Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Cara Mengecek Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan – Nomor BPJS Kesehatan merupakan nomor yang sangat penting untuk bisa di gunakan dalam mendapatkan program jaminan kesehatan. Disamping itu nomor BPJS Kesehatan tersebut juga berfungsi untuk mengecek tagihan pembayaran iuran peserta.

Untuk itu kamu perlu untuk menjaga kartu BPJS Kesehatan yang kamu miliki dan jangan sampai hilang, karena jika kamu lupa nomor BPJS Kesehatan yang kamu miliki akibatnya kamu tidak bisa membayar iuran atau bisa menunda pembayaran yang bisa mengakibatkan Kartu BPJS Kesehatan yang kamu miliki di nonaktifkan dan tidak bisa di gunakan lagi.

Apa Itu BPJS Kesehatan.?

BPJS Kesehatan merupakan sebuah program jaminan kesehatan pemerintah yang dibuat dengan tujuan untuk menciptakan sistem kesehatan yang menyeluruh. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat perlindungan dan pemeliharaan kesehatan.

Jadi setiap orang yang mempunyai kartu BPJS Kesehatan, maka dia memiliki nomor BPJS sendiri dan hanya bisa digunakan untuk diri sendiri juga. Nah nomor kartu BPJS Kesehatan inilah nantinya yang digunakan untuk mengecek data dan jenis pelayanan kesehatan yang dipilih ketika kamu ingin menggunakan Kartu BPJS tersebut untuk mendapatkan penanganan kesehatan. 

Begitu juga ketika kamu ingin membayar iuran bulanannya, nomor Kartu BPJS inilah yang digunakan untuk mengecek tagihan iuran yang kamu bayarkan setiap bulannya.

Namun bagaimana cara mengatasinya jika kartu BPJS Kesehatan yang kamu miliki sudah hilang dan sama sekali tidak mengingat nomornya?.. kamu tidak perlu khawatir karena saat ini kamu bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan yang hilang dengan berbagai cara, yang tentunya sangat mudah untuk kamu lakukan dan siapa orangnya bisa melakukannya.

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Yang Hilang

BPJS Kesehatan saat ini sudah mempunyai sebuah inovasi dalam bentuk pelayanan yang memudahkan pesertanya dalam mengecek nomor BPJS Kesehatan. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek Nomor BPJS Kesehatan yang hilang, mulai dari menggunakan SMS Gateway, menggunakan aplikasi,whatsapp hingga mendatangi kantor cabang terdekat. 

Nah berikut ini beberapa cara mengecek Nomor BPJS Kesehatan kamu yang hilang maupun ketinggalan sementara kamu sangat membutuhkan nomornya.

1. Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi JKN

Jika kamu ingin cek nomor BPJS Kesehatan bisa menggunakan aplikasi JKN, dengan mengunduh aplikasinya di play store. Jika sudah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasinya selanjutnya silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi Mobile JKN
  • Kemudian pilih “Jenis Kartu” .
  • Selanjutnya pilih NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Kemudian silahkan lengkapi data diri seperti: NIK, Kata Kunci, Captcha, 
  • Selanjutnya klik sign in.
  • Jika kamu berhasil masuk maka pilih fitur “Peserta
  • Maka akan ditampilkan informasi kepesertaan serta nomor BPJS kamu.

2. Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Menggunkan Whatsapp

Kamu juga bisa menggunakan cara kedua ini untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan mu yang hilang, yaitu dengan menggunakan whatsapp, cara ini cukup mudah untuk digunakan dimana kamu cukup menghubungi layanan PANDAWA. Kamu bisa mengirim pesan ke nomor WhatsApp 0811-8750-400, dan beritahu kalau kamu ingin melakukan pengecekan tentang status kepesertaan BPJS.

Atau kamu juga bisa melihat sosial media resmi BPJS karena sudah banyak menampilkan beberapa nomor kantor cabang BPJS, layanan ini bisa kamu gunakan tanpa perlu pergi keluar rumah. layanan ini aktif beroperasi setiap Senin-Jumat, mulai pukul 08.00-15.00

Baca Juga :

3. Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Melalui SMS Gateway

Cara cek Nomor BPJS Kesehatan berikutnya yaitu menggunakan SMS Gateway. Kamu bisa mengirim SMS pada nomor SMS Gateway yang bisa dihubungi yaitu 0877-7550-0400.

Cara ini cukup mudah karena kamu cukup kirimkan SMS bersamaan dengan data diri lain yang diperlukan, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Induk Pegawai (NIP). 

Berikut ini contoh pengiriman SMS dengan data diri lengkap :

BPJS Kesehatan melalui NIK: ketik NIK (spasi) Nomor Induk Kependudukan.

BPJS Kesehatan melalui NIP: ketik NIP (spasi) Nomor Induk Pegawai.

4. Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Melalui Media Sosial

Saat ini BPJS Kesehatan sudah memiliki akun media sosial seperti Twitter, Instagram dan Facebook, jadi jika kamu ingin mengecek nomor BPJS Kesehatan mu yang hilang kamu bisa langsung mengirim pesan ke akun resmi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan nomor tersebut.

Kamu cukup mengirimkan pesan ke admin dengan melalui fitur Direct Message (DM). Selanjutnya nanti admin akan membalas pesan dengan meminta data yang dibutuhkan. Jika kamu telah memberikan data yang diminta, maka admin akan menginformasikan nomor BPJS Kesehatan Anda.

5. Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan

Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan juga bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan yang hilang. Kamu tinggal mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan bpjs-kesehatan.go.id, setelah berhasil masuk kemudian pilih menu ‘Cek Iuran BPJS Kesehatan’ kemudian masukkan data diri sesuai yang dibutuhkan. Maka secara otomatis sistem akan menampilkan informasi berupa data diri, nomor BPJS Kesehatan, dan jumlah iuran yang kamu bayarkan.

6. Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Melalui Kantor Cabang Terdekat

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan yang hilang adalah dengan mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Pada saat mendatangi kantor cabang jangan lupa menyiapkan persyaratan seperti KTP dan KK. 

Selanjutnya kamu tinggal mengikuti prosedur yang ada di kantor cabang tersebut dan pada saat ditanya silahkan sampaikan tujuan kamu, yaitu untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan yang hilang, maka petugas tersebut akan menindak lanjuti keluhan kamu hingga tuntas dan selesai

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan, jika kamu mengalami kartu BPJS hilang atau lupa. Silahkan lakukan sesuai dengan cara yang mana menurtmu paling mudah dan cepat berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Nomor Kartu BPJS Kesehatan "