Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer atau Laptop

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer atau Laptop
Onmaibana.com - Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer atau Laptop - Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang bisa kita gunakan di smartphone,fungsi whatsapp sebenarnya hampir sama dengan sms yang biasa kita gunakan di hp atau ponsel lama.yang membedakan adalah Whatsapp penggunaanya harus ada paket data internet sedangkan sms menggunakan pulsa. sedangkan whatsapp web adalah sebuah halaman web yang khusus disediakan pagi pengguna whatsapp yang menggunakannya di komputer atau Laptop.

Kalau kita perhatikan sebenarnya tampilan Whatsapp yang kita gunakan di smartphone sama persis saat kita membuka whatsapp di Komputer atau Laptop. adapun kelebihan ketika menggunakan whatsapp dikomputer atau laptop adalah kita lebih mudah dan lebih leluasa dalam mengetik teks dan mengirim file dan juga tentunya dengan ukuran layar monitor yang jauh lebih besar dibandingkan ketika kita membuka whatsapp di smartphone.

Satu hal lagi kelebihan Whatsapp Web menurut saya adalah kita tidak perlu menginstal aplikasi whatsappnya di komputer atau laptop kita, kita cukup menggunakan aplikasi browser yang ada di komputer atau laptop kita. seperti, Google Crome, Mozila Firefox dan browser – browser yang lain yang ada di komputer atau laptop kita.

Berikut ini yang harus kita perhatikan ketika ingin membuka whatsapp web :

1. Kita harus mempunyai Smartphone yang di dalamnya sudah terinstal aplikasi whatsapp.
2. Kita harus memiliki akun Whatsapp yang aktif
3. Smartphone kita harus menggunakan kamera belakang yang nantinya akan kita gunakan untuk memindai kode QR (QR Code)
4. Koneksi internet baik di Smartphone maupun komputer atau laptop kita harus bagus dan stabil
5. Komputer atau laptop kita harus mempunyai salah satu browser untuk mengakses whatsap web seperti, Google Crome, Mozila Firefox maupun browser – browser yang lain

Baca Juga : 
Cara menghubungkan whatsapp Web ke Komputer atau Laptop
Agar kita bisa membuka whatsapp web di komputer atau laptop kita harus mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:
1. Buka salah satu browser di komputer atau laptop kita dan buka situs https://web.whatsapp.com/. yang nantinya akan keluar tampilan sebuah QR Code seperti gambar berikut ini :

2. Kemudian kita buka aplikasi Whatsapp yang ada dismartphone kita. dan kita pilih pada tanda titik tiga yang berada di bagian atas kanan smartphone kita.
3. Setelah kita pilih titik tiga tadi akan muncul tampilan drop down dengan beberapa pilihan, kemudian kita pilih Whatsapp Web. seperti terlihat pada gambar berikut ini.
4. Selanjutnya akan muncul konfirmasi, lalu tap pada bagian OK, GOT IT seperti tampilan gambar berikut ini;
Konfirmasi Whatsapp Web
 5. Kemudian kita  masuk pada langkah terakhir dan kita dipersilahkan untuk memindai QR Code yang terlihat di monitor atau layar  komputer atau laptop kita dengan menggunakan Whatsapp di smartphone kita. seperti terlihat pada gambar berikut ini :
kalau sudah berhasil memindai QR Code berarti kita sudah berhasil dan sudah bisa  menggunakan whatsapp web.

Cara menjanlankan Whatsapp Web di Komputer atau Laptop
Setelah kita berhasil menghubungkan Whatsapp Web ke komputer atau laptop kita selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menjalankan aplikasi whatsapp web tersebut. cara menggunakan atau menjalankan whatsapp web sebenarnya sama saja pada saat kita menggunakan whatsapp di smartphone kita yang membedakan antara whatsapp web dengan whatsapp di smartphone adalah ketika kita menjalankan whatsapp web kita tidak bisa menggunakan Video all dan Voice Call.

Nah berikut ini beberapa fitur Whatsapp Web yang bisa kita gunakan ketika membuka Whatsapp web di komputer atau laptop kita :

1. Chathing
        menggunakan fitur ini caranya sangat mudah sama seperti ketika kita menggunakan whatsapp di smartphone. Kita cari nama teman melalui pencarian di Whatsapp, atau kita juga bisa arahkan kursor komputer kita ke percakapan terakhir kita dengan teman atau orang lain.

2. Voice Recording atau merekam suara
        Merekam suara juga sama halnya ketika kita menggunakan perekam suara melalui Whatsapp di smartphone. Kita klik tombol micropohone pada bagian kanan bawah, nanti akan muncul tampilan pop up untuk konfirmasi. kita klik tombol Allow/ Izinkan, lalu kita klik lagi tombol Ok, I Got It. proses merekam suara sudah bisa langsung kita gunakan di Whatsapp Web.

3. Mengirim File
        Sama halnya ketika kita menggunakan Whatsapp di smartphone, pada whatsapp Web kita juga bisa mengirimkan file yang  berbentuk gambar, video, dokumen, dan kontak. caranya juga sangat mudah kita tinggal klik tombol berbentuk seperti penjepit kertas, kita pilih jenis file yang akan kita kirim, kemudian kita pilih file, lalu kita kirim.

Logout atau Keluar dari Whatsapp Web

Sangat disarankan ketika kita selesai menggunakan Whatsapp Web kita jangan lupa untuk logout atau keluar demi menjaga privasi dan percakapan kita tidak bisa di baca oleh orang lain.

Berikut ini merupakan cara Logout atau keluar dari whatsapp web :
1. kita buka aplikasi Whatsapp yang ada dismartphone kita. dan kita pilih pada tanda titik tiga yang berada di bagian atas kanan smartphone kita.
2. kemudian kita pilih Whatsapp Web yang ada diatas kanan
3. Lalu kita pilih keluar dari semua perangkat komputer
4. Kita juga bisa logout langsung dari komputer atau laptop kita dengan cara kita klik titik tiga yang ada disebalah foto profil kita kemudian pilih logout atau keluar
Itulah sedikit penjelasan ringkas mengenai  Cara menghubungkan whatsapp Web ke Komputer atau Laptop dan  cara menggunakannya.mudah – mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan.


Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer atau Laptop"