Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Jasa Pengetikan dan Print Yang Sangat Menjanjikan

Peluang Usaha Jasa Pengetikan dan Print

Usaha Jasa Pengetikan dan Print  saat ini sangat dibutuhkan karena sudah sama – sama kita ketahui saat ini semua bentuk file dan dokumen harus menggunakan ketikan tidak lagi  dengan tulis tangan. 

Untuk itu peluang usaha jasa pengetikan dan print ini sangat menjanjikan, karena tidak semua orang memiliki laptop atau komputer dan kalaupun orang tersebut mempunyai perangkatnya terkadang mereka tidak mempunyai waktu untuk mengerjakannya sementara dokumen sudah harus disiapkan dengan cepat.

Mengapa Usaha Jasa Pengetikan dan Print?

Karena usaha ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan dan dicari oleh banyak orang khususnya para mahasiswa dan pelajar, disamping itu para pekerja dan masyarakat juga banyak yang membutuhkan jasa pengetikan dan print ini.

Jadi jika kamu memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer dengan baik, tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis jasa pengetikan dan print. Karena  usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar apalagi kamu sudah mempunyai beberapa alatnya seperti laptop atau komputer dan printer, jadi kamu hanya perlu pokus ke pelayanan dan membutuhkan ketelitian, ketepatan dan keceaptan dalam mengerjakan pengetikan dokumen.

Usaha jasa pengetikan ini tidak hanya bisa dijalankan secara manual dirumah atau toko, akan tetapi kamu juga bisa menjalankan usaha ini secara online dengan memanfaatkan  media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram atau bisa melalui website atau blog. 

Disamping itu juga bisa membantu membangun citra agar terlihat lebih serius dan professional kamu bisa menambah usaha lainnya seperti menyewakan komputer, menjual alat tulis kantor, perlengkapan komputer, tinta print, flashdiks ,CD dan lain lain.

Cara Membuka Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Jika kamu tertarik untuk membuka usaha jasa pengetikan, tentu kamu harus tahu begaimana cara dan proses untuk membuka usaha ini dan hal – hal apa saja yang harus dipersiapkan.

 Untuk itu simak beberapa tips berikut ini untuk membuka usaha jasa pengetikan dan print :

1. Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Kalau kamu mau membuka usaha ini yang paling utama adalah kamu harus menyiapkan peralatan dan perlengkapannya terlebih dahulu seperti komputer atau laptop, printer, dan tentunya smartphone sebagai alat promosi dan komunikasi.

Selain beberapa peratan diatas kamu juga perlu menyiapkan tempat untuk usahamu begitu juga dengan perlengkapan – perlengkapan lainnya, satu lagi yang harus kamu siapkan adalah jaringan internet. Karena jaringan internet sangat dibutuhkan untuk promosi dan browsing apapun kebutuhan yang kamu perlukan di internet. 

2. Media Promosi

Selanjutnya kamu juga harus menyiapkan dan menentukan media informasi, hal ini merupakan tips paling penting agar usaha jasa pengetikan dan print yang kamu dirikan bisa dikenal dan ketahui oleh banyak orang.

Untuk media  promosi ini sebenarnya saat ini sudah sangat mudah kamu tinggal melakukan promosi dan menyebarkan informasi melalui media social maupun website yang kamu miliki. Intinya semakin banyak kamu promosi maka semakin banyak pula orang – orang yang mengetahui usaha kamu sehingga menghasilkan banyak orang yang  tertarik dan datang menggunakan jasamu.

3. Mengatur Jam Kerja

Jika perlengkapan dan peralatan sudah ada, kamu juga sudah mempromosikan. Maka selanjutnya kamu juga harus mengatur dan menentukan jam  kerja kamu dalam usaha ini,  mulai dari jam buka dan tutup pemesanan jasa pengetikan dan print.

Dan setelah adanya waktu kerja tersebut, orang akan datang  anda pada jam kerja dan kamu juga harus konsisten dengan jam kerja yang sudah di tentukan. Jangan sampai orang datang ingin menggunakan jasa pengetikan dan print di tempat sementara kamu belum buka, hal tersebut akan menimbulkan kekecewaan pada pelanggan.

4. Memberikan Pelayanan Yang Terbaik

Jika kamu menerima pekerjaan maka kerjakanlah pekerjaan tersebut dengan semaksimal mungkin dan siapkanlah sesuai dengan waktu perjanjian pengerjaannya.

Misalkan kamu menjanjikan pekerjaan selesai dalam sehari, maka pekerjaan tersebut harus kamu prioritaskan agar selesai dalam hari itu juga, jangan sampai nanti pelanggan kita datang ternyata belum siap dikerjakan atau paling parah belum dikerjakan sama sekali.

Dan jika dokumen atau file yang kamu kerjakan tersebut bersifat rahasia, maka kamu harus tetap menjaga kerahasiaan dokumen tersebut dari pelanggan pelanggan lainnya, karena orang yang memakai jasa kamu tentu tidak sama dan pasti orang yang banyak dan berbeda - beda.

Baca Juga :

Analisa Usaha Jasa Pengetikan dan Print

Dalam menjalankan usaha jasa pengetikan dan print ini tentu kama harus tahu bagaimana kira – kira peluang dan keuntungan serta modal dari usaha ini, agar kamu nantinya bisa menghendel usaha ini dan berjalan dengan lancer.

Simak analisa  usaha jasa pengetikan dan print berikut ini : 

Modal awal :

Peralatan

Komputer atau Laptop Rp 4.000.000

Meja komputer dan kursi                Rp 1.000.000

Printer dan scaner                           Rp 2.500.000

Jumlah                                             Rp 6.500.000

Biaya-biaya :

Listrik dan telepon                          Rp 200.000

Biaya Internet                         Rp 500.000

Biaya promosi                                 Rp 100.000

Alat tulis dan kertas                        Rp 200.000

Biaya operasional lainnya               Rp 100.000

Sewa tempat Rp 300.000

Jumlah                                            Rp 1.400.000

Pendapatan :

1.000 halaman X Rp 2.500            Rp 2.500.000

Keuntungan :

Pendapatan - Biaya-biaya

Rp 2.500.000 - Rp 1.400.000    =     Rp 1.100.000

Nah itulah sedikit analisa usaha jasa pengetikan dan print jika sudah mempunyai komputer atau laptop dan print maka akan semakin mudah untuk kamu dalam membuka jasa pengetikan dan printi ini.

Jika kamu ingin menjalankan usaha ini juga secara online maka kamu akan mendapatkan  beberapa kelebihan dan kemudahan dari usaha ini :

Kelebihan Usaha Jasa Pengetikan dan Print Online

1. Dapat Mengirim File Secara Digital

2. Dapat Memberikan Layanan Pengetikan Jarak Jauh

3. Dapat Diteliti Jarak Jauh

5. Bisa Menjangkau Pelanggan yang lebih luas

6. Mempersingkat Waktu Pengerjaan 

7. Terlihat Lebih Propesional

Itulah sedikit ulasan dari peluang usaha jasa pengetikan dan print, bagaimana sudah tertarik belum untuk membuka usaha ini. Semoga artikel ini bisa menjadi motivasi dan pendorong bagi siapa saja yang mempunyai niat untuk membuka usaha ini.

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Jasa Pengetikan dan Print Yang Sangat Menjanjikan"