Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Onmaibana.com- Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan - Mungkin anda punya niat untuk mencari peluang usaha sampingan, makanya anda bisa melihat dan membaca artikel ini. Karena memang artikel ini dibuat untuk orang – orang seperti anda yaitu orang yang ingin mempunyai penghasilan tambahan meskipun sebenarnya saya tahu kalau anda saat ini merupakan seorang karyawan atau sudah ada pekerjaan tetap. Tapi jangan khawatir anda sudah berada di situs dan artikel yang tepat karena pada artikel ini kita akan membahas dan mengupas dengan jelas peluang usaha sampingan yang menjanjikan dan tentunya akan menambah penghasilan anda nantinya.

Zaman sekarang kita harus dituntut dan harus pandai dalam mengambil setiap peluang, peluang sekecil apapun harus bisa kita manfaatkan dan harus bisa menjadi sumber penghasilan tambahan buat kita. Misalkan saja seorang karyawan yang sebenarnya mempunyai banyak waktu yang luang. Nah kalau waktu luang itu kita manfaatkan dengan optimal bisa kita buat menjadi sumber penghasil tambahan yaitu dengan cara membuka usaha sampingan. 

Sekarang timbul pertanyaan apakah perusahaan atau tempat kita kerja tidak melarang karyawannya membuka usaha sampingan? Jawabannya tidak asalkan usaha tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perusahaan dan tentunya juga tidak mengganggu pekerjaan kita.

Kenapa kita harus mempunyai usaha sampingan?

Sebelum saya menjawab pertanyaan diatas, saya juga mau membuat beberapa pertanyaan yang bisa jadi nantinya merubah pola pikir kita dan muncul niat untuk membuka usaha sampingan

Berikut adalah pertanyaannya. 

Sampai kapan kita mau jadi karyawan atau bisa dibilang budak orang?

Sampai kapan perusahaan mau mempekerjakan kita?

Dan apakah sudah cukup gaji yang kita dapatkan?

Anda bisa jawab sendiri dan renungkan apa tujuan pertanyaan tersebut…

Jadi kenapa kita harus mempunyai usaha sampingan, karena usaha sampingan sangat menarik untuk dijalankan dan juga sangat menjanjikan. Secara umum tingkat kegagalan dalam usaha sampingan ini juga sangat rendah namun tidak menutup kemungkinan usaha sampingan bisa mengalahkan penghasilan tetap kita.

Berikut ini merupakan jawaban kenapa kita harus mempunyai usaha sampingan :

1. Mempunyai ide atau gagasan dan kemampuan yang orang tidak punya

2. Peluang dan potensi pasar ketika kita membuka usaha sangat terbuka luas

3. Adakalanya kita perlu uang tambahan sehingga kita harus membuat usaha sampingan

4. Ketika kita merasa bosan dan jenuh dengan apa yang kita kerjakan maka muncul keinginan untuk membuka usaha sampingan

5. Modal atau bekal untuk hari tua karna tidak selamanya kita bisa kerja sebagai karyawan

Apakah usaha sampingan bisa mengalami kegagalan…..?

Bisa saja karena segala sesuatu apalagi yang namanya usaha bisa saja tiba – tiba mengalami kegagalan. usaha tidak berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. apa lagi kalau kita menjalankannya tidak dengan serius.

Nah sebelum kita mengalami kegagalan dalam usaha sampingan silahkan kita simak beberapa sebab mengapa banyak orang yang gagal dalam menjalankan usaha sampingan berikut ini:

Terlalu Pokus Kebutuhan Usaha
Pada saat awal kita memulai usaha sampingan yang ada di benak kita adalah membeli dan mencukupi segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan usaha, sehingga kita sering kali salah dalam memilih dan menentukan bahan dan kebutuhan apa saja yang perlu dan paling dibutuhkan untuk usaha kita.

