Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog Dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog
Onmaibana.comCara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog – Dalam sebuah blog atau website yang sudah mempunyai banyak artikel pasti sudah banyak bertebaran berbagai link masuk maupun link keluar dari blog tersebut. nah link – link tersebut nantinya bisa saja sudah tidak aktif atau mati sehingga menyebabkan sebuah broken link yang cukup berpengaruh terhadap performa blog itu sendiri.

Dengan adanya banyak broken link dalam sebuah blog bisa berbahaya atau berdampak buruk dimata search engine Google, Bing, dan Yandex dan juga akan mengurangi kepercayaan para pengunjung terhadap blog kita . karena mereka merasa kecewa pada saat mereka menemukan halaman atau link yang ingin mereka tuju malah ternyata tidak bisa dibuka atau error 404.

Sehingga kita perlu untuk selalu mengecek broken link yang ada di blog kita, dan jika menemukan broken link maka segera hapus atau ganti link tersebut dengan link yang baru atau yang masih aktif.

Terus bagaimana jika artikel yang ada di blog kita sudah banyak bahkan sudah mencapai ribuan artikel. Tidak mungkin kan kita cek satu persatu link yang ada pada artikel tersebut. Tenang saja kali ini kita akan membahas bagaimana cara cek broken link di blog dengan cara yang mudah dan cepat, walaupun artikel sudah mencapai ribuan.

Penyebab Terjadinya Broken Link atau Link Rusak
Biasanya ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah link tidak aktif, hal tersebut bisa saja terjadi baik yang kita buat secara sengaja mapun tidak sengaja. Berikut ini beberapa penyebab link rusak dan tidak aktif :
  • Kesalahan Penulisan Link
  • Laman atau Website Tujuan Sudah di Hapus
  • Perubahan Nama Link Yang di Tautkan

Setelah mengetahui penyebab dan akibat sebuah link yang rusak untuk sebuah blog, selanjutnya kita bahas cara cek broken link tersebut di dalam sebuah blog, silahkan disimak dan baca caranya berikut ini : 

Cara Cek Broken Link di Blog Dengan Mudah
Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek link rusak atau link mati yang ada dalam blog kita yaitu dengan menggunakan Online broken link checker - Online Dead Link Checking Tool dan Siteliner - Find Duplicate Content on your site 

1. Cara Cek Broken Link di Blog Menggunakan Online broken link checker
  • Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke situs Brokenlinkcheck.com
  • Selanjutnya silahkan masukkan URL blog kalian, kemudian pilih "Find broken links"

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog
  • Masukkan "Security Code" dan pilih "Report all occurrences of each dead link" (may be slower), kemudian tekan "Find broken links now!"

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog
  • Selanjutnya silahkan tunggu proses pengecekan broken link yang ada di blog kalian hingga selesai dengan ditandai muncul tulisan status Completed

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog

2. Cara Cek Broken Link di Blog Menggunakan Siteliner.com
  • Langkah pertama kita harus masuk terlebih dahuli ke situs Siteliner.com
  • Kemudian kita masukkan URL blog pada kolom yang disediakan, dan tekan "Go"

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog
  • Silahkan tunggu beberapa saat, nanti akan muncul hasilnya kemudian pilih "Broken Links" pada menu dikiri atas

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog
  • Selanjutnya jika ada broken link di blog kalian semuanya akan ditampilkan.
Baca Juga :

Cara Mengatasi Broken Link atau Link Rusak
Setelah berhasil cek broken link yang ada di blog kalian, selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi link rusak tersebut biar bagus dan menjadi aktif kembali yaitu dengan cara lihat URL yang terindikasi broken link. Kalau ingin lebih spesifik kalian bisa lihat pada link src. Kemudian kalian tinggal memperbaiki link tersebut dengan cara menghapus atau mengganti dengan link yang baru.

Nah itulah dua cara cek dan memperbaiki broken link yang ada di blog, bagaimana mudahkan caranya??  jadi tergantung kalian mau pilih cara yang mana yang menurut kalian lebih mudah dan simple untuk digunakan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita bersama, selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blog Dengan Mudah dan Cepat"