Adsense

10 Dampak Negatif Facebook Yang Akan Menghancurkan Hidupmu

10 Dampak Negatif Facebook Yang Akan Menghancurkan Hidupmu
Onmaibana.com- Facebook  merupakan aplikasi media sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersma teman – temannya sesama mahasiwa di Universitas Harvard.

Facebook saat ini merupakan aplikasi media sosial yang paling popular digunakan, hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya pengguna yang pada desember 2018 sudah mencapai 2.3 miliar pengguna diseluruh dunia.

Di Indonesia sendiri Aplikasi Facebook juga merupakan aplikasi yang paling banyak dan populer digunakan. Dengan jumlah pengguna yang hampir mencapai 150 juta pengguna. Bahkan Indonesia merupakan negara pengguna Facebook terbanyak ke empat setelah India, Amerika serikat dan Brasil.

Hal tersebut bisa kita lihat berdasarkam hasil riset dari CupoNation pada periode awal tahun 2019, dimana diperoleh peringkat negara yang paling banyak menggunakan Facebook sebagai berikut :

1. India dengan pengguna Facebook terbanyak dengan pengguna 290 juta 19,01 persen dari total populasi. 
2. Amerika Serikat dengan pengguna Facebook Sebanyak 190 Juta Pengguna atau 57,76 persen dari populasi
3. Brasil dengan pengguna Facebook sebanyak 120 Juta Pengguna atau 57,06 persen dari populasi
4. Indonesia dengan pengguna Facebook Sebanyak 120 Juta Pengguna  44,94 persen dari populasi

Dengan semakin populernya aplikasi Facebook ini bisa kita rasakan manfaatnya baik secara positif maupun negatif. Tergantung kita yang menggunakannya mau menggunakan kearah yang baik atau kearah yang kurang buruk.


Namun pada artikel ini kita akan membahas dampak negative buat para pengguna Facebook yang bisa menghancurkan hidup dan membuat hidup kita seolah tak berarti.


1. Ketagihan dan Sulit Untuk Dihentikan
Dari sekian banyaknya pengguna Facebook baik secara sadar atau tidak sadar sudah dihantui yang namanya ketagihan dan akan sulit untuk dihentikan. 

hal ini sama seperti seorang pemakai narkoba yang sudah kecanduan dan ketagihan sangat sulit untuk menghentikannya. Orang yang sudah ketagihan Facebook biasanya selalu update status bahkan hamper semua kegiatannya dimasukkan ke facebook.

2. Membuang Banyak Waktu 
Kalau seseorang sudah ketagihan facebook secara tidak sadar ia akan berlama – lama menggunkan handphone hanya untuk menggunakan Facebook seperti Update Status, Baca Status orang di baranda, komentar, chatting dan lainnya.

Bukan manfaat positif yang didapatkan malah membuang – buang  banyak waktu yang sangat berharga, dimana seharusnya waktu kita tersebut kita gunakan untuk hal – hal yang lebih produktif dan berguna baik untuk pekerjaan maupun untuk diri kita sendiri dan keluarga.

3. Menjadi Narsis dan Eksis
Bagi seseorang yang sudah ketagihan Facebook secara tidak langsung dia akan mempunyai sifat narsis dimana setiap hal atau apapun yang dia kerjakan selalu diupdate mulai dari pagi dan pagi lagi juga biasanya di iringi dengan eksis dengan menampilkan foto – foto setiap kegiatan apa yang dia lakukan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

4. Suka Pamer
Ketika seseorang tersebut sudah terlalu banyak menggunakan Facebook, dengan sendirinya dia akan suka memamerkan barang – barang baru yang dia punya. Atau dia lagi berada di sebuah tempat hiburan atau sedang makan ditempat makan mewah. Pokoknya segala sesuatu yang dikerjakan, dia makan dimana, dia pergi kamana dan naik kenderaan apa terus dengan siapa, semua orang harus tau yaitu dengan cara memamerkan di Facebook.

5. Menimbulkan Rasa Iri
Dengan banyaknya waktu yang digunakan untuk membaca dan melihat status orang, maka semakin banyak juga dia lihat seperti orang lagi makan enak direstoran, orang lagi beli baju mahal dan orang liburan dan main – main ke mall. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan perasaan iri atau keinginan ingin mempunyai baju atau barang – barang tersebut misalnya. atau ingin makan di tempat makan mewah dan pengen liburan sebagaimana yang dia lihat di Facebook tersebut.