Salah Dalam Menganalisa Peluang dan Potensi Pasar
Ketika membuka usaha sampingan kita terlalu menganggap remeh yang namanya peluang dan potensi pasar sehingga ketika kita punya niat membuat usaha sampingan yang ada di pikiran kita pasti usaha kita akan maju dan sukses.

Terlalu Memprioritaskan Usaha Sampingan
Dari namanya saja usaha sampingan bukan merupakan usaha prioritas atau utama, akan tetapi kadang – kadang kita terlalu berambisi dan ingin cepat sukses dan usaha kita cepat berkembang, kita terlalu memprioritaskan usaha sampingan kita sehingga membuat kita keteteran karena harus bekerja lagi pada pekerjaan utama kita.

Rencana Usaha Yang Asal - Asalan
Ketika kita mempunyai niat membuat usaha sampingan, harusnya kita sudah mempunyai rencana usaha yang jelas dan terperinci. Karena usaha tanpa perencanaan tidak akan berjalan dengan efektif dan gagal. Sekecil dan sebesar apapun usaha yang akan kita jalankan, sudah pasti akan tetap saja membutuhkan yang namanya sebuah perencanaan.

Tidak Bisa Membangun Relasi atau Konsumen
Salah satu penyebab kegagalan saat membuka usaha sampingan adalah kita tidak bisa membangun relasi atau konsumen kita. Maka sudah bisa dipastikan usaha kita resebut tidak akan bertahan lama.

Berikut ini ide 15 ide peluang usaha sampingan yang menjanjikan yang layak untuk di coba :

1. Jual Pulsa Elektrik
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Usaha sampingan yang sangat menjanjikan adalah salah satunya jadi agen jualan pulsa. Karena di zaman sekarang pulsa merupakan suatu kebutuhan yang wajib, jadi kita hanya tinggal membangun relasi dengan pelanggan maupun teman – teman kita agar usaha jualan pulsa kita bisa berjalan lancar dan terus menerus menjadi semakin berkembang.

Modal untuk memulai usaha sampingan ini juga tergolong rendah apalagi teman –teman sudah mempunyai smartphone jadi kita hanya butuh modal untuk saldonya saja. Dan untuk saldo pun tidak ada patokan minimal harus punya saldo awal berapa, bisa saja kita membuat saldo awal mulai dari 50.000 – 500.000. yang paling menarik dengan usaha ini adalah omzet penjualan usaha ini bisa dibilang pasti memberikan kita keuntungan.

Untuk mendapatkan hasil yang efisien dan mudah untuk mengetahui keuntungannya berapa kita harus mencatat setiap transaksi baik masuk maupun keluar agar lebih mudah nantinya dalam mengalisa dimana titik kelemahan dalam usaha kita. Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk keberlanjutan usaha ini disetiap transaksi kita harus menggunakan uang cash atau bayar langsung, jangan terlalu mudah mengerimkan pulsa dengan cara hutang atau bon karna hal ini nantinya akan menjadi problem tersendiri buat kita dan bisa juga memperlambat perkembangan usaha kita dikarenakan modal banyak tertanam sama orang – orang yang bon tadi. Baca Disini : 11 Aplikasi Jual Pulsa Murah, Terbaik dan Terpercaya di Android

2. Cuci Motor atau Mobil
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Usaha sampingan berikut ini merupakan peluang usaha sampingan yang tidak akan pernah sepi, bayangkan saja berapa banyak orang yang punya motor atau mobil, bahkan orang – orang rela antri sampai berjam-jam untuk bisa mencuci motor atau mobil mereka. Hal itu dikarenakan hasil yang didapatkan juga memuaskan dibandingkan mereka mencuci sendiri kemudian harga juga masih relatife dan sewajarnya belum lagi tenaga yang kita keluarkan kalau kita mencuci motor atau mobil sendiri.

