Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat - Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan. Karena kucing hewan yang sangat lucu dan menggemaskan serta cukup mudah memelihara dan merawatnya.

Kucing juga terdiri dari berbagai jenis seperti kucing Persia, Birman, Siam, kucing kampung dan masih banyak lagi jenis – jenis lainnya.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat dan panjang agar kucing yang kamu miliki menjadi  lebih lucu  dan menggemaskan. 

Kucing kampung merupakan jenis kucing yang dikenal memiliki bulu yang pendek, tidak seperti kucing ras yang memiliki bulu yang panjang dan lebat. Namun ada cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat, bersih dan sehat serta tidak  mudah rontok.

Untuk itu simak berikut ini cara merawat kucing kampung agar mempunyai bulu  lebat :

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

1. Mandikan Kucing Secara Teratur

Bagi kamu yang sudah memelihara kucing pasti sudah tahu bahwa kucing kampung jarang dimandikan karena kucing kampung tidak suka dimandikan. Meskipun sebenarnya kucing bisa melakukan self-grooming atau pembersihan diri sendiri, namun untuk mendapatkan bulu yang lebih bagus kamu harus tetap memandikannya secara rutin dan teratur

Memandikan kucing secara teratur juga bisa menghilangkan kotoran di tubuh kucing bisa menyingkirkan rambut rontok yang tersisa dan kulit mati. Karena kalau kotoran pada tubuh kucing jarang dibersihkan maka bisa menjadi jamur yang bisa menyebabkan kerontokan bulu.

Kamu bisa mencoba menjadwalkan mandi si kucing seminggu sekali. Karena jika terlalu sering dimandikan bisa menghilangkan minyak alami pada tubuhnya. Dan saat memandikan sikucing kamu juga bisa menggunakan sampo khusus kucing untuk merangsang pertumbuhan bulunya agar menjadi semakin lebat.

2. Menyisir Bulu Kucing Secara Rutin

Untuk mendapatkan bulu kucing yang lebat kamu harus sering menyisir bulu si kucing, hal tersebut bisa memisahkan bulu yang rontok dari tubuh kucing. Jika bulunya yang rontok tetap menempel pada tubuh kucing bisa menghambat pertumbuhan bulu lainnya. Hal  ini karena bulu yang rontok bisa menutupi permukaan kulit di mana bulu baru akan tumbuh.

3. Berikan Sinar Matahari yang Cukup

Buat kamu para pecinta kucing, sudah pasti tahu dong kalau kucing sangat suka kehangatan, begitu pula kehangatan sinar matahari. Sinar matahari bisa menguatkan bulu dan menghilangkan jamur, bakteri, atau parasit yang bisa menempel pada bulu kucing.

4. Menghindari Kudis dan Kurap pada Kulit Kucing

Untuk mendapatkan bulu yang lebat pada kucing kampung, maka kamu harus menghidari sikucing dari kudis dan kurap pada kulitkucing. Kurap dan kudis merupakan infeksi jamur bukan cacing. Tumbuh di batang rambut kucing, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Baca Juga :

5. Memberi Kuning Telur Matang

Perawatan selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan bulu kucing kampung menjadi lebat adalah dengan memberinya kuning telur  matang. 

Kuning telur digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan pemeliharaan bulunya. Berikanlah kuning telur matang pada sikucing kampung maksimal tiga kali dalam seminggu.

5. Memberikan Minyak Ikan

Selain memberikan kuning telur matang, kamu juga harus memberikan minyak ikan,  minyak ikan mengandung asam omega-3 yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas bulu kucing. Mencampurnya dengan asam lemak omega-6, yang terkandung dalam lemak ayam dan minyak sayur dapat menjaga daya tahan kulit si kucing terhadap peradangan.

6. Penuhi Vitamin dan Mineral

Perawatan berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberinya vitamin dan mineral yang cukup, vitamin dan mineral memiliki manfaat berbeda untuk kesehatan bulu kucing. Mineral seperti seng sangat penting untuk regenerasi bulu kucing, sementara vitamin membantu penampilan dan kekuatan bulu dan kulit.

7. Hindari Stres Pada Kucing

Kamu harus betul – betul memperhatikan si kucing agar bulunya tumbuh lebat. Hindari kucing dari stres dan cemas, karena ketika kucing merasa stres bisa memicu kenaikan tekanan darah, sehingga nutrisi tidak bisa disalurkan ke seluruh tubuh kucing secara maksimal

Itulah pembahasan seputar bagaimana cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat, sebenarnya merawat kucing kampung sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memberikan perhatian khusus, sehingga kucing peliharaanmu agar lebih terawat dan sehat serta memiliki bulu yang lebat dan panjang.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat"