Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Nomor Meteran Listrik atau ID Pelanggan PLN Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengetahui Nomor Meteran Listrik
Cara mengetahui Nomor Meteran Listrik atau ID Pelanggan PLN - Mungkin kamu sudah pernah mengalami ketika ingin membayar tagihan listrik namun kamu lupa dan tidak mengetahui nomor meteran listrik atau ID pelanggan PLN yang kamu punya, kamu tidak perlu cemas dan khawatir karena cara mengetahui Nomor meteran listrik atau ID pelanggan PLN itu sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkannya baik secara online maupun offline.

Nomor meteran atau ID pelanggan PLN itu terdiri dari 11 sampai 12 digit angka, nomor ini sangat amat penting untuk kamu ketahui karena tanpa nomor ini kamu tidak akan bisa membayar tagihan listrik atau untuk mengisi token listrik .

Jadi kalau kamu masih sering lupa nomor meteran listrik atau ID pelanggan PLN mu silahkan  gunakan beberapa cara berikut ini untuk mengetahui berapa nomor meteran listrik yang ada dirumah.

Cara Mengetahui Nomor Meteran Listrik atau ID Pelanggan PLN

1. Cek Struk Pembayaran Tagihan PLN

Cara cek nomor meteran atau ID pelanggan PLN yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan cara cek kembali struk pembayaran listrik dan silahkan cari nomor meter atau ID pelanggan.  salah  satu tips yang bisa kamu gunakan agar tidak terulang kembali lupa nomor rekening meteran, setiap membayaran tagihan listrik atau membeli token listrik pastikan kamu selalu menyimpan struk pembayarannya.

2. Cek Meteran Listrik

Selain cek struk pembayaran kamu juga bisa cek meteran listrik yang ada dirumah secara langsung untuk mengetahui nomor meteran listrik atau ID pelanggan PLN. Pada kotak meteran listrik tercantum nomor unik ID pelanggan yang terletak di bagian bawah barcode.

Di situ tertulis 11 hingga 12 digit nomor unik yang merupakan ID pelanggan PLN kamu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan cemas saat lupa nomor meteran atau ID pelanggan PLN karena kamu bisa langsung melihat nomor meteran kamu sendiri yang tertera di meteran.

Baca juga :

3. Situs Resmi PLN

Cara ketiga ini juga bisa kamu lakukan jika sudah tidak menemukan struk pembayaran listrik dantidak mau ribet melihat meteran listrik seccara langsung, kamu bisa mengetahui nomor meteran listrik atau ID pelanggan dengan membuka situs resmi PLN di https://portal.pln.co.id/ .

Pada saat mencari nomor meter atau ID pelanggan, kamu harus mengetahui nama yang  terdaftar atau pemilik nomor rekening listrik tersebut. Tunggu sampai muncul informasi dari nama pemilik nomor rekening jika sudah muncul pastikan datanya sudah sesuai.dari hasil yang muncul tersebut kamu sudah bisa mencatat nomor meteran atau ID pelanggan PLN.

4. Aplikasi PLN

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk melihat nomor meeran atau ID pelanggan PLN, dengan langsung mengakses aplikasi PLN yang ada di smartphone mu. Melalui aplikasi PLN, Anda bisa melihat informasi detail penggunaan listrik seperti nama pemilik rekening, nomor ID pelanggan, jumlah pemakaian listirk, dan biaya tagihan listrik.

5. Struk Pembayaran di e-commerce

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor rekening meteran listrik atau ID pelanggan yaitu dengan cara  struk pembayaran di e-commerce jika kamu pernah menggunakannya untuk membayaran tagihan listrik.

Jadi struk pembayaran di e-commerce jadi salah satu solusi bagi kamu saat lupa atau kehilangan ID pelanggan PLN. Biasanya kamu akan memperoleh struk pembuktian pembayaran listrik yang dilampirkan secara online atau dikirim melalui email pribadi.

6. Melalui Customer Sevice PLN

Kalau semua cara mengetahui nomor pelanggan PLN yang tersebut diatas tidak ada yang bisa kamu praktekkan, cara terakhir yang paling mungkin adalah dengan menghubungi Customer Service PLN.

Layanan Customer Service ini adalah cara mengetahui nomor rekening listrik dengan nama atau alamat rumah ketika kamu benar-benar lupa nomor pelanggan PLN. 

1. Silahkan kamu datangi kantor cabang PLN terdekat.

2. Informasikan pada customer service bahwa kamu lupa nomor rekening listrikmu.

3. Berikan kelengkapan surat-surat seperti KTP/Kartu Keluarga kepada customer service

Demikian cara mengetahui nomor meteran listrik atau ID pelanggan PLN yang kamu hilang, kamu tidak perlu khawatir ataupun bingung. Untuk mengurangi kehilangan atau lupa nomor meteran listrik pastikan kamu selalu menyimpan bukti pembayaran tagihan listrikmu.



Posting Komentar untuk " Cara Mengetahui Nomor Meteran Listrik atau ID Pelanggan PLN Dengan Mudah dan Cepat"