Bicara mengenai modal untuk membuka usaha ini masih terjangkau buat kita yang belum punya modal dianjurkan dalam memulai usaha ini, usaha cuci motor saja dulu karna modal dan membeli peralatan dan perlengkapan lainnya juga relative lebih murah yaitu seperti pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor dan berbagai alat pendukung lainnya.

Diperkirakan untuk membeli semua barang dan perlengkapan tersebut bisa kita dapatkan dengan modal awal kurang lebih 5 juta Rupiah. Dan lain lagi kalau teman – teman masih harus menyewa tempat berarti ditambah lagi dengan uang sewa sesuai dengan lokasi yang teman- teman pilih.

3. Desain Grafis
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Kalau anda merupakan seorang karyawan mungkin usaha sampingan ini sangat cocok buat anda, apalagi anda yang bekerja di perusahaan desain grafis. Dalam berbagai watu luang anda bisa menawarkan jasa Desain Grafis ini ke relasi yang kita kenal atau melalui beberapa media promosi lainnya . apalagi dizaman sekarang ini orang lebih memilih pesan dari pada buat sendiri karna hasil yang di dapatkan sesuai yang di harapkan, Jasa desain yang biasanya banyak dicari orang adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

Ada banyak sebenarnya penyedia jasa jual beli desain grafis ini seperti sribu.com dan projects.co.id ,Usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal, kita harus mempunyai koneksi internet dan tentunya keterampilan yang harus kita punya dan kita tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan dan menjaga kepercayaan pelanggan. Karena kepercayaan pelanggan merupakas salah satu kunci sukses usaha kita ini.

4. Les Privat
Bagi anda yang mempunyai keahlian berbahasa inggris atau keterampilan lain, anda harus mencoba Jasa mengajar privat baik secara offline maupun online. misalkan saja anda berniat untuk membuka Les Privat mata pelajaran sekolah karna sudah dipastikan pasti banyak yang mau mengikuti les Privat ini. Selain pelajaran sekolah, kalau anda mempunyai keahlian bahasa asing seperti bahasa inggris, jerman, mandarin. hal ini juga bisa anda buat menjadi sebuah peluang usaha les privat.

Tips dalam menjalankan usaha les privat ini anda mulailah dengan menawarkan diri kepada mereka – mereka yang membutuhkan bimbingan belajar dalam berbagai bidang yang anda kuasai. Kalau perlu tawarkan kepada mereka bahwa anda yang akan datang kerumahnya ketika ada jadwal les. Nah kalau nantinya anda sudah mempunyai murid dan orang – orang sudah mengenal anda sebagai guru les privat anda bisa membuka les privat sendiri nantinya di rumah.

Adapun Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil atau bisa di bilang tanpa modal sama sekali. Pada saat anda memulai usaha ini dengan mendatangi rumah murid – murid anda, anda hanya membutuhkan biaya transport ke tempat tersebut. Dan kalau anda ingin membuka les di rumah, anda harus menyiapkan ruang belajar yang asyik dan tidak membosankan dan berbagai alat tulis dan alat pendukung lainnya yang kira – kira mengeluarkan modal kurang lebih 1 juta rupiah.

5. Menjahit Pakaian
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Mempunyai keahlian menjahit bisa menjadi peluang usaha sampingan yaitu usaha sampingan jahit pakaian, jangan sepelekan jasa penjahit pakaian, dalam kenyataannya sudah banyak yang membuat usaha menjahit pakaian ini bukan lagi sebagi usaha sampingan melainkan ia jadikan sebagai usaha pokoknya.

Namu karena pembahasan kita yaitu mengenai usaha sampingan, maka kita lebih kepemanfaatan dan dapat menghasilkan uang hanya dari hasil usaha sampingan.

Untuk modal awal sebaiknya kita bisa membeli mesin jahit bekas dulu dan peralatan – peralatan lainnya. Kemudian kita tinggal buatkan merek di depan rumah dan kita cari pelanggan dan kita sampaikan kepada teman kerja maupun orang-orang di sekitar kita.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari hasil jahitan kita karena ketika orang puas dengan hasil yang kita kerjakan mereka akan menceritakan kepada temannya dan kembali lagi di waktu lain.

