Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Nomor STNK Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengecek Nomor STNK

Cara mengecek nomor STNK sebenarnya tidaklah terlalu susah karena kamu bisa mengecek STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan secara online maupun online.

Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah merupakan dokumen yang sangat penting untuk ketahui dan dijaga oleh si pemilik kendaraan. Karena STNK berisi data – data penting mengenai pemilik kendaraan dan identitas kendaraan itu sendiri.

Surat Tanda Nomor Kendaraan juga dibutuhkan untuk proses Perpanjangan STNK dan pembayaran pajak kendaraan. Akan tetapi saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui cara cek nomor STNK baik secara online maupun ofline.

Untuk itu simak beberapa cara mengecek nomor STNK yang dapat kamu lakukan muali dari langsung melihat pada dokumen lembar fisik STNK, melalui website Samsat tiap daerah atau bisa juga melalui aplikasi cek data kendaraan. 

Cara Mengecek Nomor STNK 

1. Cek Nomor STNK dengan melihat Lembar Fisik STNK 

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui nomor STNK kenderaan yang kamu miliki. Silahkan ambil dokumen fisik lembar STNK, kemudia silahkan perhatikan pada bagian muka lembar awal STNK. 

Biasanya terletak di posisi bagian atas berdekatan dengan logo Kepolisian. Perhatikan dan Cek nomor STNK yang terdiri dari 8 digit dengan tulisan berwarna hitam dengan bayangan warna merah muda. 

Baca Juga :

2. Cek Nomor STNK Secara Online melalui Website Samsat 

Cara cek nomor STNK secara online merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor STNK jika kamu tidak membawa dokumen fisik lembar STNK.

Kamu bisa langsung cek melalui melalui website samsat di daerah masing - masing, karena saat ini samsat di daerah masing – masing sudah sudah menyediakan jasa layanan online. 

Jadi cara mengecek nomor STNK melalui website, kamu langsung saja mengunjungi website resmi Samsat daerah dimana nomor kendaraan milikmu terdaftar.

Kamu hanya perlu memasukkan nomor plat kendaraan. kemudian akan muncul identitas pemilik kendaraan tersebut beserta nomor STNK. 

3. Cek Nomor STNK Secara Online melalui Aplikasi Cek Data Kendaraan 

Cara cek nomor STNK secara online tidak hanya melalui website samsat, akan tetapi kamu juga bisa mengecek nomor STNK secara online melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store. Aplikasi ini

Selain melalui layanan website resmi dari Samsat daerah, cara melihat nomor STNK bisa melalui aplikasi Cek Data Kenderaan yang dapat diunduh melalui Play Store. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengecek nomor seri motor maupun data kendaraan bermotor lainnya. 

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasinya, selanjutnya kamu ikuti langkah – langkahnya dengan mengisi data identitas dan nomor pelat kendaraan. Kemudian data mengenai kendaraan yang kamu miliki segera ditampilkan.

Nah itulah beberapa cara mengecek nomor STNK yang bisa kamu gunakan baik secara online maupun offline, tergantung kamu mau memilih cara yang mana. Semoga bermanfaat dan bisa membantu, jangan lupa ikuti terus update artikel – artikel terbaru dari blog ini.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Nomor STNK Dengan Mudah dan Cepat"