Baca Juga : 11 Aplikasi Jual Pulsa Murah, Terbaik dan Terpercaya di Android

6. Menimbulkan Rasa Depresi
Seseorang yang sudah memiliki rasa iri dengan hal – hal apa yang dia lihat di Facebook, kemudian tidak bisa dia wujudkan seperti apa yang dia mau, maka hal tersebut akan menimbulkan rasa depresi dan merasa dia merupakan orang yang kurang beruntung, seperti orang – orang yang dia lihat di Facebook. pada hal kalau dia merasa bersyukur dan tidak menghabiskan waktunya di Facebook dia juga bisa bahagia meskipun tak seperti orang – orang di Facebook tersebut.

7. Penipuan 
Dengan banyaknya pengguna Facebook maka semakin banyak juga orang –orang yang menghasilkan uang dari Facebook. Ada yang menggunakan cara positif dan ada juga yang menggunakan cara negatif yaitu dengan cara menipu orang. Seperti yang pernah saya alami ketika itu saya memesan 5 artikel kepada yang mengaku seseoarang penulisa artikel dan katanya bisa dengan nice atau tema artikel apa saja. Saya tertarik untuk memakai jasanya untuk mengisi artikel diblog saya. Uangnya ditrasfer dulu baru artikel saya kirim kata si penulis artikel tersebut. Setelah uang saya transfer artikelnya tidak dikirim – kirim bahkan sampai sekarang. Sama halnya mungkin dengan orang – orang yang membeli barang atau apa pun di Facebook tidak sedikit orang yang sudah kena tipu, dengan modus uang transfer dulu baru barang dikirimkan ke alamat.

8. Media Perselingkuhan 
Mungkin akan seditik aneh, akan tetapi di beberapa tahun terakhir ini sudah banyak kasus  perselingkuhan yang awalnya chating – chatingan di Facebook kemudian ketemuan dan merasa cocok maka terjadilah perselingkuhan. Tidak bisa dipungkiri Facebook memang aplikasi chating dan pertemanan, siapa saja bisa berteman dan dengan siapa saja. maka tidak heran kalau sering kali kita dengar perselingkuhan dengan menggunakan facebook.

9. Mengumbar Permasalahan Hidup Ke Publik
Sudah sama – sama kita ketahui kalau Facebook merupakan konsumsi  publik, siapa saja bisa melihat dan membaca status yang anda buat, asalkan dia mempunyai akun facebook. Bagi sebagian orang yang sudah ketagihan Facebook  dengan atau secara tidak sadar dia mengumbar atau membagikan permasalahan hidup dan keadaan rumah tangganya ke facebook dengan sebuah status bahkan ada juga mengungkit – ungkit masa lalu seseorang. Dan semua keluhan hidupnya di curahkan ke Facebook.

10. Mengurangi Kemampuan Berkomunikasi
Sering saya perhatikan ketika di tempat – tempat umum ada beberapa orang yang duduknya berdekatan namun tidak saling sapa dan tidak berkomunikasi. Semuanya sibuk dengan handphone di tangannya masing – masing dan menggunakan Facebook.

Hal ini sangat mengkhawatirkan untuk perkembangan sosial seseorang khususnya para remaja dan anak muda. karena terlalu banyak menggunakan media sosial sehingga mereka tertutup dan tidak perduli dengan dunia nyata. Hal tersebut dengan sendirinya komunikasi mereka akan berkurang di dunia nyata.


Bagaimana agar kita terhindar dari berbagai dampak negatif Facebook diatas.........?

Pergunakanlah Facebook atau media sosial dengan baik dan benar sesuai dengan manfaat dan kegunaannya, dan kalau untuk transaksi jual beli kenali dulu, cari informasi tentang si penjual atau dengan cara melihat testimoni dan komentar dari pembeli atau pelanggan sebelumnya.

Hindari menggunakan Facebook dengan berlebihan tanpa maksud dan tujuan yang kurang jelas dan carilah hal – hal yang positif, baik informasi dan pengetahuan yang ada di Facebook.

Nah itu merupakan 10 Dampak Negatif Facebok yang akan menghancurkan hidupmu. Kalau menurut anda masih ada hal – hal negatif lain silahkan tinggalkan komentar dan kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan dishare keteman – teman lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Dampak Negatif Facebook Yang Akan Menghancurkan Hidupmu"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel