Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah Diingat

Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah Diingat

Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah Diingat – Buat kamu yang saat ini mengalami kesulitan untuk menghafal, sementara kamu dituntut untuk selalu menghafal khususnya bagi yang anak sekolah maupun kuliah biasanya biasanya akan menghadapi ujian.

Nah agar kamu tidak kesulitan dalam menghadapi ujian tersebut, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah belajar dan menghafal materi – materi yang sudah kamu pelajari. Sehingga nilai  yang kamu dapatkan pada saat ujian lebih maksimal dan memuaskan.

Akan tetapi tidak semua orang bisa dengan mudah menghafal materi – materi pelajaran, ada sebagian orang memang dia selalu merasa kesulitan ketika disuruh untuk menghafal. Hal tersebut bisa disebabkan susah konsentrasi dengan hafalan atau bisa jadi materi yang sulit dan susah masuk ke otak.

Jika kamu merupakan salah satu orang yang mengalami kesulitan juga pada saat menghafal maka kamu harus mencoba bebera cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat berikut ini :

Berikut adalah beberapa cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat dan tak mudah lupa.

Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah Diingat

1. Mencari Informasi Utama dan Catatan Penting

Jika selama ini kamu menghafal degan cara menghafal secara keseluruhan materi atau menghafal kalimatnya, mulai saat ini coba ubah metode menghafalmu dengan cara mencari informasi utama dan catatan penting dalam sebuah materi tersebut.

Yaitu dengan cara memberikan tanda kalau informasi tersebut penting dan merupakan hal yang harus kamu ingat, kamu bisa saja membuat tanda dengan dilingkari atau diberi warna terang sehingga kamu lebih mudah mengingatnya.

Biasanya Informasi yang penting terdapat pada awal paragraf atau akhir paragraph jadi kamu harus benar – benar teliti, jadi ketika kamu sudah membuat tanda pada informasi utama maka kamu tidak perlu membaca ulang semua materi, kamu tinggal mencari tanda yang sudah kamu buat.

2. Menghafal Menggunakan Rumus 5W+1H

Atau kamu juga bisa menggunakan cara kedua ini sebagai cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat yang bisa kamu praktekkan yaitu menggunkan rumus 5W + 1H.

Karena pada saat menghafal otak kita akan lebih mudah mengingat dan memproses informasi yang terstruktur. Untuk itu kamu bisa menggunakan rumus 5W + 1H berikut ini :

What: Apa topik yang sedang berusaha kamu hafalkan?

Who: Siapa saja yang terlibat pada topik tersebut?

When: Kapan waktu terjadi?

Where: Di mana tempat kejadiannya?

Why: Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

How: Bagaimana proses terjadinya?

Jadi kamu tinggal mencari informasi dan jawaban dari rumus diatas dalam setiap materi yang ingin kamu hafalkan. Metode ini sangat dianjurkan buat kamu yang ingin menghafal materi sejarah, cukup dengan rumus diatas maka kamu akan menjadi lebih mudah dalam menghafalnya.

Baca Juga :

3. Menulis Ulang Poin Penting

Jika kamu kesulitan untuk menghafal maka ketika kamu membaca suatu materi yang penting cobalah untuk menulisnya kembali secara langsung, nah ketika kamu ingin mengingat infomarsi tadi biasanya otak akan coba memanggil ingatan tadi pada saat kamu menuliskannya.

Nah untuk lebih menarik dan biar lebih cepat mengingatnya, pada saat menulis ulang informasi pentingnya disertai dengan gambar menarik atau bisa juga kamu tulis menggunakan pena warna. Atau kamu punya cara sendiri yang menurutmu lebih mudah diingat juga bisa kamu terapkan pada saat menulis ulang informasinya.

4. Membaca dengan Bersuara

Meskipun cara ini sering dibilang tidak efektif dan ketinggalan zaman, namun tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini. Karena membaca dengan keras dan lantang pada sebagian orang malah lebih efektif untuk mengingat dan menghafal dengan cepat. Hal ini juga pernah dibuktikan pada sebuah penelitian pada tahun 2017 dimana agar lebih cepat menghafal, seseorang harus membacanya dengan bersuara keras dan lantang.

5. Lakukan di Tempat yang Sepi dan Hindari Distraksi

Ketika kamu ingin belajar dan menghafal suatu materi, maka lakukanlah ditempat yang sepi  karena kamu akan lebih nyaman dan tentunya juga kamu akan lebih berkonsentrasi. Karena ketika tingkat konsentrasimu baik dan tinggi maka bacaan dan hafalan yang kamu lakukan akan lebih cepat masuk ke dalam ingatan dan pikiran kamu. 

Selain tempat yang sepi kamu juga harus menghindari berbagai distraksi. Carilah tempat yang kondusif dan aman agar kamu tidak mengalami gangguan atau distraksi yang bisa merusak konsentrasi.

6. Menghafal Pada Saat Mood sedang Baik

Jika kamu ingin menghafal sementara mood mu sedang tidak baik karena kamu sedang merasa sedih, marah maka menghafal akan lebih sulit buatmu. Untuk itu pastikan kamu sudah merasa tenang dan merasa mood mu sedang baik baru kamu coba untuk menghafal kembali.

Carilah waktu yang membuatmu focus, seperti malam hari atau pagi hari atau kamu mempunyai waktu – waktu tertentu untuk lebih mudah mengingat dan menghafal sebuah materi pelajaran.

7. Meminta Teman untuk Menguji Kita

Jika kamu merasah baik dan hafalan yang kamu lakukan sudah benar, tidak ada salahnya kamu memiinta teman, orang tua atau saudara untuk menguji dan membuat pertanyaan mengenai materi yang sudah kamu hafal.

Kemudian jawablah pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh teman tadi sesuai dengan yang kamu ingat pada saat menghafal. Nah dari hasil uji coba dari teman kamu sudah bisa menilai sejauh mana kamu sudah bisa menghafal dan menguasai materi yang kamu hafal.

Nah itulah beberapa cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa cepat menghafal dan mudah diingat serta tidak cepat lupa. Semoga bermanfaat dan bisa membantu buat kamu yang saat ini masih kesulitan dalam menghafal.

Posting Komentar untuk "Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah Diingat"