Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil di Kampung

Peluang  Usaha Rumahan di Kampung

Peluang usaha Rumahan Modal Kecil – Sebenarnya ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa dijadikan menjadi usaha sampingan atau mungkin bisa menjadi usaha utama, karena di kampung cukup mudah kita menemukan berbagai jenis bahan baku dan tentunya harganya juga masih terbilang lebih murah dibandingkan di daerah perkotaan.

Jadi desa merupakan salah satu potensi besar untuk mendirikan sebuah usaha jika kita pintar dan pandai melihat peluang dalam satu desa atau perkampungan tersebut.

Untuk itu mari kita simak  berikut ini ada beberapa peluang usaha rumahan yang berpotensi berkembang di daerah perkampungan  :

Peluang Usaha Rumahan di Kampung

1. Warung Sembako

Salah satu peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan diperkampungan adalah jualan sembako, dimana kita menyediakan semua kebutuhan dari warga sekitar mulai dari kebutuhan dapur hingga kebutuhan sehari – hari. Akan  tetapi ketika kamu berniat ingin membuka usaha ini tentu kamu harus memperhatikan apakah sudah ada usaha yang sama disekitaran rumahmu,  kalau misalkan belum ada itu merupakan peluang  yang sangat bersar untuk kamu. Namun semisalnya sudah ada usaha yang  sama usahakan jika membuka usaha ini tidak telalu berdekatan.

2. Menjual Makanan Olahan

Jika kamu mempunyai hobi masak memasak  tidak ada salahnya untuk mencoba membuka  usaha produk makanan olahan, karena dikampung kamu akan dengan mudah menemukan bahan – bahan baku untuk membuat produk olahan makanan.

Peluang usaha rumahan yang satu satu ini bisa menjadi peluang usaha seperti keripik, asinan, manisan, gorengan, kue kue kering dan masih banyak lagi produk makanan olahan lainnya. Kamu bisa menawarkan produk makananmu ke tetangga dan menitipkannya di warung – warung terdekat atau kamu bisa juga menjualnya secara online.

3. Produk Hasil Ternak

Jika kita berbicara dengan perkampungan maka sangat identik dengan yang namanya pertanian dan peternakan, jadi kita bisa juga membuat sebuah usaha dengan berternak dan menghasilkan produk dari hasil ternak kita. 

Misalkan kamu mempunyai ternak ayam tentu kamu bisa menjual daging ayam, telur dan kamu juga bisa memperhatikan berbagai hewan ternak yang ada di daerah sekitar tempat kamu tinggal kemudian mulailah mencari produk – produk apa yang bisa kamu jual dan bisa di jadikan sebagai peluang usaha.

Baca Juga :

4. Jualan Pupuk dan Pestisida Organik

Seperti yang kita sebutkan tadi kalau daerah pedesaan sangat identic dengan pertanian maka jualan pupuk dan pestisida oraganik merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan didesa.

Dimana kamu bisa mencukupi kebutuhan pupuk dan pestisida dari para petani baik petani sawah, sayur – sayuran dan perkebunan, jadi kamu tinggal mengajak bekerja sama dengan para petani. 

Ajak mereka dan tawarkan produkmu kepada mereka agar mereka mau membeli dan mengambilpupuk dan pestisida ketempat usahamu.

5. Jasa Cucian Sepeda Motor

Saat ini dalam setiap rumah tangga bisa dibilang pasti mempunyai sepeda motor bahkan ada beberapa rumah tangga yang memiliki lebih dari satu sepeda motor dirumahnya. Nah hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha yaitu dengan menyediakan jasa pencucian sepeda motor.

Karena paling tidaknya seminggusekali yang punyasepeda motor pasti akan mencuci sepeda motornya dan begitu juga dengan pemilik – pemilik sepeda motor  lainnya, peluang  inilah yang bisa kamu dapatkan ketika membuka usaha pencucian sepeda motor.

6. Usaha Kerajinan Kayu

Kerajinan Kayu merupakan kerajinan atau produk yang dihasilkan dari bahan dasar  kayu, nah jika kamu mempunyai keahlian dalam membuat kerajinan berbahan kayu maka peluang usaha ini patut untuk kamu coba. Karena kamu akan dengan mudah mendapatkan bahan bakunya, kamu bisa saja mebuat hiasan dinding, gantungan kunci, perabotan rumah tangga dan berbagai produk berbahan kayu lainnya.  

7. Bengkel Motor

Sepeda Motor Merupakan transportasi yang paling banyak digunakan di daerah pedesaan, jika kamu mempunyai skill dalam dunia perbengkelan, maka ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan buat kamu. Kamu tinggal buka usaha dipinggir jalan dan usahakan selain membuka jasa service maka kamu juga bisa membuka usaha jualan spare partnya, seperti oli, ban dan alat – alat sepeda motor lainnya.

8. Toko Suvenir

Peluang usaha yang satu ini masih sangat jarang kita temui di kampung, untuk itu peluang usaha ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dan tentunya berbeda dengan usaha – usaha lainnya. 

Kamu bisa menjual produk – produk asli  dari desamu maupun dari daerah sekitar yang mempunyai histori dan karya seni yang unik sehingga bisa menarik minat orang – orang untuk membelinya dan dijadikan sebagai oleh – oleh dan kenang – kenangan. 

9. Pulsa dan Token Listrik

Saat ini bisa dikatakan kalau setiap orang mempunyai handphone, dan handphone tentu membutuhkan pulsa dong. Jadi kamu bisa mengambil peluang tersebut  untuk jualan pulsa dan paket internet untuk kebutuhan dari setiap orang yang mempunyai handphone tadi.

Selain pulsa dan paket internet kamu juga bisa sekalian jualan token listrik karena saat ini meteran listrik pintar sudah menggunakan token untuk pembayaran penggunaannya, jadi kamu bisa membuka dua usaha sekaligus.

10. Agen Pengiriman Barang

Peluang usaha ini sangat besar peluangnya, kaena saat ini orang - orang sudah mulai terbiasa dengan yang namanya belanja online dan saat ini semua yang kamu butuhkan bisa kamu dapatkan hanya dengan belanja online. Hal ini sangat penting untuk mendukung pengiriman barang – barang tersebut baik dari kota menuju desa atau dari desa menuju ke kota.

Untuk itu peluang usaha jasa pengiriman barang ini patut untuk kamu coba di kampung dengan menjadi agen pengiriman barang terlebih dahu, jika nantinya kamu sudah mempunyai  modal barulah  bisa membuka usaha jasa pengiriman barang sendiri.

Nah itulah beberapa peluang usaha rumahan di kampung yang bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan maupun sebagai usaha utama. namun satu hal yang perlu di ingat kalau hanya direncanakan saja semuanya tidak akan terjadi, jadi harus dilaksanakan dan action agar kita bisa tahu bagaimana peluang dan keuntungan dari salah satu usaha tersebut.


Posting Komentar untuk " 10 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil di Kampung"