8 Tips Interview Kerja Agar Sukses Menjawab Pertanyaan HRD

8 Tips Interview Kerja Agar Sukses Menjawab Pertanyaan HRD
Onmaibana.com- 8 Tips Sukses Interview Kerja, Bagi setiap pelamat kerja pasti pernah merasakan yang namanya interview atau wawancara dengan pihak perusahaan yang kita buat lamaran kerja. Namun bagi setiap pelamar kerja interview merupakan saat – saat yang sangat menegangkan sehingga sering membuat para pelamar kerja khawatir dan merasa grogi dalam menghadapi interview yang sebenarnya sangat menentukan di terima atau tidaknya kita dalam pekerjaan tersebut.

Oleh karena pada saat interview anda harus membuang jauh rasa cemas dan grogi anda dan harus  benar – benar anda siapkan diri anda untuk menghadapi sesi interview atau wawancara dengan semaksimal mungkin, baik mental maupun jawaban – jawaban yang bisa membuat interviewernya merasa kagum dan tertarik untuk menerima kita menjadi karyawan di perusahaan tersebut

Untuk persiapan menghadapi interview anda perlu memperhatikan beberapa tips sukses menjalani sesi wawancara atau interview berikut ini : 

1.Sebelum sesi wawancara anda perlu mempelajari dan mencari informasi seputar perusahaan tempat anda melamar kerja. mulai dari latar belakang dan sejarah singkat perusahaan dan berbagai hal lainnya sehingga pada saat interviewernya bertanya kepada anda seputar perusahaat tesebut anda sudah siap dengan jawaban anda.

2.Bersikaplah dengan sopan, rileks dan jangan tegang serta gunakanlah bahasa yang santun agar interviewernya menaruh simpati kepada anda.

3.Apabila anda  dipersilahkan untuk memperkenalkan diri secara singkat jangan lupa menyampaikan keahlian dan kemampuan anda, dan perkenalkanlah diri anda dengan antusias dan penuh percaya diri.

4.Dan ketika anda memberikan jawaban atau penjelasan jangan memberikan jawaban yang berbelit-belit, berikanlah penjelasan anda secara singkat dan padat dan jangan berlebihan.

5. Tunjukkan bahwa anda mampu dan menguasai posisi pekerjaan yang anda lamarkan dan juga berikan penjelasan bahwa anda mampu bekerja sama dengan tim maupun kelompok.

6. Usahakan menjawab pertanyaan dengan  sigap dan jangan memikirkan jawaban terlalu lama karena hal tersebut akan membuat anda terlihat seperti tidak meyakinkan.

7. Ketika memberikan jawaban anda harus serius dan jangan menganggap sepele karena hal tersebut akan membuat anda terlihat sombong.

8. Jangan pernah menjelek – jelekkan dan membongkar aib perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya, karena bisa saja interviewer menanyakan tentang pengalaman anda di perusahaan anda bekerja sebelumnya.

Baca Juga : 
Nah itulah beberapa tips sukses dalam melaksanakan interview yang sangat penting untuk kita siapkan sebelum melaksanakan interview atau wawancara. Dan sebagai acuan dalam mempersiakan diri anda untuk menghadapi interview berikut ini beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan pada saat sesi interview.

Kenapa Anda Tertarik Melamar Kerja di Perusahaan ini?
Untuk menjawab pertanyaan ini anda perlu mempelajari dan mencari informasi seputar perusahaan tempat anda melamar kerja. dengan pertanyaan ini pewawancara ingin tahu seberapa besar keseriusan anda untuk bergabung dengan perusahaan.

Bagaimana pendapat anda tentang Pekerjaan yang anda Lamar?
Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui posisi apa yang anda lamarkan pada perusahaan tersebut. dan jangan lupa untuk mempelajari dan mencari informasi tentang posisi yang anda lamar mulai dari tanggung jawab dan proses pekerjaannya. Karen perusahaan tidak akan mempekerjakan orang yang tidak paham dan tidak mengerti tentang tugas – tugas dan pekerjaannya.

Kenapa perusahaan ini harus mempekerjakan Anda?
Berikan jawaban yang terbaik dan merangkum sesuai dengan kualifikasi anda serta tunjukkan antusiasmu. Jangan memberikan jawaban yang terlalu berlebihan dan menonjolkan diri anda karena hal tersebut bisa membuat anda terlihat sombong.

Apa Kelemahan Yang Anda Miliki?
Dalam menjawab pertanyaan ini anda perlu menyampaikan apa menurut anda yang menjadi kelemahan anda. namun jangan menyebutkan kelemahan yang terlalu bermasalah dengan jurusan atau posisi yang anda lamarkan. Jangan sampai anda mengatakan kalau anda tidak punya kelemahan, karna pertanyaan ini merupakan salah satu pengukur kejujuran anda.

Kenapa Anda Berhenti Bekerja?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat penting, karena dengan pertanyaan ini perusahaan bisa menilai karakter dan sifat anda. oleh karena itu dalam menjawab pertanyaan ini jangan pernah menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan dan juga jangan pernah membongkar aib perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Berikanlah jawaban yang lebih professional  dan ingin mencari peluang yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan keahlian.

Berapa Gaji yang  Anda Inginkan?
Hati – hati dalam menjawab pertanyaan ini, karena pertanyaan ini cukup sulit untuk di jawab.Cari informasi mengenai gaji di posisi yang sama sehingga anda bisa membandingkan dan jangan lupa di perhitungkan mengenai pengalaman dan tingkat kesulitan serta tanggung jawabnya. Jangan sampai anda meminta langsung dengan nilai yang tinggi yaitu di atas gaji di perusahaan lain yang sama dengan posisi anda. berilah jawaban yang sewajarnya dan masih dalam batas wajar.

Itulah beberapa tips dan cara sukses pada saat menghadapi interview kerja, mudah - mudahan bermanfaat dan bisa berguna buat para pelamar kerja. agar pada saat interview bisa sukses dalam menjawab beberapa pertanyaan dari si pewawancara. kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan kepada teman - teman lainnya, agar artikel ini lebih banyak lagi memberikan manfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Interview Kerja Agar Sukses Menjawab Pertanyaan HRD"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel