Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Paypal, Fungsi dan Cara Daftar Akun Paypal

Pengertian Paypal, Fungsi dan Cara Daftar Akun Paypal
Onmaibana.com – Di era digital seperti sekarang ini berbelanja online sudah menjadi sebuah kebiasaan dan bukan lagi menjadi sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Karena saat ini sudah cukup banyak situs – situs belanja online yang bisa dengan mudah untuk digunakan dan juga sudah di dukung dengan berbagai kemudahan Ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih dalam melakukan pembayaran Seperti kartu kredit, transfer bank, e-wallet, hingga rekening virtual. 

Namun buat kamu yang ingin belanja di situs atau marketplace luar negeri seperti Amazone dan eBay dll pilihan metode pembayarannya tergolong masih sedikit salah satunya adalah Paypal, jika kamu sudah mempunyai akun paypal maka kamu akan dengan mudah untuk berbelanja di situs atau marketplace diluar negeri, karena paypal bisa digunakan untuk berbagai transaksi online di seluruh dunia.

Apa itu PayPal?

PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, di mana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Saat ini PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis online, karena transaksi dengan menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang baik dan terjamin. 

Paypal juga saat ini sudah mempunyai aplikasi yang bisa di download di playstore secara gratis jadi selain dari stus web kita juga bisa mengakses dan menggunakan layanan paypal menggunakan aplikasi dengan mudah.

Apa Fungsi PayPal?

Berbicara mengenai fungsi dan manfaat dari Paypal ini adalah untuk mengirim dan menerima pembayaran transaksi dari seseorang yang memiliki rekening Paypal baik di dalam dan luar negeri, dan biasanya paypal ini juga sering digunakan untuk pembayaran belanja online di situs – situs atau marketplace luar negeri.

Paypal juga bisa digunakan untuk transfer dana ke rekening pribadi dan juga dari rekening pribadi atau bank ke paypal, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, PayPal juga mempunyai keamanan yang baik dan dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri ketika melakukan berbagai kegiatan belanja online.

Dan sampai saat ini paypal menjadi salah satu alat transaksi online yang paling banyak digunakan di berbagai negara di seluruh dunia.

Jenis - Jenis Layanan PayPal

1. Transfer uang dari akun PayPal ke akun PayPal milik orang lain di seluruh dunia

2. Transfer uang dari bank ke akun PayPal.

3. Transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi.

4. Melakukan berbagai transaksi secara online di berbagai negara.

5. Bisa split bill atau pembayaran patungan.

PayPal dan Kartu Kredit

Mungkin cukup banyak dari kalian yang masih bertanya – tanya apakah harus punya kartu kredit baru bisa daftar dan menggunakan paypal. Jawabannya adalah tidak mesti harus mempunyak kartu kredit baru bisa daftar dan menggunkan paypal.

Kalau dulu mungkin ia betul salah satu syarat untuk membukan akun paypal adalah harus memiliki kartu kredit, hal tersebut di lakukan karena paypal akan melakukan  verifikasi dengan menggunakan kartu kredit.

Tapi tenang aja karena sekarang akun paypal sudah bisa digunakan tanpa harus memiliki kartu kredit, jadi saat ini kita cukup menghubungkan akun paypal kita ke kartu debit atau rekening bank.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Akun PayPal?

Sebenarnya mendaftar akun Paypal cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, kamu cukup menyediakan email yang valid, Nomor Handphone dan Data diri. Dan usia wajib diatas 18 tahun.

Langsung saja ikuti langkah – langkah berikut ini

1. Langkah Pertma kita Cari dan buka website resmi paypal.com

2. Selanjutnya Pilih Daftar Sekarang Gratis

3. Kemudian Pilih Jenis Akun yang akan kamu buat, mau buat Rekening Bisnis atau Rekening Pribadi. Dan kali ini kita akan membuat Rekening Pribadi selanjutnya pilih Rekenig Pribadi.

4. Selanjutnya akan muncul pilihan kita sebagai apa, Pembeli Online, Penjual Online/Freelancer, Kedua Hal Diatas dan Saya Tidak Yakin. Kali ini kita pilih kedua hal diatas selanjutnya pilih berikutnya.

5. Langkah selanjutnya masukkan Nomor andphone kemudian pilih berikutnya, kemudian masukkan kode sesuai yang masuk ke nomor handphone kamu.

6. Selanjutnya Silahkan isi Data dengan benar sesuai dengan kolom yang di sediakan kemudian pilih berikutnya

7. Kemudian silahkan isi Data Alamat sesuai dengan kolom yang disediakan selanjutnya jangan lupa cek centang pada kotak dibawah tanda persetujuan. kemudian pilih Setuju dan Buat Rekening

8. Sampai disini akun Paypal anda sudah berhasil dibuat, selanjutnya bisa kamu gunakan baik untuk belanja maupun mengirim dan menerima dana. 

9. Jika ingin menggunakan akun PayPal untuk transaksi, kamu perlu mengisi saldonya terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungkannya dengan kartu kredit atau debit, Nanti setiap kali kamu ada transaksi pembayaran, PayPal akan langsung memotong dari kartu tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan PayPal?

Setelah berhasil membuat akun paypal sekarang muncul pertanyaan baru bagaimana cara menggunakannya. Karena saat ini masih banyak orang yang sudah punya punya akun paypal namun belum bisa atau belum tahu cara menggunkannnya.

Cara Menggunakan PayPal Untuk Belanja Online

  • Langkah Pertama Silahkan masuk ke situs toko online atau e-commerce luar negeri, contohnya Amazon dan eBay.
  • Kemdudian silahkan cari dan pilih barang yang akan kamu beli dan masukan ke keranjang.
  • Selanjutnya setelah kamu selesai memilih barang yang akan dibeli, kemudian lakukan checkout.
  • Selanjutnya silahkan pilih menu pembayaran dengan metode Pay With PayPal.
  • Kemudian silahkan masukan akun PayPal kamu dan lakukan konfirmasi pembayaran di email yang telah terhubung ke akun PayPal kamu.
  • Sampai disini proses belanja kamu sudah selesai, kamu tinggal menunggu informasi pembayaran dan proses pengiriman barang yang kamu beli.
Baca Juga : 

Cara Menggunakan Paypal Untuk Transfer Uang 

  • Langkah pertama silahkan buka situs PayPal, atau kamu juga bisa buka lewat aplikasi PayPal jika sudah ada di handphonemu kemudian silahkan Login.
  • Selanjutnya pastikan saldo di akun PayPal kamu sudah mencukupi untuk melakukan transfer uang, minimal US$5,1. Namun kalau saldo kamu belum mencukupi kamu bisa isi ulang dengan kartu debit atau kredit.
  • Kemudian setelah saldo kamu sudah cukup untuk melakukan transfer uang, selanjutnya silahkan pilih Transfer Money.
  • Selanjutnya silahkan masukan jumlah nominal uang yang akan ditransfer.
  • Kemudian masukan nama Akun PayPal atau Nomor Rekening yang mau kamu transfer uang tersebut.
  • Pastikan semua data transfer sudah terisi, kemudian pilih Send. 

Cara Menggunakan Paypal  Untuk Menarik Uang dari PayPal ke Rekening Bank 

  • Sebelum melakukan penarikan uang dari akun paypal pastikan terlebih dulu kalau akun PayPal kamu mempunyai jumlah saldo yang cukup untuk melakukan penarikan.
  • Selanjutnya silahkan kamu buka situs atu aplikasi PayPal, kemudian silahkan Login.
  • Setelah berhasil login, silahkan masuk ke opsi Withdraw Funds atau Tarik Dana.
  • Selanjutnya silahkan pilih Sumber Dana dan Bank Lokal Indonesia tujuan kamu dengan cara klik tanda panah yang ada di kolom. Kemudian pilih  Continue.
  • Kemudian pilih jumlah yang ingin kamu cairkan. Selanjutnya pilih tombol Continue.
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Verifikasi. Karena untuk melakukan penarikan uang dari PayPal ke bank lokal Indonesia harus membutuhkan verifikasi.
  • Selanjutnya pastikan semua data sudah benar, jika menurut kamu semuanya sudah benar kemudian pilih tombol Tarik.
  • Jika sudah selesai biasanya akan ada muncul notifikasi.
  • Selanjutnya pihak PayPal akan mengirimkan email bahwa mereka sedang melakukan proses pengiriman uang ke rekening bank lokal Indonesia.
  • Perlu kamu ketahui untuk proses tersebut biasanya membutuhkan 1-2 hari kerja agar uang kamu benar terkirim ke rekening bank lokal Indonesia.
  • Setelah sekitar 1- 2 hari kerja kamu bisa cek saldo pada rekening bank kamu, apakah sudah bertambah atau kalau kamu mempunyai sms banking kamu tinggal menunggu notifikasinya  saja.  Setelah uang kamu masuk ke rekening, berarti kamu sudah bisa menarik uang tersebut melalui rekening bank yang kamu miliki.

Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan PayPal untuk Jual Beli Online

Setiap suatu layanan atau aplikasi pasti ada dong kelebihan dan kekurangnnya, kira – kira paypal lebih banyak keuntungan atau kerugiannya ya. Tapi admin yakin pasti kamu mendapatkan lebih banyak keuntungannya deh, mari kita simak keuntungan dan kerugian menggunakan akun Paypal berikut ini :

Keuntungan Menggunakan PayPal

1. Keamanan Bertransaksi 

Kalau kamu membuat akun paypal pasti kamu harus melakukan verifikasi terlebih dahulu, dimana kamu kamu akan diminta untuk memasukkan informasi kartu kredit dan kartu kredit ini nantinya kamu juga bisa gunakan untuk melakukan transaksi.

2. Sumber Dana Yang Mudah

Kalau dalu ketika kita ingin membuat akun paypal harus mempunyai syarat dan juga menjadi sumber dananya adalah kartu kredit, saat ini sudah cukup mudah kok sumber dananya bukan hanya dari kartu kredit saja, kamu juga bisa menggunakan kartu debit untuk mengisi saldo PayPal kamu.

3. Kirim Uang dengan Cepat

Salah satu keunggulan yang paling jos adalah ketika kamu ingin melakukan transaksi ke luar negeri baik kirim uang maupun pembayaran belanja online dengan menggunakan paypal pasti akan lebih cepat dan lebih mudah dan praktis.

Untuk itu buat kamu yang sering bertransaksi keluar negeri paypal adalah solusinya, Kamu bisa mengirim uang ke mana pun, baik sesama pengguna PayPal atau bank ke berbagai negara.

4. Paypal Ada Aplikasinya Juga

Layanan  Paypal ini bisa kita gunakan tidak hanya lewat situs web saja , akan tetapi kamu juga bisa menggunakan paypal dengan menggunakan aplikasi paypal di smartphone yang kamu punya. Kamu tinggal download aplikasinya di playstor e secara gratis. Sehingga semua transaksi bisa kamu lakukan kapan dan dimana saja.

5. Bayar Lelang Online dengan Mudah

Buat kamu yang sering ikut lelang barang – barang unik dengan harga yang relative murah dan terjangkau seperti di situs jual beli eBay, maka paypal adalah metode pembayaran yang sangat membantu kamu pada saat memenangkan lelang. Karena paypal sudah terhubung dengan beberapa situs jual beli online contohnya seperti eBay, jadi kamu tinggal bayar saja dengan menggunakan akun paypal kamu dan barang yang kamu menang lelang tadi akan dikirimkan ke alamat kamu.

6. Gratis Biaya Tahunan

Pada saat kamu mendaftar akun paypal, kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak memakainya dalam waktu yang cukup lama dan takut hanya membayar biaya tahunan saja. Kamu tenang saja karena paypal tidak mengenakan biaya apa pun atau gratis selamanya untuk membuat akun paypal.

7. Bisa Dapat Diskon

Buat kamu yang suka belanja ke berbagai situs online di berbagai negara, ada saatnya nanti kamu akan menemukan penawaran khusus dan diskon jika berbelanja dengan PayPal di situs atau toko retail yang sudah bekerja sama dengan Paypal.

Kelemahan Menggunakan PayPal

1. Ada Biaya Transfer

Salah satu  kelemahannya adalah adanya  biaya admin untuk setiap transfer dana dari PayPal ke rekening non-PayPal akan dikenakan administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi, ditambah US$ 0,3.

2. Susah Melakukan Komplain

Salah satu yang menjadi kelemahan yang sering di keluhkan adalah jika kita ingin melakukan komplain jika terjadi masalah, kamu akan sedikit lebih kesulitan melakukan complain dibandingkan dengan layanan perbankan lainnya. 

3. Ada Beberapa Mata Uang yang Belum Tersedia 

Kelemahan yang satu ini sebenarnya tidak terlalu mencolok, karena kita juga menggunakan paypal tidak untuk di seluruh negara kan. Walaupun dikatakan paypal ini bisa digunakan di seluruh dunia, namun masih ada beberapa mata uang dunia yang tidak terlayani.

4. Banyak dan Rentan Disalahgunakan

Sudah bukan rahasia lagi saat ini cukup banyak orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan sering menyalahgunakan layanan – layanan keuangan seperti paypal ini. untuk itu kamu harus lebih hati-hati dalam menggunakan PayPal karena pada akun paypal terdapat beberapa data – data penting yang dimas ukkan.

Penutup

Dari berbagai uraian dan pejelasan diatas akun paypal saat ini merupakan salah satu alat pembayaran yang paling banyak di gunakan di seluruh dunia, pelayanan yang mudah dan praktis serta keamann yang jelas. Untuk itu buat kamu yang tertarik untuk menggunakan akun paypal ini silahkan langsung di coba dan daftarkan akunnya langsung, karena pendaftarannya juga mudah kok gratis lagi. 


Posting Komentar untuk "Pengertian Paypal, Fungsi dan Cara Daftar Akun Paypal"