jumlah pendaftar yang sudah melebihi kuota dalam 3 hari waktu pendaftaran yang kita bagikan di media – media sosial, ungkapnya.

Ditambahkan oleh Ketua Pengelola BLK Ponpes Ruhul Islam Henri Taufik Pasaribu, bahwa kegiatan pelatihan pembuatan pakaian ini di ikuti oleh 16 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di kabupaten padang lawas, seperti kecamatan barumun baru ada 3 peserta, dari kecamatan barumun ada 9 peserta, dari kecamatan lubuk barumun ada 3 peserta dan satu peserta lainnya berasal dari kecamatan huta raja tinggi. 

Pelatihan tersebut akan digelar pihaknya selama 22 hari atau selama 220 jam pelajaran yang mana dalam setiap harinya 10 jam pelajaran perhari. Beliau juga menyampaikan kegiatan pelatihan tersebut betul – betul dimulai dari dasar mulai dari pengukuran tubuh, memotong bahan, penjahitan, hingga menghasilkan prodak jadi berupa baju dan pakaian lainnya yang layak bersaing dipasaran. Dan pelatihan itu juga dilatih oleh tenaga instruktur yang sudah bersertifikat kompetensi dibidang pelatihan menjahit yaitu Muhammad Soleh Srg dan Yohana Yulida Siregar, ungkapnya.

Dalam acara pembukaan pelatihan ini juga turut dihadiri oleh Kabid Pelatihan Tenaga Kerja Disnaker Palas Idris Mandefa dan sejumlah tamu undangan lainnya seperti bapak Kepala Desa Sialambue dan  bapak Kepala Desa Bangun Raya.

Posting Komentar untuk "BLKK Pondok Pesantren Ruhul Islam | Membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi dengan Program Pelatihan Pembuatan Pakaian"