Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan Tanpa Kehilangan Pengunjung

Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan

Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan – Pada saat kita menulis sebuah artikel tentu kita akan memperhatikan segala sesuatunya sebelum artikel tersebut kita publikasikan, namun terkadang kita sering lupa untuk mengedit permalink yang bagus dan sesuai dengan artikel kita tersebut. sehingga permalinknya akan otomatis ter generet sesuai dengan judul artikel atau bisa juga diambil dari kalimat awal paragraph pertama. Tentu hal tersebut kurang bagus untuk SEO artikel kita, karena seharusnya permalink itu kita buat sesuai dengan kata kunci yang ingin kita tembak dan mewakili keseluruhan artikel.


Permalink merupakan singkatan dari Permanent Link atau tautan permanen berupa URL atau alamat dari sebuah blog atau website baik halaman postingan maupun halaman statis, dan permalink ini sifatnya permanen dan tidak dapat diedit kembali. Hal ini dikarenakan mesin pencari akan mengindeks URL atau link awal, maka ketika kita ganti URL tersebut akan berstatus 404 atau halaman tersebut tidak ditemukan seperti gambar berikut ini.
Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan
Terus bagaimana caranya kalau saya sudah terlanjur mempubliksikan artikel tersebut namun saya belum menyesuaikan permalinknya, tenang tidak perlu khawatir saat ini blogger sudah mempunyai fitur costum permalink sehingga kita bisa menentukan permalink yang sesuai dengan apa yang kita inginkan meskipun artikel tersebut sudah terlanjur dipublikasikan.

Langsung saja berikut ini adalah cara mengubah link artikel yang suah terlanjur dipublikasikan :
  • Langkah pertama tentu kita harus masuk ke Dashboard Blogger
  • Selanjutnya silahkan pilih menu Postingan , kemudian Pilih dan Centang Postingan yang akan kita rubah permalink/URLnya. Kemudian Pilih Edit.
Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan
  • Kemudian klik tanda Kembali ke draf, agar permalink dapat terbuka dan bisa kita edit kembali.
Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan
  • Selanjutnya pilih tautan permanen, kemudian pilih pada kolom Tautan Permanen Khusus/Custom URL. Kemudian silahkan ubah dan edit permalink/URLnya sesuai dengan yang kalian inginkan dan Selanjutnya Klik Selesai.
Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan
  • Sampai disini permalink/URL artikel tersebut telah berhasil kalian ubah selanjutnya tinggal kalian publish kembali artikelnya.
Namun meskipun kalian sudah mengganti permalink/URL artikel tersebut dengan yang baru, permalink/URL artikel yang lama masih tetap muncul di pencarian google akan tetapi permalink/URL tersebut akan berstatus 404 atau halaman tersebut tidak ditemukan.

Bagaimana kalau artikel anda tersebut berada di halaman pertama google dan mempunyai jumlah pengunjung yang lumayan banyak, mereka akan kecewa dengan hasil yang mereka dapatkan ketika mereka membuka artikel anda karena yang mereka dapatkan hanyalah halaman dengan status 404. Sehingga mereka akan pergi meninggalkan blog kalian dan menuju blog – blog milik orang lain.

Terus bagaimana cara mengatasinya agar link atau URL kita yang lama bisa otomatis terindeks otomatis ke link atau URL yang barusan kita ganti. Sehingga para pengunjung blog kita juga tidak kecewa dan kita juga tidak akan kehilangan para pengunjung blog kita. Disinilah kita perlu membuat pengalihan atau redirect antara permalink/URL artikel lama dengan artikel baru, sehingga ketika para pengunjung blog mengunjungi link yang lama maka mereka akan otomatis akan dialihkan menuju artikel baru.

Baca Juga :

Cara Mengalihkan Link Artikel Yang Sudah Diganti Agar Tidak Kehilangan Pengunjung 

Sebenarnya caranya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan sudah tau caranya oleh karena itu silahkan ikuti dan simak langkah – langkah berikut ini :

  • Langkah pertama tentu kita harus masuk ke Dashboard Blogger
  • Selanjutnya silahkan pilih menu Preferensi Penelusuran , kemudian pada menu Kesalahan dan Pengalihan silahkan pilih Pengalihan Khusus kemudian pilih Edit.
Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan
  • Kemudian pilih Pengalihan Baru selanjutnya isi URL lama dikolom Dari dan URL baru di kolom kepada
Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan
  • Dari : https://www.onmaibana.com/ 2019/06/11-aplikasi-jual-pulsa-murah-terbaik.html
  • Kepada : https://www.onmaibana.com/ 2019/06/aplikasi-jual-pulsa-murah.html
Nah itulah cara mengubah link artikel blogger yang sudah terlanjur dipublikasikan dan juga cara mengatasi agar kita tidak kehilangan pengunjung, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita agar ketika kita lupa mengedit permalink jadi tidak perlu bingung - bingung lagi tinggal gunakan cara diatas. selamat mencoba dan semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Link Artikel Blogger Yang Sudah Terlanjur Dipublikasikan Tanpa Kehilangan Pengunjung"