Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati - Hati Penipuan Pendaftaran Prakerja Yang Beredar Lewat Pesan WhatsApp | Jangan Sampai Daftar di Situs Yang Tidak Resmi

Pendaftaran Prakerja Yang Beredar Lewat Pesan Whatsapp

Onmaibana.com – Buat kalian yang mempunyai niat untuk mendaftar Prakerja, agar lebih hati – hati dalam melakukan pendaftaran karena saat ini ada pesan penipuan yang menyebar melalui WhatsApp yang berisi tentang pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs prakerja.vip.

Untuk itu diharapkan kepada siapapun yang mendapatkan pesan tersebut dimohon agar tidak melakukan pendaftaran melalui situs tersebut dan jangan memasukkan data pribadi ke situs tersebut, karena pendaftaran Kartu Prakerja yang sebenarnya hanya bisa dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id

Berikut isi dari pesan yang beredar melalui whatsapp :

Daftar Prakerja Sekarang 

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja 

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya 

yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. 

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan 

Langkah untuk mendaftar Prakerja 

Kunjungi situs web di bawah ini  

Isi formulir data diri 

Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp 

Bantuan akan dikirim melalui rekening bank 

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan 

http://vip-06.fit/j/?c=job

Perhatikan Berikut ini Tampilan Awal Situs Pendaftaran Kartu Prakerja Asli dan Palsu :

Pendaftaran Prakerja Yang Beredar Lewat Pesan Whatsapp                   Pendaftaran Prakerja Yang Beredar Lewat Pesan Whatsapp

Teman - teman bisa perhatikan dengan jelas dari dua gambar diatas mempunyai tampilan yang sangat berbeda untuk itu kita harus lebih berhati - hati lagi kalau ingin melakukan pendaftaran Kartu Prakerja.

Terkait pesan yang beredar melalui whatsapp pihak Kartu Prakerja juga telah menanggapi dan memberi himbauan melalui akun instagram resminya di @prakerja.go.id

Calon peserta Kartu Prakerja dimohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Perlu diperhatikan agar peserta tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja di 0800-150-3001.

Penjelasan Kartu Prakerja

Saat ini Kartu Prakerja sudah sampai pada gelombang 10 dan dibuka oleh Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja pada Sabtu (26/9/2020) pukul 12.00 WIB dan pendaftaran sudah ditutup. 

Pada gelombang 10 Kartu Prakerja ini menyerap 116.261 orang. Penyerapan membuat kuota Kartu Prakerja tahun 2020 yang sebesar 5,59 juta perserta terpenuhi 100 persen.

Akan tetapi masih ada sekitar 189.436 orang yang dicabut kepesertaannya atau setara dengan 3,46 persen dari total penerima Kartu Prakerja karena tidak mengikuti pelatihan pertama dalam 30 hari. Dan Rencananya, Komite Cipta Kerja akan mengalokasikan dana dan kuota ke peserta lainnya.

Apakah Kartu Prakerja akan berlanjut pada gelombang 11...?

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, ada atau tidaknya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 nantinya akan tergantung dari keputusan komite.

"Gelombang 10 ini menuntaskan kuota tahun 2020. Apakah akan ada gelombang tambahan itu tergantung keputusan KCK," kata Louisa, Minggu (27/9/2020), 

Untuk itu, Louisa menyarankan peserta yang lolos Kartu Prakerja segera menyelesaikan pelatihan pertama dalam waktu 30 hari kerja.

Hal ini bertujuan agara kepesertaan Kartu Prakerja yang sudah lolos tak dicabut. "Itu (imbauan) yang paling utama," papar Louisa.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Peserta yang akan mendaftar Kartu Prakerja wajib memenuhi syarat berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Baca Juga :

Cara cek lolos atau tidak melalui dashboard Kartu Prakerja :

  • Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, pendaftar bisa login ke akun Kartu Prakerja di https://www.prakerja.go.id/.
  • Kemudian cek dashboard akun Kartu Prakerja (dashboard Kartu Prakerja).
  • Jika lolos seleksi, pendaftar juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS.
  • Selain itu, pendaftar juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun tersebut.
  • Jika tidak lolos, pendaftar akan mendapatkan akan ada notifikasi “Tidak Lolos” pada dashboard akun Kartu Prakerja.

Bagi peserta yang sudah mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja namun terus gagal sebanyak 3 kali, maka dapat membuat surat pernyataan.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan jika sudah 3 kali gagal Kartu Prakerja:

  • Buat surat pernyataan gagal 3 kali.
  • Isi surat dengan benar dan kirim lewat email ke kepesertaan@prakerja.go.id.
  • Manajemen Pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan lebih lanjut.

Contoh format surat pernyataan dapat diunduh melalui link INI

Demikan artikel terkait pesan pendaftaran prakerja lewat whatsapp ini semoga bermanfaat dan bisa mengedukasi buat teman - teman yang ingin mendaftar prakerja, jangan sampai nantinya kita mendaftar ke situs yang tidak resmi. untuk itu silahkan di share artikel ini ke keluarga, teman dan kerabat lainnya agar mereke mengetahui dan jangan sampai mereka juga melakkukan pendaftaran prakerja di situs yang tidak resmi. sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Hati - Hati Penipuan Pendaftaran Prakerja Yang Beredar Lewat Pesan WhatsApp | Jangan Sampai Daftar di Situs Yang Tidak Resmi"