Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Contact Us dan Cara Memasangnya di Blog


Cara Membuat Contact Us di Blog
Onmaibana.com - Cara Membuat Contact Us di Blog - Contact Us merupakan halaman yang sangat diperlukan dalam sebuah blog. Halaman ini digunakan oleh para pengunjung blog, yang ingin berkomunikasi dengan anda sebagai admin. Pengunjung tersebut bisa bekomunikasi apa saja dengan anda, mulai dari masalah blog atau konten – konten yang ada di blog anda tersebut. Sampai dengan komunikasi tentang bisnis atau usaha ketika sipengunjung ingin mengajak kerja sama.

Contact Us juga harus ada dalam sebuah blog ketika kita ingin mengajukan blog tersebut menjadi publisher Google Adsense, agar cepat di terima. Contact Us sendiri mempunyai nama-nama berbeda pada setiap blog seperti : Contact Form, Contact Us, Contact Me,Kontak kami, Hubungi Kami dan lain. Namun mempunyai arti dan tujuan yang sama sebagai media komunikasi dengan admin blog.

Apa itu Contact Us

Contact Us adalah sebuah halaman dalam sebuah blog yang bertujuan untuk media komunikasi antara pengunjung blog dengan penulis atau admin blog. Biasanya halaman ini menggunkan media komunikasinya langsung ke email terdaftar dari admin blog.

Keuntungan Menggunakan Contact Us

1. Dengan menggunakan Contact Us pengunjung blog anda akan mudah berkomunikasi dengan anda apa bila ada pertanyaan atau hal – hal lain seputar blog dan konten – konten yang ada di blog anda. Satu hal yang perlu kita ingat ketika kita menjawab sebuah pesan atau pertanyaan dari pengunjung blog mereka akan sangat senang dan mungkin akan selalu ingat dengan blog kita dan akan sering mengunjunginya.

2. Selain untuk pertanyaan seputar konten dan blog anda, para pengunjung juga bisa memberikan saran dan masukan untuk perkembangan blog anda, jadi secara tidak langsung ada yang menilai blog kita dan di sampaikan kepada anda melalui Contact Us tersebut.

3. Dengan menggunakan halaman Contact Us di blog, anda  akan lebih muda di terima ketika mendaftarkan blog ke Google Adsense.

4. Dengan menggunakan halaman Contact Us di blog, menjadikan blog anda terlihat lebih profesional sehingga membuat para pengunjung merasa bahwa konten - konten yang ada di blog anda berkualitas.

Kalau ada keuntungan dengan menggunakan Contact Us ini, seperti biasanya pasti juga ada kekurangan, namun kekurangan tersebut juga tidak teralu berat. yaitu dengan adanya halaman Contact Us kemungkinan penyalahgunaan Contact Us tersebut bisa saja terjadi. 

Seperti ada orang yang mungkin kurang kerjaan dan iseng dan mengirimkan pesan yang tidak bermanfaat dan kadang bisa membuat kita kesal dan marah. Namun hal – hal tersebut sebenarnya tidak perlu di tanggapi.

Cara Membaut Contact Us

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat halaman Contact Us ini, anda juga bisa buat sendiri jika anda mengerti dan menguasai Script HTML. Bisa juga anda menggunakan Widget yang langsung dari blogspot. Namun kebanyakan para blogger dalam membuat halaman Contact Us ini dengan menggunakan layanan situs di internet dengan gratis.

Berikut ini cara membuat Halaman Contact Us.

Silahkan Login terlebih dahu ke situs 123formbuider

Kemudian buat akun terlebih dahulu dengan mengklik SIGN UP


Anda bisa pilih pendaftaran gratis yaitu dengan memilih BASIC FREE disebelah kiri.


Silahkan isi formulir pendaftaran yang disediakan kemudian klik AGREE & SIGN UP


Kemudian  anda akan diminta untuk memilih layanan apa yang akan anda gunakan. Karena situs 123formbuider ini memberi banyak layanan, akan tetapi karena sekarang kita membuat contact form, maka silahkan pilih Contact Form  atau Form Blank disebelah kiri.


Setelah anda memilih layanan yang di inginkan yaitu Contact Form atau Blank Form, Kemudian anda akan diminta untuk membuat nama dari halaman Contact Us yang ingin anda buat, Misalkan tetap dengan nama Contact Us atau Contact Form atau anda juga bisa menggunakan dengan nama lain seperti ; Kontak Kami, Hubungi Kami,Kontak Saya, Hubungi Disini dan lainnya, yang jelas tidak lari dari tujuan yaitu Contact Us.

Setelah  anda membuat nama sekarang tinggal edit contact form tersebut menggunakan tools yang ada di sebelah kiri, Anda bisa menambahkan atau menghapus field sesuai dengan yang anda inginkan.

Setelah selesai anda edit sesuai dengan yang anda inginkan maka akan terlihat seperti contoh berikut ini.


Terakhir, Anda tinggal copas code scirpt HTML contact form nya, Dengan cara klik pilihan Blogger yang ada di sebelah kiri, kemudian copy code script HTML tersebut kedalam blog anda. Dan untuk melihat tampilan Contact Us anda sebelum di pasang di blog silahkan pilih View Demo.


 Sampai disini Contact Us anda sudah selesai dibuat tinggal memasangnya ke blog anda.

Cara memasang Contact Us di Blog

Login terlebih dahulu ke Blogger kemudian pilih Halaman


Kemudian pilih Halaman baru


Buat judul Contact Us, kemudian ubah tampilan menjadi HTML dan Paste kode Contact Us yang sudah di Copy tadi dikolom bawah yang biasa buat nulis artiel, kemudian Publikasikan.


Contact Us anda sudah berhasil dipasang, silahkan lihat hasilnya.

Baca Juga : 
Itulah Cara Membuat Contact Us dan Cara Memasangnya di Blog dengan menggunakan salah satu situs di internet secara gratis yaitu 123formbuider. keuntungan membuat Contact Us dengan situs tersebut kita bisa memilih apa saja yang akan ditampilkan pada Contact Us tersebut. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di share ke teman - teman lainnya agar mereka juga bisa merasakan manfaatnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Contact Us dan Cara Memasangnya di Blog"