6. Penerjemah
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Kalau anda menguasai bahasa asing selain anda bisa membuka les privat anda juga bisa membuka usaha lainnya yaitu memanfaatkan keahlian anda tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan. Kalau anda masih pemula sebaiknya mulai dari menerjemahkan dokumen berbahasa asing seperti artikel, skripsi, makalah dan berbagai jenis dokumen lainnya. Sebagai tarif penerjemahan sebesar Rp50/kata. Jika dalam satu halaman ada 500 kata, maka anda sudah mempunyai penghasilan sebanyak Rp25 ribu. Begitu seterusnya semakin banyak kata yang anda terjemahkan maka semakin besar pula penghasilan anda. Anda hanya butuh modal laptop dan koneksi internet dan kalau pelanggan ingin hasil print out. maka anda harus mempunyain printer. Media yang banyak digunakan untuk menjual jasa penerjemahan ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.

7. Jasa Pengetikan
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Jasa pengetikan sangat banyak di cari di daerah sekitar kampus maupun sekolah. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah maupun sekolah atau juga skripsi. Peluang usaha ini sangat cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, kita sudah bisa mendapatkan penghasilan.

Untuk modal sendiri kita hanya perlu ,menyiapakan yaitu komputer atau laptop, printer, Kertas HVS, scanner dan kalau memang di butuhkan jaringan Internet dan berbagai alat pendukung lainnya. 

Baca Juga :
8. Membuat Blog
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Membuat Blog sebenarnya mudah, yang susah itu mendatangkan traffic atau pengunjung yang datang ke blog kita. Kalau kita sudah berhasil mendatangkan banyak traffic ke blog. kita hanya tinggal mendaftarkan ke google adsense sebagai media pengiklanan. Yang membuat sebuah blog sukses adalah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak tanpa menggunakan hal – hal seperti membeli tarffic . Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah.

Oleh karena itu banyak orang yang berpikir instan dengan membeli traffic ke penyedia layanan jasa traffic. Hal tersebut sangatlah keliru dan buang – buang duit saja karena pengunjung yang datang bukanlah manuasia dan tidak akan bersifat permanent dan sama sekali tidak akan berdampak ke blog anda.

Satu hal yang harus kita perhatikan kalau mau jadi blogger, buatlah tema blog anda sesaui dengan apa yang anda sukai dan mengerti dan menguasai tema tersebut.

9. Membuka Toko Online
Zaman sekarang merupakan era internet, dan segala sesuatunya sudah bisa di lakukan dengan internet. oleh karena itu peluang usaha toko online ini sangat menjanjikan dan patut untuk dicoba. Kita bisa menjual apa saja termasuk pakaian, alat rumah tangga dan lain – lain. dalam bisnis toko online ini kita juga bisa menjual barang sendiri ataupun menjual barang orang lain. Untuk memulai usaha ini kita hanya butuh yang sudah tentu pasti berupa produk yang akan kita jual dan sebuah template toko online yang kira-kira harganya 200 ribuan Rupiah.

10. Bisnis MLM Online
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
MLM atau Multi Level Marketing merupakan metode pemasaran terkini yang diharapkan bisa menghemat biaya pemasaran. Sekarang sudah banyak usaha yang dijalankan dengan atau menggunakan metode MLM, dan seiring dengan perkembangan teknologi, model MLM ini bisa dijalankan secara online. Karena bisnis ini dijalankan secara online, maka bisnis ini tidak memakan waktu dan tenaga kita , follow up calon member, dan pembelian barang, karena semua proses itu bisa dilakukan secara online. 

11. Menjual Foto di Internet
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Zaman yang serba digital sekarang ini sangat mendukung bagi seseorang yang ingin membuka usaha sampingan menjual foto di internet. Apabila kamu memiliki hobi fotografi, maka Anda bisa menghasilkan uang dari hasil jepretan foto-foto yang kamu ambil sendiri. Caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online. Pasti akan ada orang yang bersedia membayar foto yang Anda hasilkan jika memang fotonya bagus dan berkarakter.

Berikut ini beberapa situs untuk jual beli foto digital istockphoto.com memberikan komisi 15% per foto dan shutterstock.com memberikan komisi 20-30% per foto. Selain yang diatas , situs fotolia.com dan stockfresh.com juga bisa kamu gunakan untuk menjual foto-foto kamu . biasanya menggunakan transaksi Paypal oleh karena itu kamu harus mempunyai kartu kredit.

12. Bisnis Dropship
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

Bisnis dropship merupakan bisnis online dimana kita sebagai penjual tidak perlu memiliki stok barang. kita hanya bertugas sebagai perantara saja. Tugas kita hanyalah mempromosikan barang melalui media sosial, blog pribadi, forum atau toko online.

Kemudian setelah ada konsumen yang membeli kepada kita, selanjutnya kita memberitahu suplier untuk mengirim produk tersebut sesuai dengan alamat pembeli. Kemudian supplier yang akan mengirim barang tersebut.

Dan kita akan mendapatkan keuntungan selih harga dari supplier ke kita missal harga dari sulier 100 ribu kemudian kita promosikan 130 ribu maka selisih harga tersebut menjadi milik kita.

Hal ini bisa kita lakuka di berbagai marketplace besar yang ada di Indonesia seperti :
1. Shopee
2.Tokopedia
3. Lazada
4. Buka Lapak dll

13. Bisnis Reseller
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Reseller hampir sama dengan Dropship, anda yang tidak memiliki produk namun ingin memiliki stok barang, Anda dapat menjalankan bisnis dengan tipe reseller.

Ada reseller online dan reseller offline. reseller sama saja seperti pedagang biasa. Namun bisa juga dilakukan secara online.Untuk itu, usaha ini sangat cocok bagi Anda yang hobi berkomunikasi dan memiliki jaringan yang luas.

Reseller Online pun sudah banyak, kita hanya perlu mencari supplier yang terpercaya atau kita juga bisa melalui marketplace yang ada di Indonesia.

14. Penulis Artikel
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Dengan menjadi seorang penulis artikel kita bisa menambah penghasilan tambahan, terus kemana tulisan tersebut kita jualkan..??

Kita bisa menjual tulisan kita diberbagai situs besar seperti :
  • Media Portal Berita
  • Media blog
  • E-Commerce sales
  • Review barang
  • Situs –situs perusahaan
  • Buku digital maupun biasa
15. Menjadi Youtuber
15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan
Sudah banyak youtuber yang mendadak menjadi sukses dan banyak menghasilkan uang dari youtube bahkan sekarang artis pun sudah banyak yang terjun ke dunia youtube.
Bagaimana cara menjadi youtuber…..??
Kita hanya perlu membuat chanel youtube

Kemudian kita buat video yang unik dan menarik dan kita upload ke youtube

Setelah memenuhi beberapa persyaratan dari youtube baru kemudian kita daftar ke google adsense hingga chanel kita disetujui dan bisa tampil iklan. semakin banyak yang menonton video kita, maka semakin besar juga uang yang kita dapatkan.

Itulah beberapa ide peluang usaha sampingan, sebenarnya masih banyak ide -ide usaha sampingan lainnnya kalau diantara ide 15 peluang usaha sampingan yang menjanjikan yang kita bahas kali ini belum ada yang cocok atau sesuai menurut anda silahkan berikan komentar. kalau kita mau menjalankan usahanya dengan sungguh -sungguh pasti akan sukses dan berhasil itu aja kuncinya teman-teman.

Posting Komentar untuk "15 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan"